Habib Rizieq Shihab Pulang Ke Tanah Air Disambut Puluhan Ribu Warga Di Bandara

102

who’s finally singing “I am coming back home…”?

You’ve heard it: Habib Rizieq Shihab, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI).

Oh yea I know.
Right. Jadi kemarin, Habib Rizieq akhirnya pulang ke tanah air setelah tinggal di Arab Saudi selama 3,5 tahun. Untuk menjemput kepulangan beliau, puluhan ribu warga datang ke Bandara Soekarno-Hatta hingga menyebabkan lalu lintas di sekitar lokasi menjadi lumpuh.
I am gonna need a background.
Got it. Jadi Rizieq Shihab ini tinggal di Arab Saudi sejak tahun 2017. Sebelum kepindahannya itu, beliau dikenal sebagai pemimpin FPI yang kerap melakukan berbagai aksi kayak sweeping berbagai tempat hiburan, sampai kegiatan bantuan untuk korban bencana. Pokoknya di bawah Habib Rizieq, kiprah FPI semakin dikenal.
 
Go on…
Nah di tahun 2017 itu, Rizieq kemudian tersangkut beberapa kasus hukum, di antaranya terkait isu chat tidak senonoh dan laporan dari Sukmawati Soekarnoputri atas dugaan penghinaan atas Pancasila. FYI guys pada saat ini, semua kasus tadi sudah dihentikan prosesnya dan status tersangkanya pun gugur.
And then…
Ya kemudian beliau bertolak ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umroh. Dalam keterangannya dari tanah suci, Habib Rizieq menyebut bahwa telah terjadi pencekalan terhadap dirinya yang dilakukan atas permintaan pemerintah Indonesia. Padahal beliau sendiri udah pengen pulang ke Tanah Air. Setelah melalui berbagai proses, akhirnya kemarin beliau menginjakkan kaki di Soetta.
 
Whoaaaa…
Yep, sesampainya di bandara, Habib Rizieq kemudian menyapa para pendukungnya yang udah membanjiri bandara sejak subuh. Iring-iringan ini kemudian lanjut ke Petamburan, Jakarta, yang merupakan lokasi kantor FPI.
 
Well, did he say anything though?
Yep, a couple things. Misalnya, beliau menyebut bahwa kepulangannya ke Indonesia adalah untuk berkumpul kembali dengan umat Islam di Tanah Air. Selain itu, Habib Rizieq juga menyerukan “revolusi akhlak” untuk menyelamatkan NKRI. Selanjutnya secara lagi Covid-19, beliau juga mendoakan supaya wabah ini segera diangkat dari Indonesia.
I heard there are some flight delays tho…
That’s true. Dari keterangan Airnav Indonesia, diketahui ada puluhan penerbangan yang terdampak oleh keramaian yang disebabkan para penjemput tadi. Selain itu, lumpuhnya lalu lintas di sekitar bandara juga bikin para pilot, pramugari hingga para penumpang datang terlambat ke bandara. Karenanya kemarin, tercatat sekitar 27 penerbangan meminta penundaan waktu terbang hingga mundur 1-2 jam.
Yha terus gimana?
Well terkait kondisi ini, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif minta maaf atas proses penjemputan Habib Rizieq yang bikin macet. Slamet menyebut, dia nggak nyangka bahwa jumlah massa yang akan datang ke bandara untuk menjemput Habib Rizieq akan sebanyak kemarin. In his words: “Kami mohon maaf lahir batin kepada pihak-pihak yang merasa terganggu atas penjemputan oleh umat kepada Habib Rizieq, mungkin terlambat ke bandaranya”. Gitu.