Masjid Pertama Di Ibu Kota Yunani Athena

21

For when there’s also some historic moment happened in Greece….

Yep, now let’s talk about Athens, Greece. Aka Yunani.
Jadi setelah ratusan tahun jadi rencana, mau dibangun, gajadi lagi, dapet penolakan sana-sini dan berbagai tantangan lainnya, akhirnya Jumat lalu, masjid pertama di ibu kota Yunani, Athena, resmi dibuka. Jadi emang sejak kekuasaan Turki Usmani meninggalkan kota tersebut sekitar 200 tahun lalu, Athena jadi nggak punya masjid yang secara formal diakui dan didanai sama pemerintah.
Nah seiring dengan berjalannya waktu, imigran muslim dari berbagai negara kayak Pakistan, Suriah, Afghanistan, dan Bangladesh mulai berdatangan ke kota tersebut dan membuat kebutuhan akan adanya masjid makin mendesak. Namun kemudian rencana ini nggak selalu berjalan mulus seiring dengan munculnya penolakan dari kelompok nasionalis, birokrasi yang ribet, hingga krisis finansial Yunani yang berlangsung selama satu dekade.
Makanya ketika masjidnya akhirnya jadi dibuka pada Jumat lalu, warga muslim di sana menyatakan rasa senangnya walaupun salat perdananya harus social distancing. “It is a historic moment for the Muslim community living in Athens, we have been waiting for this mosque for so long,” gitu kata salah seorang jemaah, Heider Ashir. Namun, karena Athena lagi mau menerapkan lockdown kedua hingga tanggal 30 November, masjidnya juga akan kembali tutup sampai tanggal tersebut.
 
Now singing: kalimera…kalimera…kalimera ya Athena…