Catch Me Up! Special recap ūüėé

102

Hi there,

This is our last email in 2020. And boy, what a year it has been.¬†Today, we have a little something special where we’ll give you a recap of what a craaaazzzzy year the 2020 has been. Let’s walk down the memory line aaaand see you next year!

Waazzzapp wazzzap 2020?

What a year, what a year.

Last year, around this time, none of us had any slightest idea that 2020 would turn out like this. We were busy making plans, resolutions, enjoying the fireworks aaaaand believing things wil be OK. They are, somehow. We made it this far, and things gonna get better eventually. 
 
Now, in this recap, we’re gonna take you down to all important moments that happened in 2020. Let’s go!
 

Januari 

  • Tahun ini, kita memulai 2020 dengan¬†banjir¬†yang melanda Jakarta, dan beberapa wilayah di sekitarnya kayak Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Banjir kali ini menyebabkan 66 orang meninggal (karena kedinginan, kesetrum, tanah longsor, hingga tenggelam).¬†Meanwhile,¬†sekitar 60 ribu orang mengungsi dari tempat tinggalnya.
  • Pada penghujung bulan ini, atlet basket kenamaan Amerika Serikat¬†Kobe Bryant¬†meninggal dunia karena kecelakaan helikopter yang dialaminya. Kobe meninggal bersama delapan orang lainnya yang ada di dalam heli, termasuk juga anak perempuannya, Gianna.
  • ¬†World Health Organization (WHO) menyatakan Covid-19 sebagai¬†global health emergency¬†dengan tingkat kewaspadaan paling tinggi. Waktu itu, udah ditemukan 98 kasus dan 0 kematian di luar China.

Februari

  • Pada bulan ini, Presiden Amerika Serikat¬†Donald Trump¬†akhirnya lolos dari upaya¬†impeachment¬†aka pemakzulan yang diluncurkan sama lawan politiknya di kongres. Trump disebut melakukan berbagai upaya¬†abuse of power¬†dan tidak menghormati kongres, namun upaya ini gugur dalam voting yang dilakukan di senat, di mana emang mayoritas senatornya berasal dari partai pendukung Trump aka Partai Republik.

  • Film¬†“Parasite”¬†dari Korea Selatan jadi film pertama yang memenangkan Oscar kategori¬†top picture.¬†Hal ini menjadi catatan sejarah, secara ini adalah pertama kalinya film berbahasa non-Inggris memenangkan kategori tersebut.

Maret 

  • Wabah¬†Covid-19¬†untuk pertama kalinya dinyatakan ditemukan di Indonesia. Waktu itu, Presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang Indonesia yang positif, yang merupakan ibu dan anak berusia 31 tahun dan 64 tahun. Kasus pertama ini diduga berawal dari pertemuan ¬†perempuan 31 tahun itu dengan WN Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia.
  • Penyanyi pria kenamaan Indonesia,¬†Glenn Fredly¬†meninggal dunia karena sakit.

  • UEFA¬†aka otoritas sepak bola Eropa mengumumkan bahwa Euro 2020 yang sedianya akan dilaksanakan tahun ini di-cancel.¬†Penyebabnya?¬†U know…

April
  • Pembatasan Sosial Berskala Besar aka¬†PSBB¬†dimulai. Provinsi DKI Jakarta jadi provinsi yang pertama kali menerapkannya dan berlaku selama dua minggu. Adapun lima sektor yang harus ditutup secara penuh selama PSBB Jakarta adalah institusi pendidikan, kawasan pariwisata, taman rekreasi, taman kota dan RPTRA, sarana olahraga publik dan tempat resepsi pernikahan serta seminar.

  • Spekulasi meninggalnya pemimpin Korea Utara¬†Kim jong-Un¬†muncul, secara beliau udah sekitar dua minggu nggak keliatan. Eeeee abis spekulasi ini muncul, Jong-un¬†was like,¬†“I’m here, bit*hes”¬†dengan muncul di kegiatan pembagian pupuk di negaranya,¬†alive and well.
Mei
  • Gerakan¬†#BlackLivesMatter¬†muncul di berbagai belahan dunia. FYI, gerakan¬†BLM¬†ini adalah pergerakan aksi protes yang menolak kekerasan yang dilakukan aparat keamanan, khususnya polisi terhadap warga kulit hitam. Gerakan ini dimulai ketika seorang¬†African-American,¬†namanya George Floyd tewas di tangan polisi kota Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Floyd tewas usai lehernya ditekan sama lutut polisi hingga dia kehabisan napas. Penangkapan Floyd itu terekam dalam sebuah video yang kemudian viral.¬†Despite the pandemics,¬†banyak warga AS yang turun ke jalan untuk memprotes aksi kekerasan polisi ini dan aksinya menyebar sampai ke Eropa. Di Eropa, selain menolak rasisme, banyak juga warga yang menjatuhkan patung-patung tokoh kolonial di kotanya yang melakukan praktik perbudakan di masa lalu.

