Habib Rizieq Shihab Pulang Ke Tanah Air Disambut Puluhan Ribu Warga Di Bandara, Perusahaan Farmasi Amerika Pfizer Claim Temukan Vaksin Covid-19, Tahun 2021 Diperkirakan Peredaran Drama Korea Akan Berkurang, Covid-19 Dapat Menyebabkan Gangguan Mental dan Depresi.

20

Good morning,

Welcome back to Wednesday. A day that feels…so…far away from the weekend. But hey, things have been allllmost the same for the past eight months, so we hope that you can find any small enjoyment and happiness within your stay-at-home routine. Remember, don’t be too hard on yourself. See you again tomorrow.

who’s finally singing “I am coming back home…”?

You’ve heard it: Habib Rizieq Shihab, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI).

 
Oh yea I know.
Right. Jadi kemarin, Habib Rizieq akhirnya pulang ke tanah air setelah tinggal di Arab Saudi selama 3,5 tahun. Untuk menjemput kepulangan beliau, puluhan ribu warga datang ke Bandara Soekarno-Hatta hingga menyebabkan lalu lintas di sekitar lokasi menjadi lumpuh.
I am gonna need a background.
Got it. Jadi Rizieq Shihab ini tinggal di Arab Saudi sejak tahun 2017. Sebelum kepindahannya itu, beliau dikenal sebagai pemimpin FPI yang kerap melakukan berbagai aksi kayak sweeping berbagai tempat hiburan, sampai kegiatan bantuan untuk korban bencana. Pokoknya di bawah Habib Rizieq, kiprah FPI semakin dikenal.
 
Go on…
Nah di tahun 2017 itu, Rizieq kemudian tersangkut beberapa kasus hukum, di antaranya terkait isu chat tidak senonoh dan laporan dari Sukmawati Soekarnoputri atas dugaan penghinaan atas Pancasila. FYI guys pada saat ini, semua kasus tadi sudah dihentikan prosesnya dan status tersangkanya pun gugur.
And then…
Ya kemudian beliau bertolak ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah Umroh. Dalam keterangannya dari tanah suci, Habib Rizieq menyebut bahwa telah terjadi pencekalan terhadap dirinya yang dilakukan atas permintaan pemerintah Indonesia. Padahal beliau sendiri udah pengen pulang ke Tanah Air. Setelah melalui berbagai proses, akhirnya kemarin beliau menginjakkan kaki di Soetta.
 
Whoaaaa…
Yep, sesampainya di bandara, Habib Rizieq kemudian menyapa para pendukungnya yang udah membanjiri bandara sejak subuh. Iring-iringan ini kemudian lanjut ke Petamburan, Jakarta, yang merupakan lokasi kantor FPI.
 
Well, did he say anything though?
Yep, a couple things. Misalnya, beliau menyebut bahwa kepulangannya ke Indonesia adalah untuk berkumpul kembali dengan umat Islam di Tanah Air. Selain itu, Habib Rizieq juga menyerukan “revolusi akhlak” untuk menyelamatkan NKRI. Selanjutnya secara lagi Covid-19, beliau juga mendoakan supaya wabah ini segera diangkat dari Indonesia.
I heard there are some flight delays tho…
That’s true. Dari keterangan Airnav Indonesia, diketahui ada puluhan penerbangan yang terdampak oleh keramaian yang disebabkan para penjemput tadi. Selain itu, lumpuhnya lalu lintas di sekitar bandara juga bikin para pilot, pramugari hingga para penumpang datang terlambat ke bandara. Karenanya kemarin, tercatat sekitar 27 penerbangan meminta penundaan waktu terbang hingga mundur 1-2 jam.
Yha terus gimana?
Well terkait kondisi ini, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif minta maaf atas proses penjemputan Habib Rizieq yang bikin macet. Slamet menyebut, dia nggak nyangka bahwa jumlah massa yang akan datang ke bandara untuk menjemput Habib Rizieq akan sebanyak kemarin. In his words: “Kami mohon maaf lahir batin kepada pihak-pihak yang merasa terganggu atas penjemputan oleh umat kepada Habib Rizieq, mungkin terlambat ke bandaranya”. Gitu.

For when there’s finally some good news on Covid-19…

WHAT WHAT WHAT? TELL ME!
OK. Jadi sebuah perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, namanya Pfizer yang berkolaborasi sama perusahaan serupa asal Jerman, namanya BioNTech Hari Senin kemarin baru saja merilis kabar gembira.
 
Drum roll please….
Well, they have developed the Covid-19 vaccine that’s more than 90% effective. Dalam keterangannya, Pfizer menyebut bahwa vaksin covid-19 yang mereka kembangkan ini efektif menangkal virus Covid-19 hingga lebih dari 90 persen tanpa adanya efek samping yang berbahaya.
 
Whoaaa really?
Yep, jadi dalam prosesnya, kandidat vaksin ini diujicobakan pada sekitar 43.500 orang di enam negara, yaitu AS, Jerman, Brazil, Argentina, Afrika Selatan dan Turki. Hasilnya, sejauh ini nggak ditemukan efek samping yang berbahaya. Terkait hasil ini, Pfizer berencana untuk meminta persetujuan darurat dari otoritas yang berwenang aka FDA (The US Food and Drug Administration) supaya vaksin bisa dipake di akhir bulan ini.
 
