KPK Tangkap Menteri Kelautan dan Perikatan Edhy Prabowo Terkait Kasus Suap, Bank Dunia Memberikan Donasi US$400 juta Untuk Program Pemulihan Hutan Mangrove Di Indonesia, China Luncurkan Robot Pesawat Luar Angkasa Ke Bulan, CEO Tesla Elon Musk Menggeser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Di Dunia

53

Rise and shine!

Can you believe it’s Thursday already?? Woahh with sooo much going on in our news-verse lately, it’s crazy how time went on just like that. But, no matter how you’ve planned your day today, just remember to take a pause, drink a lot of water, and Catch Up! with us. It’s important *wink*

Need to Catch Up! on Edhy Prabowo’s alleged corruption case? Well, you’re in the right email.

And we will walk you through verrry slowly. Let’s go. 
 
Edhy who?

Edhy Prabowo. Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang juga merupakan kader Partai Gerindra.

Hah? Serius? 
Iya. Jadi Pak Edhy ini ditangkap sama KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) hari Rabu (25/11) early in the morning. Waktu itu, Pak Edhy baru aja nyampe di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 1.23 dini hari, setelah melakukan kunjungan kerja ke Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. FYI, kunjungan kerjanya ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama dengan Oceanic Institute (OI) tentang budidaya udang secara berkelanjutan di Indonesia. Dalam kunjungan itu, Pak Edhy juga sempat ketemuan sama 201 nelayan Indonesia yang ada di Honolulu, Hawaii.
I see…
Nah ketika ditangkap, Pak Edhy lagi bareng istrinya Iis Edhy Prabowo, yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI.  Selain itu, ajudan, dan istri ajudannya juga ikutan ditangkap, gengs.  Sekarang mereka semua lagi diperiksa di KPK. Totalnya yang jadi tersangka ada tujuh orang. FYI, istrinya kemudian dibebaskan karena KPK nggak menemukan keterlibatan sang istri dalam dugaan kasus korupsinya Pak Edhy.
What happened?
Well, Menurut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Pak Edhy diduga terlibat korupsi dalam dugaan suap izin ekspor baby lobster atau benih lobster (yang dulu sempat heboh). Jadi, pas zamannya Bu Susi dulu, baby lobster ini dilarang diekspor, tapi setelah Pak Edhy menjadi menteri, larangannya dicabut dan ekspornya dibolehin lagi.
Terus masalahnya apa?
Well, there’s a lot pros and cons about this. Jadi kalo yang mendukung larangan ekspor benih lobster (kayak Bu Susi), mereka menyebut bahwa ngekspor lobster yang masih bayi itu merugikan negara. Hal ini karena secara masih baby, harga jualnya bakal muraaaah banget. Terus lobsternya dibudidaya sama negara lain, misalnya Vietnam, dan pas dijual lagi, harganya bisa jauh lebih mahal. Selain itu, ngekspor lobster bayi juga bahaya buat populasi lobster di Indonesia karena bakal mengurangi secara drastis jumlah lobster di tanah air (karena dari bayi udah diambil-ambilin). Finally, para nelayan tradisional yang kerjanya budidaya lobster juga nggak setuju, karena kan kerjaan mereka budi daya, kalo benihnya aja diekspor, mereka mau budi daya apa?
Well, I believe there’s some pros too…
Of course. Dukungan datang dari mantan Menteri KKP era Pak SBY, Fadel Muhammad yang menyebut bahwa ekspor ini bagus karena bisa meningkatkan ekonomi. Selain itu emang kebutuhan pasarnya ada, jadi harus dilayani. Selain Pak Fadel, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) juga mendukung kebijakan ini, asal aturannya aja jelas. Finally, stafsusnya Pak Edhy Prabowo sendiri, namanya TB Ardi Janiar bilang bahwa kebijakan ini makes everybody happy. 
Got it. Back to Pak Edhy…
OK. Adapun beberapa barang bukti yang diamankan sama KPK terkait kasus Pak Edhy ini adalah berbagai barang mewah kayak jam tangan Rolex, tas LV, hingga sepeda. Disebut KPK bahwa Pak Edhy dan istrinya belanja barang-barang mewah ini pas lagi di Hawaii. KPK sendiri menyebut bahwa pihaknya udah mulai menyelidiki dugaan korupsi Pak Edhy sejak Agustus lalu.
I wonder what people say about this tho…
There are two parties that we want to hear from, at least. First, is the one who hires him, aka Istana, dan kedua tentunya Ketua Umum Partai Gerindra, Pak Prabowo Subianto. Nah kalo dari istana, Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian, bilang bahwa mereka belum bisa ngasih komentar apa-apa karena belum ada penjelasan resmi dari KPK (KPK baru konpers tadi malem banget guys jadi belum ada update lagi dari Istana). Sedangkan kalau Pak Prabowo, responsnya sama. Tunggu perkembangan dari KPK.

