Corona Updates 07 Desember 2020

79

Before we get there…here’s your usual briefing.

The Covid-19 briefing. Loooots of updates from our vaccine department, which started to give us hope. However, like we’ve always said, don’t let your guard down too fast. Keep wearing your mask and practice social distancing. Let’s go. 
 

Nationally… 

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 575.796 kasus, 17.740 meninggal (3,1% dari Terkonfirmasi), dan 474.771 (82,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (137.919 kasus), Jawa Timur (62.313 kasus), Jawa Tengah (56.626 kasus), Jawa Barat (53.395 kasus), dan Sulawesi Selatan (20.804 kasus).
  • Tadi malam, Pesawat Garuda Indonesia yang membawa 1,2 juta vaksin corona Sinovac dari China udah nyampe di Bandara Soekarno Hatta. Kata Pak Jokowi dalam keterangannya nggak lama setelah pesawat mendarat, saat ini pemerintah juga lagi mengupayakan untuk mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin yang bakal tiba pada Januari 2021.
  • Meski udah nyampe vaksinnya, namun Pak Jokowi ngingetin bahwa vaksinnya enggak bisa langsung digunakan. Hal ini karena vaksin tersebut harus lebih dulu melewati tahapan-tahapan di BPOM untuk menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.
  • Kemarin, Menkes Terawan Agus Putranto juga baru aja menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan yang menetapkan jenis vaksin Covid-19 yang bisa digunakan di Indonesia. Keenamnya adalah yang diproduksi sama Bio Farma, Astra Zeneca, China National Pharmaceutical Grup Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer-BioNtech, dan Sinovac Biotech.
  • Seiring dengan masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, Koalisi LaporCovid-19 meminta pemerintah untuk teteup meng-cancel Pilkada yang bakal digelar Hari Rabu ini. Hal ini karena menurut data yang dikumpulkan para relawan koalisi LaporCovid-19, sampai 4 Desember kemarin, 270 kabupaten/kota yang bakal melangsungkan pilkada masih punya kasus positif aktif corona yang tinggi.
  • Kemarin, Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan baru aja mengumumkan bahwa status PSBB Transisi di ibu kota bakal diperpanjang hingga 21 Desember mendatang. Pak Anies bilang, keputusan ini diambil setelah diskusi sama BNPB yang menempatkan Jakarta dalam daerah beresiko sedang.
  • Istri dari Sandiaga Uno, Nur Asia Uno baru aja dinyatakan terjangkit Covid-19. Kabar ini disampaikan oleh Pak Sandi lewat akun Instagram pribadinya yang menjelaskan bahwa istrinya merupakan pasien OTG yang tidak mengalami gejala apapun.
  • Weekend kemarin, ditemukan bahwa ada 10 orang anggota KPPS dan pengawas TPS Pilkada di Balikpapan yang dinyatakan positif Covid-19. Terkait hal ini, satgas Covid-19 Balikpapan menyatakan bahwa kesepuluh orang yang positif itu nggak akan bertugas dalam Pilkada nanti.
     
    Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 66.648.145 kasus dan 1.530.818 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (14.584.707 kasus), India (9.644.222 kasus), Brasil (6.577.177 kasus), Russia (2.439.163 kasus), dan Prancis (2.334.626 kasus).
  • Bahrain secara resmi mengumumkan sebagai negara kedua setelah Inggris yang bakal menggunakan vaksin Pzifer-BioNTech untuk menangani wabah pandemi Covid-19 di negaranya.
  • Maskapai penerbangan Singapore Airlines rencananya bakal ikut dalam kegiatan penyaluran vaksin Covid-19 yang bakal hadir pada akhir 2020 atau awal 2021. Untuk hal ini, SQ juga udah menjalin kerja sama dengan perusahaan kontainer dingin untuk memastikan bahwa suhu vaksin dalam pesawat tetap terkendali.
  • Sejak Sabtu kemarin, Rusia udah mulai mem-vaksin para warganya yang paling beresiko terkena virus Covid-19. Adapun vaksin yang digunakan adalah Sputnik V yang telah didaftarkan sejak Agustus lalu. Disebutkan juga bahwa vaksin Sputnik V ini 95% efektif dalam mencegah virus dan enggak menyebabkan efek samping yang masif.
  • Tiga mantan presiden Amerika Serikat yakni George W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama bakal jadi relawan yang menerima percobaan vaksin Covid-19 di negaranya. Langkah ini diambil ketiganya demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan efektivitas vaksin, khususnya setelah FDA menyetujui vaksin yang akan digunakan.
  • Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philipp termasuk pada kelompok yang di awal-awal bakal menerima vaksinasi Covid-19 dari Pfizer-BioNtech. Adapun alasan masuknya nama keduanya adalah karena faktor usia, di mana Ratu Elizabeth udah berusia 94 tahun dan suaminya, Pangeran Phillip berumur 99 tahun. Disebutkan juga bahwa keduanya nggak akan diperlakukan istimewa.
  • Dalam keterangannya minggu lalu, presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden bilang bahwa dalam 100 hari pertamanya menjabat, dia bakal meminta warga AS untuk pake masker di ruang publik. In his words: “cuma seratus hari, kok. Enggak selamanya. Saya yakin bakal ada pengurangan kasus yang signifikan banget.”