Wait, tell me more about the vaccine!
Jadi vaksinnya itu memiliki tingkat keampuhan lebih tinggi dari 90% setelah penggunaannya yang kedua kali. Vaksinnya sendiri emang perlu digunakan dua kali untuk bisa bekerja secara efektif. Totalnya, dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk vaksin bekerja setelah pertama kali disuntikkan.
So, where are going we from here?
Yha tentunya Pfizer masih melanjutkan ujicobanya untuk membuktikan bahwa vaksin ini aman ke FDA. Kalo sesuai timeline sih, di minggu ketiga bulan ini harusnya udah ada keputusan dari FDA. Nah, kalo emang terbukti aman, FDA akan memberikan izin darurat supaya vaksinnya bisa mulai digunakan. FDA sendiri menyatakan bahwa untuk bisa meng-approve penggunaan vaksin Covid-19 ini, dibutuhkan seenggaknya tingkat keefektifan sebesar 50%.
 
I am soooo happy to hear that!
Same. Nah fyi guys, karena tingkat efektivitasnya yang tinggi ini, Pfizer udah optimis banget dengan prospek produknya dan udah mengumumkan terkait rencana ketersediaan vaksin ini secara massal. CEO Pfizer Albert Bourla menyebut bahwa pada tahun ini, perusahaan akan mulai memproduksi sebanyak 50 juta dosis secara global, sedangkan untuk tahun depan, angkanya mencapai 1,3 milyar dosis.
This is real cool. So who will get the vaccine?
Yang pasti prioritas utama akan diberikan pada para tenaga kesehatan, secara mereka yang paling berisiko terinfeksi Covid-19. Selain itu juga prioritas akan diberikan pada orang tua dan mereka yang udah punya penyakit bawaan. Sedangkan anak muda yang sehat dan berusia di bawah 50 tahun diprediksi bakal paling terakhir dapet vaksinnya.
Ok, anything else? 
Yes.  Ada beberapa hal yang belum diketahui terkait vaksin ini guys, misalnya, apakah vaksinnya bakal mampu menghentikan penyebaran virus, atau hanya mencegah timbulnya gejala-gejala aja.  Terus, belum diketahui juga berapa lama vaksin ini bisa bertahan melindungi tubuh sebelum seseorang berisiko tertular kembali.

For when you’ve been enjoying watching K-Drama…

Not so good news for you.
Karena menurut itungannya sih, jumlah Drakor aka Drama Korea yang akan beredar pada tahun 2021 akan berkurang.
 
HAH kenapaaa?
Yha Covid-19. Jadi karena adanya pandemi ini, kegiatan produksi Drama Korea jadi tersendat. Selain itu, karena pandeminya masih berjalan, proses produksi Drakor juga jadi makin mahal dan sulit dilakukan.
Sengaruh itu ya?
Yep. Jadi just to give you a context, Lembaga penyiaran publik yang nggak punya studio produksi sendiri, kayak KBS dan MBC, diperkirakan bakal cuma punya 10 drama tahun depan. Angka ini tentunya terbilang kecil, secara pada tahun 2019, rata-rata ada 12 drama yang ditayangkan di 10 saluran televisi Korsel.
I see…
Nah jadi emang guys, di pertengahan tahun ini, banyak studio televisi dan penyiaran yang menunda produksi sejumlah drama dan acara lainnya. Hal ini tentunya disebabkan oleh pengetatan peraturan pemerintah terkait kewajiban social distancing di tengah pandemi covid-19.
So…just covid?
Nggak juga sih. Menurut pengamat budaya Korsel Kim Heon-shik, jumlah Drakor di televisi lokal juga berkurang karena banyak penonton yang udah mulai berpaling ke layanan streaming dan YouTube untuk nyari alternatif tontonan baru. Layanan streaming juga lebih menarik karena bisa disaksikan sama para penonton di banyak negara lain.
 
Got it. Anything else?
Masih soal Korea-Koreaan, seiring dengan penurunan drastis wisatawan yang berkunjung ke negeri ginseng tersebut, maskapai penerbangan Korean Air juga baru-baru ini mengumumkan laporan keuangannya yang mengalami rugi bersih sebesar 385,93 miliar won atau setara US$342 juta. Angka ini menunjukkan turunnya pendapatan Korean Air sebanyak 52,8 persen pada tahun 2020, thanks to the pandemic.

