Corona Updates 14 Desember 2020, Akibat Konflik Terjadi Pemungutan Suara Ulang Pilkada 2020, Habib Rizieq Ditahan Di Rutan Polda Metro Jaya, Joe Biden dan Kamala Harris Dinobatkan Sebagai TIME Person of The Year.

121

Good morning!

It’s Monday, sooo many updates from the weekends. But before, let’s take a moment to remember that yesterday was Taylor Swift’s birthday. Her music has accompanied us during the process of creating this newsletter 90% of the times. And somehow, listening to The Man gave us superpower we don’t know we needed. Long live, queen.

And here we go: Your Covid-19 weekly briefing.

Well, well, today we’ll mostly talk about vaccine. And as always, let’s start…
 
Nationally.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 617.820 kasus, 18.819 meninggal (3.0% dari Terkonfirmasi), dan 505.836 (81,9% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (151.201 kasus), Jawa Timur (69.130 kasus), Jawa Tengah (65.600 kasus), Jawa Barat (65.355 kasus), dan Sulawesi Selatan (22.887 kasus).
  • Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Bambang Dwitoro meninggal dunia pada Hari Sabtu (12/12) di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, Tangsel setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Bambang meninggal setelah dirawat selama tujuh hari dan kondisinya terus menurun.
  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan siap menerima vaksin Covid-19 jika vaksin tersebut sudah terbukti aman dan efektif. Hal ini menyusul pernyataan pemerintah yang bakal memprioritaskan vaksin buat para tenaga kesehatan. Meski begitu, menurut Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Profesor dokter Zubairi Djoerban, hingga saat ini belum ada vaksin yang terbukti efektif dan aman untuk digunakan di Indonesia, termasuk vaksin Sinovac, karenanya yhaaa silakan aja divaksin duluan. Hwhwhwhw
  • Menteri BUMN Pak Erick Thohir menyampaikan bahwa pemerintah udah menargetkan vaksinasi untuk 75 juta orang dalam waktu delapan sampai sembilan bulan ke depan. Target tersebut akan dikejar dengan penyuntikan vaksin ke 13 juta orang per bulan, di mana rencananya, pelaksanaan akan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta.
  • Tim Mikrobiologi Uji Klinis Vaksin Unpad menyatakan uji klinis fase III vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang saat ini sedang dilakukan berlangsung dengan baik. Sejauh ini diketahui nggak ada efek samping serius yang muncul pada penerima vaksin.
  • Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan Sinovac, produsen vaksin Covid-19, masih belum melengkapi dokumen untuk proses sertifikasi halal. Ketua MUI Asrorun Niam Sholeh menyebut dokumen yang belum dipenuhi itu terkait dengan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan vaksin.
  • Terus, berapa harga vaksin Covid-19 di Indonesia? Gatau gengs, karena belum ditentukan sama pemerintah. Kata juru bicara vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmidzi, pemerintah belum menetapkan harga vaksin Covid-19 yang nantinya akan beredar di dalam negeri, jadi yhaa mohon bersabar.
  • Masih menurut Jubir Vaksinasi Covid-19, dipastikan juga bahwa pemerintah bakal menanggung biaya vaksinasi buat masyarakat yang kesulitan secara sosial dan ekonomi. Disebutkan juga bahwa pemerintah emang berencana untuk nggak menggratiskan vaksin secara total, dan yang digratisin cuma buat tenaga kesehatan, pemberi pelayanan publik dan kelompok rentan.
  • Bio Farma akan mempersiapkan tiga juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac dalam bentuk finished product yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Terkait hal ini, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebut bahwa vaksinasi tahap pertama ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan di tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali. Kemudian akan diperluas ke tenaga kesehatan nonkomorbid di berbagai provinsi lainnya.

