Joe Biden-Kamala Harris Menang Pemilu Presiden Amerika Serikat

18

Some fiiiinal updates from the US elections.

Yep, after a tiring and a nerve-wrecking counting tally (that feels like forever!) during the US Elections, America finally named its 46th President: Joe Biden and its vice president Kamala Harris. Here’s some important info you need to know.

  • Joe Biden- Kamala Harris dipastikan memenangkan Pemilu Amerika Serikat 2020 setelah memenangkan 20 electoral votes dari salah satu negara bagian yang ditunggu-tunggu banget hasil penghitungannya, Pennsylvania. Totalnya, Biden sejauh ini memiliki 290 EC, melebihi syarat untuk memenangkan pilpres AS yaitu 270 electoral votes.
  • Kalo dari itung-itungan one man one vote-nya, Biden dicoblos oleh lebih dari 74 juta penduduk, sedangkan Trump dicoblos oleh 70 juta pemilih. FYI gengs, dengan jasil ini ini, Biden jadi capres AS yang mendapatkan dukungan pemilih terbanyak sepanjang sejarah pemilu AS.
  • Biden jadi presiden AS kedua (dari 46) yang merupakan presiden berkepercayaan Katholik. Adapun presiden Katholik pertama AS adalah John F Kennedy yang menjabat di era 60-an. Meanwhile, Kamala Harris yang merupakan keturunan India dan African-American ini grown up di lingkungan yang interfaith, di mana ayahnya merupakan jemaat di Black Baptist Church, dan ibunya merupakan seorang Hindu.
  • Ga lama setelah dipastikan memenangkan Pilpres, Biden dan wakil presidennya Kamala Harris kemudian menyampaikan pidato kemenangannya di Chase Center, Delaware. Adapun para pendukung yang hadir langsung pada kesempatan tersebut dipastikan ber-social distancing dengan cara membunyikan klakson dari dalam mobilnya masing-masing. Setelah keduanya selesai speech, muncul pertunjukan drone yang berisi tulisan dukungan terhadap Biden-Harris, dan ditutup dengan lagu Sky Full of Stars-nya Coldplay. Hashek ugha.
  • Dalam pidato kemenangannya, Biden berjanji bahwa dia bakal memimpin sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan bekerja keras untuk seluruh warganya, termasuk mereka yang nggak mendukungnya dalam pemilu kali ini. Biden juga secara spesifik bilang kepada para pendukung Trump bahwa yhaa pasti berat banget sih jagoannya kalah, tapi gue juga kalah beberapa kali kok pas ikutan pemilu.
  • Biden juga menyatakan bahwa hal pertama yang jadi prioritasnya setelah jadi presiden nanti adalah memastikan penyebaran Covid-19 di Amerika Serikat bisa dikontrol. Biden berjanji bahwa pada Senin waktu setempat, dia akan mengumumkan tim peneliti dan ahli kesehatan yang akan membantu tim Biden-Harris menciptakan action plan untuk mengontrol Covid-19. Tim ini kemudian akan mulai bekerja setelah dirinya dilantik pada Januari tahun depan.
  • Para pemimpin dunia juga nggak lupa mengucapkan selamat atas kemenangan Biden-Harris. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa kemenangan ini merupakan momen bersejarah, dan beliau siap kerja sama dengan AS khususnya di bidang-bidang yang jadi prioritas utama kedua negara, kayak climate change, perdagangan, dan keamanan.
  • Terus, Pak Jokowi udah ngucapin selamat belum? Udah gengs. Dalam postingan IG-nya tadi malam, Pak Jokowi mengucapkan selamat pada Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilu yang bersejarah ini. Also, in his words:  “Semoga kita segera bisa bekerja sama dalam rangka memperkuat hubungan Indonesia dan Amerika Serikat di sektor ekonomi, demokrasi dan multilateralisme, untuk kemaslahatan rakyat Indonesia dan Amerika Serikat.”
  • Terkait kemenangan mantan wapresnya ini, Presiden Barack Obama bilang bahwa dia bangga banget sama Biden. Dalam keterangan resminya, Obama bilang bahwa Biden “got what it takes” untuk menjadi presiden yang bakal menghadapi berbagai tantangan berat ketika nantinya menjabat, kayak pandemi Covid-19, ketimpangan ekonomi, demokrasi yang terancam, hingga climate change.
  • Terus, how’s Trump doing? Well, ga lama setelah Biden dipastikan menang, Trump keliatan lagi main golf di Virginia. Dalam kesempatan itu, Trump keliatan pake topi yang bertuliskan Make America Great Again.
  • Orang-orang dekatnya Trump sih bilang bahwa kayaknya Trump ga akan mengakui hasil pemilu di waktu dekat ini. Dalam keterangannya beberapa saat sebelum Biden dinyatakan sebagai pemenang, tim pemenangan Trump merilis pernyataan yang menyebut bahwa, “Faktanya, pemilu ini belum selesai. Joe Biden belum dipastikan memenangkan negara bagian manapun, apalagi negara bagian yang harus diitung ulang.”
  • So, where are we going from here? Yang pasti masing-masing negara bagian bakal mulai ngumpulin dan meresmikan hasil pemilunya sejak minggu ini sampe Desember mendatang. Abis itu, akan ada pelantikan Kongres pada 3 Januari tahun depan, dan Biden-Harris akan dilantik pada 20 Januarinya.