Penelitian Dari Oxford University: Bermain Video Games Bikin Kamu Bahagia

8

For when your mom tells you not to play too much video games…

Tell her it makes you happier.
Serius guys. Jadi hasil penelitian terbaru dari Oxford University di Inggris menunjukkan bahwa bermain video games bisa meningkatkan kesehatan mental kamu dan bikin kamu lebih bahagia.  Adapun dua video game yang menjadi objek penelitian adalah: “Animal Crossing: New Horizons” dan “Plants vs Zombies: Battle for Neighborville.”
Menurut direktur penelitian Andrew Przybylski, hasil dari riset ini menunjukkan bahwa video games nggak melulu buruk untuk kesehatan. Selain itu, masih banyak faktor psikologis lain yang lebih berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang, selain bermain video games.
Lebih jauh, para peneliti juga menyebutkan bahwa bisa jadi, pola permainan pada kedua games tadi yang memfokuskan pada simulasi sosial (contohnya Animal Crossing, di mana kamu jadi penduduk di satu wilayah dan “hidup” dengan berjualan) turut berkontribusi atas kebahagiaan pemainnya. Meski begitu, secara penelitiannya cuma dilakukan terhadap dua games tadi, maka para peneliti mengingatkan perlunya penelitian lebih jauh yang mencakup data yang lebih menyeluruh.