 Meanwhile, internationally…  

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 71.774.910 kasus dan 1.606.375 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat (16.067.031 kasus), India (9.857.029 kasus), Brazil (6.880.127 kasus), Russia (2.629.699 kasus), dan Prancis (2.405.255 kasus).
  • Pemerintah Peru menyetop sementara uji klinis fase III vaksin buatan perusahaan China, Sinopharm, setelah relawan penerima vaksin mengalami masalah syaraf, di mana tangannya susah gerak.
  • BPOM-nya AS yaitu FDAwhich stands for Food and Drug Administration, pada minggu lalu udah resmi memberikan izin penggunaan darurat vaksin Pfizer BioNTech. Dengan keputusan ini, maka AS jadi negara keenam di dunia yang ngasih izin penggunaan darurat vaksin Pfizer selain Inggris, Kanada, Arab Saudi, Bahrain, dan Meksiko. FYI gengs, targetnya, vaksin ini udah mulai bisa digunakan di berbagai negara bagian AS pada Senin aka hari ini waktu setempat.
  • Jerman bakal memasuki lockdown nasional mulai Rabu mendatang, seiring dengan makin bertambahnya angka kasus Covid-19 di sana. Dalam keterangan dari kanselir Angela Merkel kemarin, disebutkan bahwa lockdown akan berlangsung sampe 10 Januari mendatang, dan perayaan Natal cuma boleh dihadiri oleh maksimal lima orang aja.
  • Untuk pertama kalinya, angka penambahan kasus harian di Korea Selatan menembus angka 1.000. Penambahan ini mayoritasnya berasal dari klaster pertemuan pribadi, kegiatan gereja, dan layanan rumah sakit di Seoul.
  • Beda sama Pfizer dan Moderna yang udah mulai mengirim vaksin ke berbagai negara, perusahaan farmasi asal Prancis, Sanofi dan GlaxoSmithKline justru baru aja mengumumkan bahwa produksi vaksin mereka bakal ditunda dan baru bisa didistribusikan akhir tahun 2021. Hal ini seiring dengan hasil uji coba tahap tiga di mana vaksinnya nggak berhasil membentuk reaksi imunitas yang diharapkan pada orang berusia lanjut.

When you’ve been looking forward for some updates on Pilkada…

Yep, tell me.

Ok. As you know, Pemilihan Kepala Daerah aka Pilkada yang digelar Hari Rabu kemarin itu dilaksanakan secara serentak di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia.
 
I know. Any highlights?
Yep, first, let’s talk about the fact that… anak dan menantunya Pak Jokowi berhasil menang Pilkada versi hitung cepat di daerahnya masing-masing. Jadi ada anak sulungnya Pak Jokowi, Gibran Rakabuming dan wakilnya Teguh Prakosa yang maju di Pemilihan Wali Kota Solo. Berdasarkan hitung cepat Charta Politika, diketahui bahwa Gibran-Teguh berhasil unggul jauh sebesar 87,21% suara, dibandingkan lawannya Bagyo Wahyono dan FX Supardjo yang hanya memperoleh 12,79%.
 
Whoaaa…
Terus, ada juga menantunya Pak Jokowi, Bobby Nasution yang juga unggul di Pilwalkot Medan. Masih menurut survei yang sama, diketahui bahwa pasangan Bobby-Aulia meraih 54,29% suara, sedangkan lawannya yaitu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat 45,71% dukungan suara.
 
Interesting. Terus terus?
Well, apparently, tren keluarga dari politisi yang juga ikutan maju di pilkada terus unggul nggak terjadi pada Gibran dan Bobby aja gengs. Tercatat seenggaknya ada empat orang istri yang berhasil unggul Pilkada dalam itung-itungan saat ini, dan suaminya masih menjabat.
HAH gimana?
Iya, jadi kan sekarang suaminya masih menjabat tuh, baik sebagai wali kota maupun bupati. Nah setelah masa jabatannya berakhir, maka kalo menang, si istri yang bakal ngelanjutin posisi si suami. Ya gitu guys, kayak Claire Underwood yang gantiin si Frank di House of Cards gitu…
 
I see…
Yep, menurut catatan KPU, seenggaknya ada empat orang istri yang unggul quick count dan diprediksi bakal ngelanjutin posisi suaminya saat ini. Keempatnya adalah dari Sleman, Banyuwangi, Bandar Lampung, dan Sukoharjo.
Are the results final?  
Not yet.  Semuanya masih perhitungan suara sementara atau quick count, dan hasil resmi masih diitung KPU. Kalo kamu pengen tahu sejauh mana proses penghitungannya, kamu bisa cek di sini.
 