Who’s giving us more $$$? 

More like donation, and it’s World Bank aka Bank Dunia.

Donation for what? 
Program pemulihan hutan mangrove di Indonesia. Jadi kemarin, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, baru aja menyatakan bahwa Bank Dunia bakal ngasih donasi sebesar US$400 juta atau sekitar Rp5,58 triliun untuk program pemulihan hutan mangrove di Indonesia.
 
Nice.
Yep. Opung Luhut sih bilang bahwa donasi ini merupakan bentuk apresiasi dari Bank Dunia karena Pemerintah RI mau merestorasi 640 ribu hectare (Ha) hutan mangrove-nya selama empat tahun ke depan. Opung Luhut juga bilang bahwa potensi Indonesia terhadap carbon pricing itu gede banget.
What’s carbon pricing? 
Sesuai sama namanya, carbon pricing basically means harga karbon dioksida yang “dilepaskan” ke udara. Jadi kan kayak yang kamu tahu, salah satu faktor yang menyebabkan perubahan iklim adalah karena adanya emisi gas rumah kaca di udara sehingga membuat suhu bumi jadi naik.  Nah, salah satu komposisi utama dari emisi gas ini adalah karbon dioksida yang dihasilkan dari berbagai kegiatan industri (kayak pertambangan, oil & gas dll).
 
Go on…
Nah karena efeknya itu, kini banyak negara yang mulai menerapkan carbon pricing, di mana industri harus bayar pajak atas zat karbon yang dihasilkannya. Sebaliknya, jika suatu negara melakukan hal positif untuk untuk lingkungan, contohnya merestorasi hutan mangrove tadi, maka negara akan mendapat carbon kredit atau tabungan karbon.
I see….
Yep, menurut Opung Luhut, Indonesia punya 75-80 persen kredit karbon dunia karena kita punya banyak tropical rainforests, mangrove, terumbu karang, dan lainnya.  Mangrove di Indonesia aja ada 332 juta Ha lahan atau 48 persen dari total hutan mangrove di kawasan Asia, which is 20 persen dari total mangrove dunia. That’s about 3,31 juta hectare area mangrove, beserta 250 spesies mangrove-nya.
Got it. Anything else?
Dalam kesempatan yang sama, Opung Luhut juga menyebut bahwa dia nggak suka gembar-gembor pas kerja, makanya banyak yang mengira beliau nggak melakukan apapun dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca. Padahal, kata Opung Luhut, beliau mencontohkan salah satu hasil kerjanya adalah sungai Citarum di Jawa Barat yang dulunya sempet dikritik karena kotor banget, namun sekarang udah bersih. In his words, “Saya kasih tahu Bank Dunia kalau kami melakukan sesuatu, saya tidak suka banyak bicara, rencana ini itu, jelaskan ini itu untuk terlihat pintar tapi tak ada eksekusi.” Gitu guys.

