Friday Pause: A sky full of stars..

14

Hello, welcome back to Friday.

A.K.A our favorite time of the week. The day when you can spend the afternoon all you like: cooking dinners, reading books, catching up *virtually* with friends, orrr sleep earlier. As usual, no news today. Only fun memes and recs and tips. Enjoy.

For the love of Meme: Not feeling like adulting…


For when you’ve been binge-eating when feeling overwhelmed…

Same.

Eating a whole box of chocolate when you’ve just gone through a breakup is great, but do you know that it can aaaalso make you feel guilty instantly?

 
I know….
Rite. Karena emang menurut ahli eating disorder Signe Darpinian, makan makanan yang kita suka bisa membuat kita merasa lebih baik, apa lagi kalau kita lagi mengalami gangguan kecemasan atau yha lagi bad mood aja. Tapi the thing is, emotional eating, as we call it, malah bikin kita merasa bersalah dan hanya memberikan ketenangan sekilas. Ujung-ujungnya kita malah nggak ngontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh, terus energi malah jadi lemas, kembung, begah, daaaan….bikin kamu makin bad mood.
 
Yha terus gimanaaa?
Ga gimana-gimana. First of all, kamu harus menyadari bahwa makan makanan kesukaanmu itu gpp asal nggak berlebihan. Selain itu, ada beberapa cara untuk ‘ngakalin’ makan kamu supaya nggak bikin kamu terlalu guilty. Here it goes….
  • Create a limit:  Yep, boleh kok makan es krim, coklat, cookies, chips, asal nggak banyak banget aja. You can say this to yourself when eating, “Iya ini enak banget, tapi aku nggak bakal makan ini sampai begah dan sakit.” What you shouldn’t say to yourself: one more, one more, one more….eh abis satu toples wqwqwqwq *tossss*
  • Porsiin jumlah takaran snack kamu:  Kalau kamu susah berenti makan pas udah dimulai, ada cara yang bisa kamu lakukan supaya makannya nggak kebanyakan. Yaitu, simpan snack-nya dalam porsi kecil-kecil.  Misalnya, taro chips kamu di toples yang paling kecil, atau piring saji yang super kecil. That way, you can control yourself.
  • Pilih makanan dari tumbuhan:  Plant-based diet is way healthier than meat. Coba cari resep untuk bikin makanan kesukaanmu dengan tumbuhan, instead of meat.  For example, kalau bikin mie ayam, ayamnya diganti pake jamur, terus sayurnya dibanyakin. Terus, kalau mau bakso, coba dagingnya diganti jadi tahu, jadi literally bikin bakso yang dibuat dari tahu and so on. Yep, guys. We’re in this together.
  • Upgrade your food:  Coba tambahin nutrisi ke masakan kesukaanmu.  For example, kalau kamu suka coklat, coba bikin chocolate fondue terus dimakannya pake buah (just melt the chocolate).  Atau kalau lagi pengen bikin pasta, kamu bisa memilih opsi saus yang lebih sehat dan nggak pake susu, cheese atau butter. Beberapa pilihan saus yang bisa kamu jadikan alternatif adalaah tomato sauce, pesto sauce atau favorit kita semua…. ahlio ohlio! 
  • Makan snack yang ‘keras’: Beneran guizzz, jadi ternyata makan makanan yang keras bisa bikin kita ‘busy’ ketika lagi stres. Makanya, coba deh pas lagi stress, kamu cari makanan yang rendah kalori tapi keras untuk dikunyah kayak wortel, apel, bengkuang, ubi muda, atau sayur-sayuran yang bisa dimakan pake saus yang kamu suka (yah jadi pengen ngerujak deh…)
  • Make time for tea:  Yes, sebelum mulai binge eating, kamu juga bisa mengalihkan fokusmu ke minum teh. Hal ini karena ternyata ngeteh bisa bikin nafsu makan kita hilang gengs. Apalagi kalau minum teh hijau (not that matcha latte!), but warm green tea kayak yang biasa kamu minum di restoran sushi. Hal ini karena teh hijau mengandung kafein yang rendah dan banyak antioksidan (EGCG) sehingga selain bisa menurunkan kadar stress, green tea juga bisa bikin kita tenang.
Yuk bisa yuuuk….


Hello, it’s your weekly quarantips speaking…

Welcome back, welcome back. Here, we have recommendations for you to spend your weekend with. From movie, books, series, podcast…it’s from you, to you!

But before…
We loooove to point out that just like our country, these quarantips are exercising democracy: Oleh kamu, dari kamu, untuk kamu. Karenanya kalo kamu punya apapun (literally anything! books, movies, recipes, podcasts, pokoknya apa aja!) yang kamu pengen rekomendasikan, just shoot it out here. Ditunggu yha..

