Jokowi Berlakukan 9 Desember 2020 Sebagai Libur Nasional

77

Who just added another holiday for Indonesians?

Pak Jokowi.

What holiday? 
Pilkada Serentak. Jadi kamu pasti tahu, bahwa tanggal 9 Desember nanti, berbagai daerah di Indonesia bakal menggelar Pilkada Serentak 2020. Nah, kayak pemilu-pemilu sebelumnya, pemerintah juga memberlakukan libur nasional buat kegiatan ini. In case you haven’t checked your calendar, tanggal 9 Desember itu hari Rabu ya guys.
Whoaaa jadi Rabu minggu depan libur nasional neh?
Yoyoy. Dalam keterangan dari Istana, keputusan ini emang dilakukan supaya warga bisa menggunakan hak pilihnya dalam menentukan siapa neh, pasangan gubernur, wali kota, maupun bupati yang akan dipilih untuk memimpin daerahnya selama lima tahun ke depan.
Got it. 
Yep. In case you need a refresher, jadi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini bakal dilakukan secara serentak dalam satu hari di 270 daerah pemilihan. Pilkada ini mencakup sekitar 100 jutaan lebih pemilih, jadi pastikan kamu terdaftar ya! Gimana caranya? Pertama, pastikan dulu bahwa daerahmu emang ada Pilkada. Cek di sini daftar daerahnya yuk!
 
Katanya Pilkada ini mau di-cancel gara-gara Covid-19?
Yha gajadiTapi yang pasti sih so far udah ada lebih dari 100 petugas KPU dan Bawaslu yang terinfeksi virus corona. However, we hooooope that the pandemic doesn’t stop you from exercising your fundamental rights. If your province/city is having Pilkada, and you’ve decided to vote (please?), jangan lupa praktikkan semua protokol kesehatan ya! KPU sendiri udah memastikan bahwa prosedur Hari-H pencoblosan nanti bakal memenuhi prokes kayak wajib pake masker, jaga jarak, hingga penggunaan tinta yang ditetes, nggak dicelup.