Who sings ‘Fly Me to The Moon’? 

Frank Sinatra?
Him, but now also China. 
Gimana gimana.
Jadi kemarin, China baru aja nge-launch robot pesawat luar angkasanya dengan misi: membawa balik batu-batuan dari bulan balik ke bumi.  FYI gengs, ini adalah pertama kalinya China meluncurkan misi kayak gini dan dinilai banyak pihak sebagai langkah signifikan yang diambil sama negeri tirai bambu itu untuk nyusul negara-negara lain kayak AS, Eropa dan Rusia dalam ekspolrasi luar angkasa.
 
Whoaaa
Yep. Dan kalau misi ini berhasil, maka ini akan menjadi usaha pertama yang dilakukan oleh suatu negara sejak misi yang sama dilakukan oleh Uni Soviet pada 1976 lalu. Selain itu, kalo berhasil juga, China akan jadi negara ketiga di dunia yang punya sampel material dari Bulan, menyusul AS dan Uni Soviet.
Tell me more about the mission dong.
Iya jadi peluncuran robot luar angkasanya ini dilakukan pada Selasa (24/11) kemarin pukul  4.30 pagi waktu Beijing. Nah si robot ini berangkat dari Wenchang Space Launch Centre di Pulau Hainan, dan misinya sendiri  dinamakan Chang’e-5 mission. Adapun nama ini diambil dari nama Dewi Bulannya China.
Jadi maksud dan tujuannya apa nih main-main ke Bulan?
Yha tadi, untuk membawa balik batu-batuan dari bulan ke bumi. Batuan ini bakal berguna buat para peneliti yang ingin memahami tentang asal-usul dan pembentukan bulan. Harapannya, sampel yang diambil oleh si robot ini bisa membantu proses penelitian tersebut.
 
Got it. How long does it take to get there?
Well, according to the spokesperson, spacecraft-nya kemungkinan bakal landing di bulan dalam delapan hari ke depan.  Meanwhile, durasi misinya diperkirakan bakal berlangsung sekitar 23 hari. Jadi, ketika si spacecraft-nya udah mendarat di bulan, spacecraft-nya bakal melakukan penggalian di permukaan bulan untuk mendapatkan sampel minyak dan batuan di sana.
Got it. Terus?
Terus ya sampelnya bakal dibawa balik ke China dan mendarat di wilayah Mongolia China. Disebutkan juga bahwa tantangan terbesar dari misi ini adalah…yha semuanya. Dari mulai mendapatkan sampelnya dari bulan, terus cabs, terus balik lagi ke bumi, semua dalam proses yang berjalan cepet banget.

who’s just become the second richest person in the world?

Say hello to Elon Musk.
Yep, CEO-nya Tesla itu per Selasa kemarin baru aja resmi jadi orang kedua tertajir di dunia, setelah berhasil menggeser bosnya Microsoft, Bill Gates yang sebelumnya ada di posisi tersebut. Yep, Musk kini officially lebih tajir dari Gates (dan kita semua, tentunya), dan cuma dikalahin sama Jeff Bezos, bosnya Amazon yang kini bertengger di posisi satu sebagai orang tertajir di dunia. Jadi dalam Bloomberg Billionaires Index kemarin, disebutkan bahwa networth-nya Elon Musk adalah US$136 Milyar, jauh di atas Bill Gates dengan net worth sebesar US$129 Milyar.
FYI gengs, pundi-pundi harta kekayaan Musk ini emang langsung melejit tajam setelah pemerintahan Trump menyatakan bahwa mereka bakal memulai perpindahan kekuasaan kepada presiden terpilih Joe Biden yang dikenal sebagai salah satu pendukung clean energy (dan Tesla kan memproduksi mobil listrik yang somehow clean juga). Nah secara Musk punya 20 persen saham di Tesla dan 54 persen saham di SpaceX (yang merupakan perusahaan transportasi luar angkasa binaannya), harga saham atas perusahaan-perusahaan ini langsung naik, and so does Musk’s $$$.

