Vaksin Covid-19 Buatan Moderna Amerika Serikat Didistribusikan Bulan Depan

11

What’s finally giving another hopeful update about Covid-19?

Moderna vaccine candidate.
 
Moderna who? 
Jadi guys, Moderna ini adalah perusahaan biotech dari Massachusetts, Amerika Serikat yang juga lagi mengembangkan vaksin Covid-19 nya. Nah kemarin, mereka baru aja ngasih update bahwa kandidat vaksinnya tersebut 94,5% efektif mencegah penularan Covid-19!
Whooaa…beneran ini?
Iya. Jadi, pada Oktober lalu, Moderna melakukan uji coba fase III atas kandidat vaksinnya terhadap 30 ribu relawan dewasa. Dalam prakteknya, setengah dari relawan ini divaksin dua kali, dan sisanya divaksin satu kali atau dikasih ‘placebo’. Nah hasilnya, ada lima orang yang kena covid-19 dari kelompok yang divaksin dua kali. Terus, 90 orang terinfeksi di kelompok yang dikasih placebo. With this result, they can claim that their vaccine is 94,5% effective. 
 
Hah tapi ada efek sampingnya nggak?
Kalo dari klaimnya perusahaan sih, so far nggak ada efek samping serius yang membahayakan kesehatan. Cuma emang ada sebagian kecil relawannya yang mengalami pusing atau pegel-pegel.
Cool! So when will it be ready? 
Just like Pfizer (kandidat vaksin lain, catch up here), Moderna juga bakal segera ngurus izin ke FDA (Food and Drugs Administration) AS supaya vaksin buatannya bisa mulai didistribusikan bulan depan. Kalo udah di-acc, Moderna menyatakan bahwa pihaknya bisa mulai mendistribusikan 20 juta dosis vaksin sampai akhir tahun ini.
 
Sounds guccci.
Rite. Secara satu orang bakal divaksin dua kali, jadi vaksin tahun ini bakal cukup buat 10 juta orang. Tahun depan, Moderna punya target untuk memproduksi sekitar 1 milyar dosis, hampir sama targetnya sama Pfizer. Disebutkan pula bahwa kelompok yang akan diprioritaskan untuk mendapat vaksin ini adalah orang lanjut usia, tenaga medis dan orang-orang yang udah punya penyakit bawaan.
 
What about me?
Well, not until a couple months. Menurut Direktur CDC Anthony Fauci, kalo kamu masih muda, sehat, dan nggak punya penyakit bawaan, kemungkinannya kamu nggak jadi prioritas untuk mendapatkan vaksin ini. Di AS sendiri, warga biasa baru bakal mulai bisa divaksin di Bulan April.
 
Terus kalo di Indonesia gimanaaaa?
Kata Pak Jokowi sih, vaksin Covid-19 akan tiba di tanah air pada akhir November ini. Meski begitu, yha vaksinnya nggak bisa langsung disuntikkan ke masyarakat, karena kan harus melewati berbagai tahapan di BPOM dulu.
OK. Anything else? 
Well, meski banyak kabar gembira untuk kita semua (kulit manggis kini…you sing you lose!) soal vaksin, namun para ahli menyebut bahwa kita jangan happy banget dulu karena faktanya, saat ini semua vaksin masih merupakan kandidat. Jadi yang penting sekarang kamu pake masker, cuci tangan dan HINDARI KERUMUNAN. OK guyssss?