  • Legenda campursari Indonesia,¬†the Godfather of Broken heart¬†Didi Kempot¬†meninggal dunia.
Juni
  • Pemerintah¬†Korea Utara¬†mengumumkan penghancuran kantor penghubung antar-Korea karena bom seiring dengan hubungan antara kedua negara yang kembali menegang. Penghancuran ini dinilai banyak pihak membuyarkan kembali harapan perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan, secara namanya gedung penghubung juga manfaatnya yhaaa untuk menjalin hubungan.

  • Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)¬†ASEAN¬†untuk pertama kalinya dilaksanakan virtual. Pada KTT ini, penyebaran wabah Covid-19 masih jadi pembahasan utama bagi para pemimpin Asia Tenggara yang ikutan¬†meeting.
Juli
  • Mantan Perdana Menteri¬†Malaysia, Najib Razak dinyatakan bersalah karena kasus korupsi 1MDB. Beliau dijatuhi hukuman penjara selama 12 tahun dan denda sebesar sekitar US$20 Juta.

  • Bangunan bersejarah di Turki,¬†Haga Sophia¬†kembali difungsikan sebagai masjid setelah selama bertahun-tahun digunakan sebagai museum. Awalnya emang bangunan ini merupakan gereja, lalu berubah jadi masjid, dan seiring dengan perkembangan sejarahnya, Hagia Sofia kemudian jadi museum untuk memfasilitasi dua agama yang pernah menjadikan bangunan tersebut sebagai tempat ibadah. Langkah Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan ini kemudian banyak mendapat¬†penolakan,¬†khususnya dari berbagai komunitas Kristen dunia.
Agustus
  • Terjadi ledakan besar di¬†Beirut, Ibu kota Lebanon yang menewaskan sekitar 200 orang dan melukai lebih dari 6.500 orang. Adapun penyebab ledakan berasal dari gudang bahan peledak yang disita dan disimpan oleh pihak berwenang di dekat pelabuhan.

  • Rusia¬†mengklaim sebagai negara pertama yang akan memproduksi vaksin Covid-19. Presiden Russia, Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia jadi negara pertama yang mendapatkan persetujuan dari regulator untuk mengembangkan secara massal vaksin Covid-19 nya dan anaknya sendiri udah pake vaksin tersebut.

  • Gedung¬†Kejaksaan Agung RI¬†yang terletak di Blok M, Jakarta mengalami kebakaran. Api membakar gedung utama kompleks kejaksaan yang terletak paling depan dari jalan raya utama, dan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp 1,12 Triliun. Penyebabnya? OB yang buang puntung rokok.

  • Perdana Menteri Jepang¬†Shinzo Abe¬†secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan kesehatan. Abe merupakan perdana menteri yang menjabat paling lama dalam sejarah Jepang, dan kini posisinya digantikan sama rekan separtainya, Yoshihide Suga.

September 
  • BTS jadi grup K-Pop pertama yang merajai¬†chart¬†Billboard¬†100 singles dengan lagu hitsnya, Dynamite.

  • Hakim¬†Agung perempuan pertama Amerika Serikat yang juga dikenal dengan pandangan kesetaraan gendernya, Ruth Bader Ginsberg meninggal dunia.

  • Terjadi kebakaran hutan di¬†California, Amerika Serikat yang menghanguskan empat juta hektar hutan. Kebakaran dahsyat itu mengakibatkan kualitas udara yang memburuk dan asap tebal, sehingga menutupi sinar matahari dalam beberapa hari.

Oktober
  • Undang-Undang¬†Ciptaker¬†resmi disahkan. Keputusan ini menyebabkan gelombang protes di mana-mana seiring banyak pihak yang menilai bahwa undang-undang tersebut mengandung beberapa pasal bermasalah. Adapun aksi demonstrasi yang menolak RUU Ciptaker ini terjadi di berbagai daerah dan dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari buruh sampe mahasiswa.

  • Presiden¬†Trump¬†ngumumin via Twitter bahwa dia dan istrinya Melania Trump kena Covid.