So, where are going we from here?
Yha nunggu hasil penghitungan suara oleh KPU dan pengumumannya nanti. Jadi menurut Komisioner KPU Hasyim Asy’ari, pengumuman hasil Pilkada ini nggak bakal diumumkan secara serentak. Adapun untuk Pilwakot dan Pilbup, hasilnya bakal diumumkan antara 13 – 17 Desember, sementara untuk pengumuman Pilgub bakal diumumkan antara tanggal 16 – 20 Desember mendatang. Kalo nggak ada gugatan, kepala daerah bakal ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilkada tiga hari setelah itu.
Got it. So everything went smoothly?
Well, enggak juga sih, karena di Papua, ada empat kabupaten yang harus melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) gara-gara terjadi konflik antar pendukung calon. Adapun daerahnya adalah Nabire, Asmat, Waropen, dan Keerom. Selain itu, ada juga Kabupaten Boven Digoel juga bakal melakukan pemilihan susulan, gara-gara konflik juga.
Ok, anything else?  
Diprediksi juga bakal ada delapan anak muda di bawah 30 tahun yang bakal menjabat sebagai kepala daerah maupun wakil kepala daerah di Pilkada tahun ini. Kedelapannya akan memimpin di Indragiri Hulu, Bintan, Kediri, Tuban, Samosir, Tangerang Selatan, Sidoarjo, dan Trenggalek. Selain itu, Calon Wali Kota Manado Andrei Angouw juga berpeluang besar menjadi kepala daerah pertama di Indonesia yang beragama Konghucu setelah diprediksi unggul menurut hasil hitung cepat di Pilkada 2020.

For when you’ve been hearing about MRS since weekend…

We know, we know, the story on Muhammad Rizieq Shihab aka MRS is still going strong.
 
What’s the update now? 
Well, jadi nggak lama setelah diperiksa di Polda Metro Jaya Hari Sabtu lalu, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab akhirnya ditahan oleh kepolisian selama 20 hari untuk kepentingan penyidikan. Adapun penahanan ini terkait kasus kerumunan di Petamburan-Jakarta, yang terjadi beberapa waktu lalu. Menurut keterangan polisi, beliau akan ditahan di Rutan Polda Metro Jaya dari tanggal 12 Desember – 31 Desember nanti.
Give me some background.
Ok. Jadi, inget nggak, pas MRS baru banget balik dari Arab Saudi, beliau kemudian mengadakan acara di markas FPI di Petamburan yang dihadiri oleh banyaaak banget orang? Nah secara saat ini pemerintah lagi menggalakkan protokol kesehatan demi menghentikan penularan Covid-19, kegiatan ini kemudian dianggap melanggar prokes dan buntutnya, MRS kemudian jadi tersangka.
 
Go on…
Nah, nggak cuma di Petamburan, dugaan pelanggaran prokes oleh MRS juga terjadi di Pesantren Alam Agrokultural, Megamendung, Bogor yang juga lagi diselidiki polisi. Adapun untuk kasus ini, Polda Jabar bakal mulai melakukan penyelidikan juga, dengan memanggil sejumlah saksi kayak Bupati Bogor Ade Yasin dan Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil.
 
Gitu…
Yep, adapun terkait status tersangkanya ini, MRS udah dua kali nggak dateng setelah dipanggil kepolisian untuk melakukan proses pemeriksaan. Jadi pada Sabtu (12/12) kemarin, akhirnya MRS menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya didampingi sama Sekretaris Umum DPP FPI, Munarman beserta pengacaranya, Aziz Yanuar. Menurut keterangan dari pihak Polda Metro Jaya, kedatangan MRS ini adalah untuk menyerahkan diri karena beliau takut ditangkap. Secara udah berstatus tersangka kan.
 
Well, did FPI say anything?
Yep, Menurut Tim Hukum FPI, Aziz Yanuar, mereka keberatan terhadap pasal yang dijerat ke MRS, jadi pihaknya bakal mengajukan gugatan praperadilan. Selain itu, saat ini timnya juga lagi berusaha mengajukan penangguhan penahanan terhadap MRS.
OK…anything else I should know? 
Selain MRS, ada lima orang lain yang jadi tersangka, yaitu Haris Ubaidillah (Ketua Panitia), Ali Bin Alwi Alatas (Sekretaris Panitia), Maman Suryadi (Penanggungjawab Keamanan Acara), Sobri Lubis (Penanggungjawab Acara), dan Idrus (Kepala Seksi Acara). Tadi malam, tiga di antaranya udah menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya.

