Tik Tok Jalin Kerja Sama Dengan Ikatan Guru Indonesia

174

When you think TikTok is only for dancing and funny stories…

Nope, your teachers will be there too.
Karena dalam keterangannya kemarin, diketahui bahwa TikTok baru aja menjalin kerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) untuk melakukan pelatihan terhadap lebih dari 1000 guru di tanah air tentang bagaimana memaksimalkan video pendek TikTok dalam menyampaikan pendidikan.  Pelatihan ini spesial diperuntukkan untuk para guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya.
TikTok sendiri menyebut bahwa selama ini, konten edukasi mereka adalah konten top-2 setelah komedi. Selain itu, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra juga menjelaskan bahwa di saat pandemi Covid-19 ini, TikTok berharap bisa ikut membantu guru, dosen, dan pelaku pendidikan lainnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan video singkat TikTok untuk pelajaran. Meanwhile, Ketua Umum IGI dan JSDI, Muhammad Ramli Rahim juga menyebut bahwa guru perlu belajar mengikuti perkembangan teknologi supaya bisa menyampaikan materi dengan lebih efektif kepada para muridnya.
FYI gengs, dari survei yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, ditemukan bahwa 62 persen guru perlu mendapat pelatihan digital tingkat lanjut. Nah untuk ngasih support ini, TikTok bikin webinar di 10 kota di seluruh Indonesia, termasuk Aceh, Makassar, juga Maluku. Selain Kemendikbud, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga bikin program untuk guru, which includes program Coding Teacher Academy (CTA), yang merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship (DTS).  Pelatihan ini untuk total 2000 guru yang fokus di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).