  • Kalo kalian gabut dan pengen ngisi waktu kosong sambil nambah informasi bisa banget di cek channel YouTube Johnny Harris. Dia banyak banget bahas tentang geo politik since dia dulu creatornya Vox Borders dan karena Vox Borders got cancelled due to pandemic, dia jadi sering upload di channel dia sendiri dan recently juga bikin video sama New York Times. Selain bahas geo politik dengan peta-petanya dia juga bahas beberapa hal lainnya kok kaya dyslexia yang dia alami dan how he hates breakfastThank you. (@dheaaml)
  • “Better Days” by SuperM is such a healing song, even WHO use this song as part of their “Mental Health” event & campaign. (anonymous)
  • Untuk kamu yang lagi down dan ingin mengeluarkannya lewat menangis aku mau rekomen lagunya Seventeen yang smile flowerus again, hug, dan pin wheel (you can also check their other songs). Meskipun ngga tau lirik dan artinya itu bisa buat aku menitikkan air mata dengan deras. Kalau butuh untuk menaikkan spirit coba dengerin yang Run to You. Mereka di YouTube punya 3 playlist dari melow-upbeat-happy juga. And last is their variety show called going seventeen. Orang yang ngga pernah tau mereka pasti bakalan suka hehehe dijamin asik banget dengan keramean mereka untuk membawa keceriaan di harimu! (@leonitakusuma)
  • Hi, CMU! Aku mau merekomendasikan akun Instagram untuk pembaca CMU yang tahun depan jadi MABA, nih! Langsung kepoin aja IG : @ayokitakuliah . Di sana banyak banget pembahasan soal buat UTBK dan ada grup telegramnya juga (biasanya diisi sama sesi kuis + zoom meeting)! Bantu up ya, hihi. Btw, aku juga salah satu peserta di sana dan udah ngerasa banget akun ini tuh ngebantu aku utk persiapan UTBK! Semangat untuk pejuang PTN 2021! (Camaba 2021).
  • Thanksgiving is in a few weeks, so why don’t you get ready with some Thanksgiving movie lists? Turkey with a side of binge-watching? Yes pleaseee….. (us!)
  • This full body workout will reallllly burn more calories. Burn baby burn! (us!)
  • Buat yang pengen menikmati drama-drama ringan dan pendek, ngintip aja situs trueid.id. Terutama drama Jepang dari seri Love Letters from Fukuoka. Recommended yang judulnya “Meg and Ai Kun”, “Love Beyond Borders”, “Blind Happiness”, dan “My Teacher & the Nerd Me”. Kalau drakor, sepanjang yang sudah saya tonton di situ, saya rekomendasiin “Instant Romance” sama (paling suka sama ini nih, adem banget penceritaan dan scene-scene-nya) “Yeo Jeong’s Journey”. Tentunya legal dan gratis!

Quote of the day:
 
 “The important thing is to not stop questioning. Curiosity has its own reason for existing.”
 
Albert Einstein

Angel’s Stories

1. Jadi, di tahun ini aku udah kehilangan empat orang terdekat aku. Rasanya nyeri banget, belum sembuh luka yang satu, udah ditinggalin lagi. Rasa mengerikan yang terjadi berulang. Di kondisi aku masih struggle sama diri buat nerima keadaan, aku dapet email kalau aku belum beruntung buat lolos ke kerjaan baru. Rasanya double-double sedihnya, mau nyerah aja. Tapi, satu-satunya sahabat aku yang biasanya dia cuek, tiba-tiba ngasih aku pencerahan biar punya positive minds. Mungkin kata-katanya biasa aja, tapi ajaibnya bisa mutarbalikan semangat aku jadi balik lagi 🙂 Thank you for being there and putting up with my countless dramas, dude! I wuf you 💙 Buat yang belum beruntung dapat hal yang dimau, tetep semangat yuk? Gagal itu biasa, gak apa-apa, yang penting usaha dulu. Let God do the rest, hehe. Let’s walk on flower path togetheeer! 🥰

-Ale, longing for home-
2. Aku punya dua sahabat yang baiknya kadang sampe buat aku mikir: Do I deserve this beautiful soul? Mau jam berapa pun curhat, pasti siap sedia buat dengerin. Gak dengerin doang tapi juga direspon dengan baik. Bahkan kaya sekarang ini, di mana aku lagi down banget karena dunia per-skripsi-an yang bikin mumet ini. They always support me with their own way. Intinya, I’m so blessed to have you guys! Semoga kalian selalu dikelilingi oleh hal-hal baik, ya! Maaf kalau aku banyak sambat dan ngerepotin kalian. Btw, sahabatku ini baru ulang tahun 4 November kemarin dan satunya lagi baru mau ulang tahun 13 November besok. Hihi, happy birthday & love you guys!
-SDLR-
3. When being lucky means opportunity and skills meet at the right time, I really mean it. Aku lagi nunggu wisuda dan melamar di beberapa tempat kerja, tapi hasilnya, well, engga jelas. Kemudian aku ikut satu kelas gitu dan mentornya ngebolehin kita “main” di sana. Jadi sambil nunggu sesuatu yang engga jelas, aku ngisi waktu dengan bantu-bantu di tempat kerja itu. Kemudian dekat-dekat ini aku ditawarin internship bergaji *crying emoticon*. Masalahnya intership-ku yang dulu malah aku yang keluar uang, sekarang aku merasa terbantu banget dengan program ini. Makasih mentorku yang super baik dan lingkungan kerja yang supportive, aku merasa dapet keluarga baru!
-your youngest crew.-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)