For when you need more reasons to stay at home…

Karena yhaaa jangan sampe kamu kena Covid-19 gengs.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford menunjukkan bahwa satu dari lima orang yang pernah kena Covid-19 (meaning, udah sembuh) mengalami berbagai gangguan mental kayak gangguan kecemasan, depresi, hingga insomnia. Adapun gangguan-gangguan ini rata-rata mulai muncul dalam jangka waktu tiga bulan sejak para pasien ini didiagnosis positif Covid-19. Menariknya, data lebih jauh menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah mengidap gangguan mental sebelumnya memiliki kemungkinan 65% lebih besar terinfeksi Covid-19 dibanding yang mentalnya baik-baik aja.
Lebih jauh lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang dari latar belakang sosial ekonomi yang lemah akan lebih berpeluang tertular virus Covid-19. Hal ini karena mereka juga lebih rawan terkena gangguan kesehatan mental, yang ditambah dengan risiko tertular Covid-19 karena tempat tinggal yang berimpitan dan lingkungan kerja yang nggak memungkinkan kelompok ini untuk ber-social distancing.

“Nikah-nikah, pesta-pesta, diundang pula saya. Inilah repotnya.”
Gitu kata Gubernur Sumatra Utara Edy Rachmayadi pas curhat soal warganya di Sumut yang masih susah diatur kala pandemi covid-19 saat ini. Pak Edy bilang, warganya masih banyak yang menggelar pesta di kala pandemi, dan banyak di antara pesta-pesta itu yang nggak mempraktikkan social distancing. 
 
Now you know who’s more dilemmatic about a wedding invititation than you…

Angel’s Stories

1. Dear, ‘A Hustler-Tangsel’I feel you, kehilangan temen sefrekuensi di kantor itu ternyata ngaruh ke mood. Walau junior gue resign duluan dan kerja beberapa bulan tapi gue ngerasa hampa aja karena dia temen sesama single. Saat itu gue ambil positif dan nyari peluang aja. Eh taunya gue (anak rantau) dimudahkan pulang ke rumah long weekend kemarin, bisa kumpul keluarga. Emang di balik kepergian orang itu selalu ada hal baik yang terjadi kok. Semoga lo segera ngerasain hal yang sama yaa.
-A fighter-South Jakarta-
2. Aku mau terima kasih kepada “my internet best friend“, yang udah ngasi aku kado di ultahku bulan lalu. Padahal sebelumnya kamu udah buat playlist di Spotify khusus untuk aku sebagai kado ultahku. Gitu aja aslinya aku udah seneng banget. Kamu jadi teman ngobrolku selama ini aja tuh, udah buat aku merasa cukup banget. Makasiiiiiiih banget. Mungkin kamu capek liat aku bilang makasih mulu ke kamu, ya udah aku nyampaikannya di sini aja biar semua orang tahu YOU ARE SUCH AN ANGEL❤️ Kalau kamu dulu enggak say hello to me lewat DM di Twitter, mungkin aku gabakal merasa sehidup ini sekarang. Mungkin aku masih merasa sendiri dan kesepian. Mungkin aku ga bakal tahu mau minta rekomendasi film/series Netflix ke siapa. Pokoknya makasih banyak udah mau jadi teman mgobrolku. Semoga suatu saat kita beneran bisa ketemu, ya. Terus, terima kasih banyak untuk teman-teman SMP-ku yang sampe sekarang masih temenan. Udah ngasi surprise beberapa hari setelah hari ultahku. Kalian udah repot-repot buat kue ultah hanya untuk aku. Makasiiih bangett udah memperlakukan aku seperti itu. Kalau aku ga temenan sama kalian, mungkin di kota kecil ini aku benar-benar ga punya teman. Mungkin temanku cuma adikku aja. Makasih banyak udah jadi teman yg selalu bikin aku ketawa bahkan sama typing kalian di grup❤️Lalu yang terakhir, makasih untuk adikku yang udah dengerin keluh kesahku selama di rumah. Jujur aku legaaaaa banget udah numpahin semuanya ke kamu. Kamu hebat banget bisa setabah itu. Bahkan kamu bisa enggak nangis pas aku nangis sesenggukan di depan kamu. Makasih udah lebih dewasa dan bijak. Sebenarnya masalah yang kamu hadapi di dunia ini tuh lebih berat dari yang aku alami. Tapi, ga tau kenapa aku yang lebih lemah dari kamu. Aku yang rapuh banget dan lebih childish dari kamu. Pokoknya makasih banyak❤️.Di saat masa-masa terberatku bulan lalu, mereka ada untukku. They’re the most beautiful, kind, sweetest angels I’ve ever found in my life. Your compassion and kindness amaze me. Thank you for being good friends to me, for being a place to talk about everything, thank you for loving me. Y’all deserve the best day today & always❤❤❤
-Kuriyama Mirai-
3. Jaadi, aku baru aja pulang ke rumah ortu setelah berbulan-bulan di kota perantauan. Meski dua minggu aja, tapi rasanya bener-bener bisa refresh myself! Karena selama ini mumet banget, kesepian juga dan teman-teman sibuk kerja. Sekarang aku udah balik lagi untuk lanjutin kuliah, yang mana lagi periode terseram untukku… skripsi 🙂 Soalnya pas TA D3 dulu aku udah suicidal, thank God I’m still alive until now. Tapi jujur, aku takut skripsi S1 kali ini bakal suicidal lagi 🙁 I don’t wanna meet those dark days anymore, tho…For everyone, please keep healthy! 🙂
-Aceline-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Aiming for a flat belly before 2020 ends? These are how.