For when 2020 doesn’t seem so bad…

For Joe Biden and Kamala Harris.
Yep, karena selain baru aja jadi presiden-wakil presiden terpilih Amerika Serikat, keduanya juga baru aja dinobatkan sebagai TIME Person of the Year, yang merupakan penghargaan bergengsi buat individu-individu yang paling berpengaruh selama setahun. Nah, dalam keterangannya minggu lalu, Pimred majalah Time Edward Falsenthal menyebut bahwa alasan penobatan keduanya adalah karena mereka udah “Merubah sejarah Amerika, dan menunjukkan bahwa kepedulian atas sesama bisa mengalahkan perpecahan. Keduanya juga udah memberi visi untuk menyembuhkan dunia yang sedang bersedih.” Selain Biden-Harris, majalah TIME juga memberikan gelar Businessperson of the Year buat CEO-nya Zoom Eric Yuan, Athlete of the Year untuk pebasket LeBron James, dan Entertainment of the Year buat boyband Korea, BTS.
Terkait BTS, TIME juga menjelaskan bahwa saat ini, boyband yang ada di bawah naungan Big Hit Entertainment ini merupakan band terbesar di dunia. Titik. TIME juga menyebut bahwa BTS udah membuktikan dirinya dengan memenangkan banyak penghargaan musik, tampil di berbagai livestream sepanjang tahun 2020, merilis single “Dynamite” yang berhasil memuncaki tangga lagu di berbagai negara, dan semuanya ini berhasil dicapai in the middle of the pandemic and healthcare crisis. 
 
Clap clap…

“You’ve all been so caring, supportive and thoughtful on my birthdays and so this time I thought I would give you something!”
Gitu isi Twitnya penyanyi Taylor Swift weekend lalu pas ngumumin soal rilis albumnya yang kesepuluh, Evermore. FYI guys, album ini merupakan yang kedua yang Taylor rilis tahun ini setelah sebelumnya dia juga merilis album bertajuk Folklore sekitar lima bulan yang lalu.

And the award of the most productive person in 2020 goes to…

Catch Me Up! Recommendations

It’s Monday, so if you want to start it with some fun vibes, try these 18 dance workout. Yep, burn baby burn!

Angel’s Stories

1. Bangun tidur di pagi hari, aku sudah merasa putus asa dan kehabisan energi. Aku merasa tidak ada orang yang mencintai dan menyemangati. You know kan gimana rasanya tidak dicintai dan tidak ada support dari orang di sekeliling? Tapi aku harus bangkit. Hari ini aku masih hidup, berarti ada some reasons why I’m still alive. Dengan amat berat, aku mengajak hatiku untuk talk to The Invisible Hand, “Oh My Lord, tunjukkan cinta-Mu agar aku makin percaya akan keberadaan-Mu.” Two hours later, in my office, tiba-tiba ada seorang teman ngasih kue brownies dengan wajahnya yang amat manis. Siangnya, ada workmate yang datang ke meja ngasih cemilan kesukaanku. Sore harinya, ada yang datang lagi ke meja kantor buat ngasih makanan buka puasa. Hatiku benar-benar gembira. Mungkin, misiku hari itu masih ada adalah sebagai wadah orang-orang bersedekah.
-grateful single-
 
2. Sebenarnya ini kejadian dua hari lalu. Siang menjelang sore gitu aku dapat kabar duka dari kakak kelas yang baik banget. Beliau meninggal karena kanker payudara, tapi beliau selalu sabar, tabah, dan nggak lelah berjuang. Otomatis kabar itu bikin aku sedih banget dan merasa bersalah karena udah lama nggak chat beliau untuk nanya kabar. Beneran sedih banget dan kebawa seharian. Pas mau tidur ada temen update IG story tentang kebaikan kakak kelas aku. Jadi tambah nangis sampai ketiduran. Paginya bangun dengan mood yang gloomy. Lalu adik iparku ngirimin gambar dia sedang berjemur dengan anaknya yang paling kecil usia 20 bulan. Si bayi senyum lebar sambil nunjukin giginya yang udah banyak. FYI, adik iparku dan istrinya sedang isolasi mandiri karena terinfeksi covid-19 dari rekan sekantornya. Foto keponakanku yang masih bayi dan tersenyum lebar itu somehow memperbaiki mood-ku lagi. Foto itu kemudian aku jadikan wallpaper di hp supaya pas mood lagi turun bisa semangat lagi. Terimakasih adik iparku sudah kasih foto si kecil yang bisa bikin semangat tantenya. Semoga kalian cepat sembuh.
-M, a grateful aunty-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!