“I knew, as I clutched my firstborn child, that I was losing my second.”
Gitu isi pengakuan mengejutkan dari aktris Meghan Markle yang merupakan istri dari Pangeran Harry ketika menyatakan pada publik bahwa dirinya baru aja mengalami keguguran sekitar Bulan Juli lalu. Dalam tulisan opininya di New York Times yang terbit kemarin, Meghan menjelaskan bahwa dia lagi mengganti popok anak pertamanya Archie, ketika keguguran terjadi. Dia juga menyebut bahwa keguguran adalah salah satu bentuk kesedihan yang dialami oleh banyak orang, tapi jarang dibahas.
 
🙁 🙁 🙁

Angel’s Stories

1. Hay CMU. Tahun 2020 ini memang tahun yang berat, khusus buat gue yang tahun ini alhamdulillah melahirkan anak pertama saat awal pandemi banget. Bawaannya stres, di awal pasca melahirkan makin rentan kena baby blues karena marah sama keadaan, sama orang-orang yang abai atau sama para penguasa yang dirasa kurang bijak dalam menangani pandemi ini. Tapi, kalau tiap pagi baca CMU, selain nambah ilmu, sungguh bener-bener bikin mood jadi sangat baik dan kayak tiap harinya selalu ada harapan baru gitu. Cuma mau berterima kasih karena udah menyediakan lapak Angel’s Story yang isinya – literally – hampir tiap hari selalu bawa positive vibes banget. Gak jarang gue yang baca aja sampe suka nahan air mata, karena ngerasa super happy tau di dunia ini masih banyak sekali orang baik yang masih mau peduli sesama huhuhu terima kasih juga untuk kalian yang sudah sharing cerita kebaikan yang sungguh nular dan secara gak langsung bawa dampak positif ke para pembaca yang pastinya bukan gue doang. Panjang umur hal-hal baik. Stay sane and positive, Guys. Kita bisa laluin ini kok. Insyaa Allah, aamiin.
-Ula’s Buna, Bekasi-
2. Kurang lebih dua minggu lagi aku akan selesai magang! *yey* Walaupun lingkungannya kurang menyenangkan, RASANYA HEPI BANGET BISA BERTAHAN DI TAHAP INI! Tau nggak mantra yang biasa aku gunain kalau ada disituasi yang tidak menyenangkan? Ini: “ini pasti akan lewat.” Simple, tapi punya power untuk nguatin aku di keadaan sulit. Hope it can help you, CMU readers! <3
-Anggun dari springwood-
3. Buat aku pemilihan kata itu penting banget karena aku selalu percaya kalau ucapan adalah doa. Seperti kata, “Gue cuma beban orang tua” atau “skripsi itu beban”. Mungkin sekilas memang oke-oke aja sama pemaknaan dari masing-masing orang yang mengucapkan, haknya. Tapi coba deh, tega ga sih kita menyebut diri kita jadi beban? Yuk, balik lagi sama penciptaan manusia itu. Tuhan menciptakan segalanya dengan baik. Maka, menurutku pemilihan kata “buruk” seperti itu sama saja mengolok-olok ciptaannya. Jadi, dibanding ambil kata beban, bagaimana kalau kita ubah jadi, “gue adalah berkah untuk ortu ku” atau “skripsi itu menantang”. Dibanding memilih kata sulit mending pakai kata yang lebih positif, dibanding “pasrah” gimana kalau diganti jadi “tawakal/ berserah diri sama Tuhan.” Tuhan itu maha baik, yang selalu ngasih yang terbaik dalam berbagai macam bentuknya. Semangat ya, coba deh kita revisi doa2/ucapan kita dan berkhusnudzon sama Tuhan.
-Tuti-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Been having terrible nightmares lately? This is probably why.