  • Pekan Olahraga Nasional¬†(PON) Papua¬†yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan ini resmi ditunda karena pandemi Covid-19.

November 
  • Pemilu¬†Amerika Serikat¬†resmi digelar. Pada gelaran pesta demokrasi yang bikin deg-degan banget itu, Capres dari Partai Demokrat Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilu dengan mengantongi 306 suara elektoral dan 270 suara yang dibutuhkan untuk melenggang ke White House. Atas hasil ini, Presiden¬†incumbent¬†AS Donald Trump berkali-kali menyatakan bahwa pemilunya nggak sah dan banyak terjadi kecurangan.

  • Mantan Menteri KKP¬†Edhy Prabowo¬†jadi tersangka kasus korupsi. Edhy ditangkap KPK karena diduga melakukan tindakan korupsi terkait ekspor benih lobster.

  • Pemimpin Front Pembela Islam (FPI)¬†Rizieq Shihab¬†kembali ke Indonesia setelah lebih dari tiga tahun berada luar negeri.
Desember
  • Pilkada Serentak¬†2020 resmi digelar di tengah pandemi covid-19. ¬†Pilkadanya diadakan di 270 daerah,¬†which includes¬†9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. ¬†In total, ada 741 pasangan calon yang berkontestasi.

  • Menteri Sosial Juliari P. Batubara dinyatakan tersangka korupsi bansos covid-19 oleh KPK. Diduga,¬†Juliari¬†menerima 17 Milyar dari proyek bansos yang disetujuinya.

  • Presiden¬†Joko Widodo¬†mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Maju. Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan enam orang nama sebagai menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

  • Kemarin,¬†FPI¬†resmi dibubarkan oleh Pemerintah.

The one thing that slows everything down…

The Covid-19.

Let’s address the elephant in the room.
We cannot talk about 2020 without making this special section that makes the year like way too different than any other year. Now, let’s do a quick flashback on the pandemic.
 
Ok.  Gimana ceritanya? 
Jadi, awalnya virus ini ditemukan di Wuhan, China di akhir tahun 2019 (like now, but last year).  Inget nggak kalau virusnya diduga ditemukan di pasar basah di sana? Virus ini diduga muncul dari kelelawar yang ditularkan ke hewan-hewan lain, baru deh ke manusia.  Terus ada laporan kalau banyak masyarakat di Wuhan yang tiba-tiba demam, batuk, dan susah nafas.  Nah, pada awal Januari, baru deh ada laporan resmi tentang virus corona yang diumumin sama peniliti-peniliti China.  Then, ada kasus kematian pertama akibat covid-19.  Belum sampai sebulan, virusnya udah nyebar ke Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang.
Lanjut…
Penularannya cepet banget gengs, ini daftar kejadian-kejadian penting tentang covid-19 nya:
Januari:
  • WHO (World Health Organization) mengumumkan keadaan darurat kesehatan global gara-gara ada ratusan yang meninggal dan ribuan orang yang terinfeksi corona.
Februari:
  • WHO mengumumkan nama resmi virus tersebut,¬†which is COVID-19 (CO = corona, Vi = virus, D = disease).¬†
Maret:  

  • Covid-19 masuk¬†Indonesia. ¬†Pak Jokowi ngumumin tanggal 2 Maret 2020, ada dua warga (Ibu dan anak) yang ketularan covid-19 setelah berinteraksi dengan orang Jepang yang ternyata positif corona.
  • Kasus kematian covid-19 pertama di Indonesia, di Bali (11 Maret 2020).
  • WHO¬†menetapkan covid-19 sebagai pandemi global.
  • Jokowi memerintahkan adanya¬†tes massal¬†dengan metode rapid test, jika positif, lanjut ke tes PCR (Polymerase Chain Reaction¬†‚Äď yang hidung dicolok itu gengs). ¬†(19 Maret 2020)
  • Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah No.21 Tahun 2020 tentang penerapan PSBB. (31 Maret 2020)

 April:  

