Updates Pilpres Amerika Serikat

16

What we know so far about the elections.

Today, let’s talk about things from yesterday. How things turned out, what the candidates have to say and… whether or not you’ve been binge-eating to curb your nervousness.
The latest to know so far:
  • It all comes down to five states now. Sampai email ini ditulis (around 4-ish last night), lima state yang belum disimpulkan hasilnya. Kelima state ini adalah North Carolina (15 EC), Georgia (16 EC), Arizona (11 EC), Nevada (6 EC), Alaska (3 EC) dan Pennsylvania (20 EC).

  • Everybody, meet: Flip states. Flip states, meet: everybody. Jadi flip state ini adalah negara-negara bagian yang posisinya berubah dari pilpres lalu di 2016. Kalo sebelumnya dukung Demokrat, jadi dukung Republikan, atau sebaliknya. Nah pada pemilu kali ini, so far ada dua flip states yang pindah dari dukung Trump jadi dukung Biden. Keduanya adalah Michigan (16 EC) dan Wisconsin (10 EC).

  • Kepo nggak sih kenapa proses penghitungan suaranya lama bangetttt? Well, blame the Covid-19. Jadi secara lagi pandemi, banyak warga yang memilih opsi mail-in ballot aka mengirimkan atau nganterin langsung surat suaranya ke TPS, instead of nyoblos langsung ke TPS.
  • Why is it affecting the counting? Karena mail-in ballot ini jumlahnya banyak banget di state-state yang sekarang masih ngitung suara. Contohnya di Pennsylvania yang pada pemilu kali ini, menerima lebih dari 10 kali lipat absentee ballots hingga totalnya mencapai 2,6 juta mail-in ballots. Nah di sini, para pembuat kebijakan menolak untuk mengubah aturan supaya penghitungan suara terhadap mail-in ballot bisa dilakukan lebih dulu sebelum TPS buka (at 7 am). Hal inilah yang bikin penghitungan suaranya lanjut terus.

  • Twitter. Sepanjang hari, Twitternya Presiden AS Donald Trump terus-terusan ngetwit dan ngeritwit keraguannya atas hasil pemilu. Terbaru, Trump juga mengklaim kemenangan di Pennsylvania, Georgia, dan North Carolina di mana ketiganya masih ngitung suara.
  • Sebelumnya, kedua kandidat juga udah mengklaim bahwa mereka bakal menang. Joe Biden yang muncul di depan pendukungnya di Delaware menyebut bahwa dia have a good feeling bahwa Biden-Harris bakal menang, while Trump juga ngumumin dalam keterangannya di White House bahwa dia juga memenangkan berbagai key states dan menangnya tuh, jauh bangett angkanya. Uhmmmm familiar familiar gimanaa gitu.
  • Later that day, Biden muncul lagi di publik bersama wakilnya, Kemala Harris. Dalam keterangannya Biden meng-address terkait perbedaan pilihan politik di AS yang bikin warganya terpecah. Biden bilang bahwa dia akan memimpin sebagai seorang Presiden Amerika, dan “we have to stop treating our opponents as enemies.”
  • Tim hukum Trump di Michigan udah memasukan gugatannya ke pengadilan negara bagian di sana dan menuntut supaya proses penghitungan suara di negara bagian tersebut dihentikan sementara. Alasannya, penghitungan suara dilakukan tanpa ada pemantau yang bipartisan.
  • So does in Pennsylvania, di mana tim kampanyenya Trump juga meminta supaya penghitungan suara dihentikan sementara.
  • Meanwhile, tim kampanye Biden membuka donasi untuk mengantisipasi berbagai tuntutan hukum terkait pemilu.