BKN Sebut Bakal Ada Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2021

57

For when your parents always tell you to apply for CPNS… 

Get ready for it! 
 
Is it open yet? 
Not yet, but soon. Karena kemarin Bidang SDM Kementerian PANRB, Teguh Widjinarko, bilang kalau bakal ada formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021.
Are you sure? 
Yep.  Menurut Widjinarko, formasi CPNS yang bakal dibutuhkan adalah di bidang kesehatan, pendidikan, juga tenaga teknis yang dibutuhin pemerintah tahun depan, termasuk pemerintah daerah.  For now, setiap instansi daerah maupun pusat, lagi ngumpulin usulan mereka terkait posisi-posisi pegawai baru apa aja yang dibutuhin.
I see, when will it be open? 
Belum ada tanggal yang fixed-nya gengs.  Tapi, katanya sih jadwalnya bakal sesuai sama PP Nomor 11 Tahun 2017.  Peraturan ini harusnya diterapkan tahun ini, but since nggak ada rekruitmen, jadinya diterapin untuk tahun 2021 nanti.  Based on PP ini, deadline usulan posisi dari daerah dan pusat adalah bulan Maret 2021, terus Mei 2021 bakal ditentuin posisi apa aja yang dibuka.
Ok, ada bocoran posisinya nggak? 
Yang udah pasti itu adalah formasi 1 juta guru, dan seleksinya bakal melalui tiga tahapan.  Moreover, tenaga medis juga dibutuhkan banget gengs.  Terus, tenaga ahli/teknis sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia di tahun 2021.  Intinya sih yang sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia.
Oo ok..go on.. 
Ok.  Katanya, total usulan formasi yang masuk ke pusat itu sekitar 113.172, dan 438.170 ke pemerintahan daerah.  Instansi yang bakal melakukan rekrutmen adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).
I see, anything else? 
Awalnya, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo bilang kalau usulan rekrutmennya bisa dilakukan bulan April sampai Mei tahun 2021.  Tapi, ternyata bakal ada perpanjangan usulan formasi tahun 2021 sampai akhir Agustus 2021 gengs.