Indonesia Mengalami Resesi Ekonomi Pertama Kali Setelah Krisis Tahun 1998

14

For when we finally fell into recession…

Yep guys, not so good news: Indonesia saat ini udah resmi mengalami resesi (Baca: ekonominya nggak numbuh). Ini adalah pertama kalinya kita mengalami resesi setelah krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998.
 
What seriously???
Yes.  Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), GDP (Gross domestic product) Indonesia turun jadi 3,49 persen di bulan July-September kemarin.  Angkanya lebih banyak dari perkiraan awal, yang memprediksi penurunan sekitar 3 persen Terus, ekonomi Indonesia juga menurun 5,32 persen year-on-year di kuartal kedua.
 
Tell me more…
Selain itu, kalo diliat dari laju pertumbuhan ekonomi, hanya konsumsi pemerintah yang berada di jalur positif, yaitu 9,76 persen. Adapun konsumsi rumah tangga minus 4,04 persen, investasi minus 6,48 persen, ekspor minus 10,82 persen, impor minus 21,86 persen, dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) minus 2,21 persen.
 
OMG…
Masih lanjut guys. Dengan adanya resesi ini, gelombang PHK aka pemutusan hubungan kerja juga mulai terjadi di mana-mana. Berbagai PHK ini dialami oleh pabrik-pabrik, hingga perusahaan jasa servis.
 
Terus gimana?
Kayak yang kita udah tahu, selama ini sih Pak Jokowi udah sering meminta menteri-menterinya untuk mempercepat belanja negara sampai akhir tahun ini, dan bikin rencana project-project yang bakal ningkatin tingkat belanja di awal tahun 2021 nanti. Namun yhaa kebijakan sosial distancing yang diperketat, especially di Jakarta, yang memperlambat pemulihan ekonominya.