Covid-19 Semakin Parah: Angka Kematian Tenaga Kesehatan Meningkat

9
For when you need another reason to just stay. at. home.

Iya guys, plz kalo ga essential jangan keluar-keluar rumah dulu ya. Karena Covid-19 is still happening, and here’s the newest updates: our healthcare warriors are experiencing burnout.
 
What? really? 
Of course, tenaga medis juga kan manusia guys. Jadi dalam keterangannya di awal minggu ini, Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh. Adib Khumaidi menyebut bahwa saat ini, udah 85% dari tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang mengalami gejala burnout dan depresi. Alasannya? Covid-19.
 
How come?
Yha secara mereka tiap hari berhadapan dengan kasus Covid-19, maka para nakes ini mengalami burnout aka kelelahan hebat. Selain itu, penanganan Covid-19 juga menguras tenaga dan nggak diketahui kapan akan berakhir.
Now I understand…
Good. Selain itu guys, masih kata dr. Adib, para nakes juga resiko tertular Covid-19nya lebih besar, secara mereka berhadapan langsung dengan pandemi ini. Selain itu kalo diliat dari angkanya, hingga 10 November lalu, jumlah kematian dokter udah mencapai 159 dokter dan 114 perawat. Selain itu, kasus kematian ini nggak hanya terjadi di rumah sakit rujukan Covid-19, melainkan juga fasilitas kesehatan lain.
Anything we could do? 
Yep, as simple as menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin 3M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak. Selain itu kalo nggak penting, nggak usah kumpul-kumpul dulu. Hal ini karena menurut dr. Adib, rekan-rekan nakesnya kerap mengeluhkan kabar soal pelanggaran protokol kesehatan yang kerap terjadi.
 
Ok, will do… 
That’s the spirit! Tambahan lagi guys, Dokter Konsultan di Wisma Atlet, Dokter Andi Khomeini Haruni juga menyebut bahwa masyarakat harusnya lebih considerate sama para nakes kalo mau keluar-keluar. Hal ini karena faktanya, tiap abis libur panjang, angka kasus selalu kembali naik. Yhaa contohnya pas sebelum lebaran kemarin, Tower 4 Wisma Atlet udah sempet kosong, tapi minggu lalu, angkanya naik lagi…