  • Beberapa daerah di Indonesia mulai menerapkan Pembatasan Sosial dalam Skala Besar (PSBB). ¬†FYI,¬†setiap daerah (provinsi/kabupaten/kota) harus minta izin ke Menteri Kesehatan dulu untuk menerapkan PSBB di daerahnya masing-masing. Provinsi pertama yang menerapkan PSBB adalah DKI Jakarta, dilanjut sama Sumatera Barat. ¬†Lalu, ada 16 kabupaten/kota yang dapat izin penerapan PSBB,¬†which includes:¬†Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Pekanbaru, Kota Makassar, Kota Tegal, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cimahi. PSBB juga diterapkan di daerah-daerah lain.
Mei:  
  • Pemerintah mengeluarkan¬†Panduan Protokol Kesehatan: sering cuci tangan, tidak menyentuh wajah, etika batuk dan bersin, pakai masker, jaga jarak, isolasi mandiri, dan jaga kesehatan. ¬†Panduan ini adalah panduan untuk menyambut ‚ÄėNew Normal‚Äô, maksudnya kayak perubahan perilaku (dengan mematuhi protokol kesehatannya) dalam menjalankan aktivitas normal. (18 Mei 2020)
Juni:
  • WHO¬†merilis laporan tentang kondisi Covid-19 di setiap Negara di dunia, dan memberi peringatan ke Indonesia yang bakal nerapin New Normal pada awal bulan Juli. ¬†WHO ngasih catatan tentang pelaporan kasus harian di Indonesia yang suka terlambat dan beda-beda.
Juli:
  • Penerapan¬†New Normal, ekonomi jalan lagi dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.
  • Pergantian istilah-istilah ODP/PDP/OTG yang dilakukan oleh¬†Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, melalui Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian covid-19.
  • Jokowi membentuk Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diketuai oleh Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin (sekarang jadi Menteri Kesehatan yang baru). (20 Juli 2020)

How about the vaccine? 

Kementerian Kesehatan udah menetapkan 6 jenis vaksin yang bakal digunakan dalam program vaksinasi di Indonesia, which are: 

  • Bio Farma:¬†vaksin merah putih kerjasama Indonesia dengan Sinovac dari China
  • Pfizer-BioNTech:¬†vaksin asal Amerika Serikat yang kerjasama sama Jerman.
  • Moderna:¬†vaksin yang dikembangkan oleh AS
  • Sinopharm:¬†vaksin yang dikembangkan oleh China
  • Oxford-AstraZeneca:¬†vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan perusahaan asal Inggris
  • Sinovac:¬†vaksin yang dibuat oleh China

Go on…

Fast forward to 6 Desember 2020 kemarin, ada 1,2 juta dosis vaksin Sinovac yang sampai di Indonesia, dan ada 1,8 juta dosis yang bakal nyusul nanti. FYI, Pak Jokowi juga bilang kalau vaksin covid-19 bakal dibagikan secara gratis tanpa syarat apa-apa, even syarat BPJS juga nggak perlu gengs.
Seriously? Btw, kapan mulai vaksinasinya? 
So far masih nunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Once udah ada lampu hijau dari kedua lembaga ini, proses vaksinasi bakal dimulai. Meanwhile, Pemerintah lagi nyusun strategi vaksinasinya, yaitu:

  • Persiapan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes): termasuk simulasi pemberian vaksin ke masyarakat dan juga terkait sistem informasi. ¬†Bagaimana datanya bisa sama antara Kemenkes dan BPS. ¬†Selain itu, Pemerintah juga sedang menyusun petunjuk teknis (Juknis) dan aturan terkait program vaksinasi covid-19.
  • Persiapan Infrastruktur: untuk distribusi vaksin ke setiap daerah. ¬†FYI, vaksinnya butuh disimpan di suhu yang sangat dingin, jadi itu tantangan logistiknya.
  • Persiapan untuk daerah terpencil: ¬†otomatis butuh penambahan infrastruktur untuk distribusi ke daerah-daerah yang terpencil.

Emangnya nanti vaksinasinya dimana? 

Menurut Jubir Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, vaksinnya bakal disediakan di fasilitas kesehatan, yaitu:  Puskesmas, RSUD, RS Pusat, dan RS BUMN.
Any updates on the economy? 
As you know, pertumbuhan ekonomi hampir di setiap negara itu minus, meaning nggak tumbuh.  Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah RI membuat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan budget Rp695,2 Triliun.  Nah, per tanggal 23 Desember 2020, dana PEN yang terealisasi itu sebanyak Rp502,71 Triliun, sektiar 72,3% dari total anggarannya.  Dana yang paling banyak cair adalah terkait dana perlindungan sosial dan juga dana dukungan untuk sektor UMKM yang terealisasi di atas 90%.
I see, anything else? 
Per 30 Desember 2020, total kasus di Indonesia adalah 735.124 kasus, 603.741 sembuh, dan 21.944 meninggal.

That’s it for your 2020 recap. A year that feels likeeee a decade. Thank you for catching up! with us throughout the 2020, and we wish next year would be muccch mucccch better. See ya!