Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Dunia

15

When you’ve been singing “someday, I’ll be living in a big ‘ol city…”

Isn’t it Taylor Swift song?
Rite. But also, kalo selama ini kamu lagi mikir-mikir untuk cabs dari Indo (YHA siapa tau aja kan!) dan pindah ke big ‘ol city aka kota-kota besar lain di dunia, well, you miiiight want to check your wallet first…
 
Kenapa?
Karena amids the pandemic, lembaga riset yang namanya The Economist Intelligence Unit (EIU) justru baru aja merilis daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Riset ini dilakukan bulan Maret kemarin, pas Covid-19 lagi menyebar di seluruh dunia. Disebutkan juga bahwa tentunya hal ini bakal ngaruh sama hasil penelitiannya. Yhaa hasilnya bakal beda lah sama tahun-tahun sebelumnya.
 
Hah emang cara penelitiannya gimana?
Caranya adalah dengan membandingkan harga-harga dari 138 everyday items aka kebutuhan sehari-hari di 133 kota di seluruh dunia. Nah karena pandemi, nilai pertukaran mata uang juga nggak menentu, hingga menyebabkan ada beberapa komoditas yang harganya justru naik atau turun di beberapa kota.
 
Go on…
Selain itu, perubahan pada pola konsumsi masyarakat juga berubah. Misalnya, seiring dengan berlakunya stay-at-home order di berbagai negara, harga barang-barang elektronik jadi naik secara global. Sebaliknya, harga pakaian justru turun karena permintaan juga menurun drastis.
I see. Now take me to the cities.
The most expensive ones, you mean? OK.
1. Sama-sama mahal jadi posisi seri: Paris (Perancis), Hong Kong, Zurich (Swiss)
4. Singapura
5. Posisi sama juga, yakni Osaka (Jepang) dan Tel Aviv (Israel)
7. Jenewa (Swiss)
8. New York City (USA)
9. Copenhagen (Denmark)
10. Los Angeles (USA)
I thought Singapore was always on the top of the list…
True ‘dat. Until last year. Nah tahun ini, gara-gara pandemi, jadi banyak pekerja asing yang pulang ke negaranya masing-masing hingga bikin posisi Singapura menurun ke posisi empat. Selain itu, pulkamnya para pekerja asing ini juga bikin total populasi Singapura jadi turun drastis for the first time dalam 17 tahun terakhir.
How about the cheapest ones? I am cheap. 
Well, untuk 10 kota yang paling murah adalah: Damaskus (Suriah), Tashkent (Uzbekistan), Lusaka (Zambia), Caracas (Venezuela), Almaty (Kazakhstan), Karachi (Pakistan), Buenos Aires (Argentina), Algiers (Algeria) dan Bangalore serta Chennai, dua-duanya di India.
 
So, pindah ke mana guysss?