Tahun 2021 Diperkirakan Peredaran Drama Korea Akan Berkurang

22
For when you’ve been enjoying watching K-Drama…

Not so good news for you.
Karena menurut itungannya sih, jumlah Drakor aka Drama Korea yang akan beredar pada tahun 2021 akan berkurang.
 
HAH kenapaaa?
Yha Covid-19. Jadi karena adanya pandemi ini, kegiatan produksi Drama Korea jadi tersendat. Selain itu, karena pandeminya masih berjalan, proses produksi Drakor juga jadi makin mahal dan sulit dilakukan.
Sengaruh itu ya?
Yep. Jadi just to give you a context, Lembaga penyiaran publik yang nggak punya studio produksi sendiri, kayak KBS dan MBC, diperkirakan bakal cuma punya 10 drama tahun depan. Angka ini tentunya terbilang kecil, secara pada tahun 2019, rata-rata ada 12 drama yang ditayangkan di 10 saluran televisi Korsel.
I see…
Nah jadi emang guys, di pertengahan tahun ini, banyak studio televisi dan penyiaran yang menunda produksi sejumlah drama dan acara lainnya. Hal ini tentunya disebabkan oleh pengetatan peraturan pemerintah terkait kewajiban social distancing di tengah pandemi covid-19.
So…just covid?
Nggak juga sih. Menurut pengamat budaya Korsel Kim Heon-shik, jumlah Drakor di televisi lokal juga berkurang karena banyak penonton yang udah mulai berpaling ke layanan streaming dan YouTube untuk nyari alternatif tontonan baru. Layanan streaming juga lebih menarik karena bisa disaksikan sama para penonton di banyak negara lain.
 
Got it. Anything else?
Masih soal Korea-Koreaan, seiring dengan penurunan drastis wisatawan yang berkunjung ke negeri ginseng tersebut, maskapai penerbangan Korean Air juga baru-baru ini mengumumkan laporan keuangannya yang mengalami rugi bersih sebesar 385,93 miliar won atau setara US$342 juta. Angka ini menunjukkan turunnya pendapatan Korean Air sebanyak 52,8 persen pada tahun 2020, thanks to the pandemic.