Penelitian oleh Ofsted Di Inggris Anak Usia Dini Kehilangan Skill Dasar

15

For when kids have been staying at home for too long…

They may lose some basic skills. 
Not so good news, guys. Jadi menurut penelitian yang dilakukan sama The Office for Standards in Education (Ofsted) di Inggris baru-baru ini, ditemukan kemunduran pendidikan pada anak usia dini yang terpaksa mengikuti stay-at-home orders karena pandemi Covid-19.
Kayak gimana kemundurannya? Well, for starters, Ofsted baru aja mengeluarkan lima laporan tentang temuan-temuan dari hasil kunjungan mereka ke 900 sekolah dan social care di Inggris, sejak September kemarin. Dari temuan ini, ditemukan bahwa anak-anak yang paling banyak kena dampak pandemi adalah anak-anak yang masih usia dini, dan orang tuanya kerja.  In other words, mereka yang ketika pandemi ini jadi stay at home, tapi juga nggak menghabiskan banyak waktu sama orang tua dan jarang ketemu anak-anak lain.
Selanjutnya, hasil penelitian Ofsted ini menemukan bahwa pandemi bikin beberapa anak kehilangan skill dasar yang udah mereka pelajari di day care, kayak cara pake pisau makan. Terus, ada juga anak-anak yang tadinya udah bisa ke kamar mandi sendiri, jadi harus balik lagi pake popok. Lebih jauh diketahui juga bahwa ada anak-anak yang lupa tentang angka-angka dan kata-kata yang udah mereka pelajari sebelumnya.
Meanwhile untuk remaja, ditemukan kecenderungan di mana kemampuan matematikanya berkurang, susah fokus, dan juga kurang fit.  Ada juga yang mengalami gangguan mental, eating disorders, hingga self-harm. FYI guys, penelitian ini dilakukan di Inggris, di mana sekolah dan kampusnya udah dibuka lagi sejak September 2020 lalu.