Corona Updates 9 November 2020

489

First things first, your Covid-19 briefing

While our focus has been shifted to so many directions lately, but Monday is for your Covid-19 briefing. As always, let’s start…
 
Nationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 437.716 kasus, dengan rincian 14.614 meninggal (3,3% dari Terkonfirmasi), dan 368.298 (84,1% dari yang terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (107.846 kasus), Jawa Timur (53.274 kasus), Jawa Barat (37.402 kasus), Jawa Tengah (35.071 kasus), dan Sulawesi Selatan (18.399 kasus).

  • Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di ibu kota hingga selama 14 hari. Perpanjangan PSBB Transisi berlaku mulai 9 November hingga 22 November mendatang.
  • Kenapa PSBB transisinya lanjut? Karena menurut Pemprov DKI, Selama 14 hari terakhir ini ada penurunan kasus Covid-19 dengan jumlah yang signifikan. Pihak pemprov menjelaskan bahwa ada 12.481 kasus positif di Jakarta pada 24 Oktober, lalu turun menjadi 8.026 pada 7 November.
  • Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional mengingatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Mengingat hingga saat ini masih banyak daerah yang tidak kunjung keluar dari zona oranye dan zona merah risiko penyebaran pandemi.
  • Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso melakukan kunjungan menemui Gubernur Bali I Wayan Koster untuk mendiskusikan upaya pemulihan ekonomi daerah Bali dari dampak pandemi Covid-19. Menurut Wimboh, perekonomian Bali yang didominasi pariwisata akan membutuhkan waktu cukup lama sampai benar-benar pulih.
  • Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, menyebut WNI aka kita-kita ini memiliki tingkat optimisme paling tinggi soal penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) dibanding negara lain di ASEAN.
  • Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, meminta pemda yang wilayahnya terkena efek erupsi Gunung Merapi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di tengah warga yang dievakuasi. Kata Pak Doni, jangan sampe tempat evakuasi menjadi tempat penyebaran Covid.
  • Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa dirinya mendapat laporan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 sejauh ini tidak menimbulkan klaster baru penyebaran virus Covid-19. Kata Prof Mahfud, Alhamdulillah yah, udah empat minggu lagi ke pemungutan suara, proses pilkada sejauh ini nggak menimbulkan klaster baru Covid.
  • Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, menjelaskan bahwa wilayah Bogor, Depok, Bekasi aka Bodebek merupakan episentrum Covid-19 di Jawa Barat, Menurutnya, hampir 70 persen angka kasus di Jabar berasal dari wilayah Bodebek karena jaraknya yang berdekatan dengan Jakarta.
    Advertisement
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 49.938.804 kasus dan 1.252.079 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (9.861.898 kasus), India (8.507.754 kasus), Brazil (5.653.561 kasus), Russia (1.760.420 kasus), dan Prancis (1.709.773 kasus).
  • Football…football…a little update on football, pesepakbola Real Madrid Casemiro dan Eden Hazard baru aja dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 usai menjalani tes pada Jumat 6 November lalu. Dengan hal ini, maka Hazard dan Casemiro bakal absen dalam laga melawan Valencia di La Liga nanti. Selain itu, keduanya juga kemungkinan nggak akan turun saat menghadapi Villarreal di laga berikutnya serta pertandingan Liga Champions melawan Inter Milan.
  • Kepala Staf Gedung Putih, Amerika Serikat, Mark Meadows, dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Belum jelas kapan Meadows mengetahui dengan pasti terinfeksi virus corona. Namun, ia merupakan salah satu pejabat yang mendampingi kegiatan serta perjalanan Presiden Donald Trump sejak akhir pekan lalu.
  • Seorang petugas tempat pemungutan suara (TPS) pemilu Amerika Serikat 2020 St.Louis, Missouri dilaporkan meninggal dunia. Dikutip dari Associated Press, Sabtu (7/11/2020) petugas pemilu AS tersebut diketahui tetap bekerja di TPS, meskipun dirinya tengah positif Covid-19.
  • Negara bagian Victoria yang tadinya merupakan episentrum Covid-19 di Australia udah mulai melonggarkan kebijakan pembatasan sosialnya, seiring dengan makin terkontrolnya persebaran Covid-19 di kota tersebut. Kini, restoran, bar, gym, hingga tempat ibadah indoor udah boleh buka, walaupun dengan kapasitas yang terbatas.
  • Meanwhile, terjadi peningkatan kasus lagi di berbagai negara di Eropa, misalnya Prancis yang baru aja mencapai angka korban meninggal sebanyak 40 ribu orang pada weekend ini. Dengan perkembangan ini, berbagai negara seperti Austria, Yunani, Latvia dan Jerman akan melakukan lockdown mulai minggu ini.
  • Perusahaan farmasi yang mengembangkan vaksin asal UK, AstraZeneca menyatakan bahwa mungkin banget, vaksin buatannya udah siap untuk digunakan secara massal pada Januari 2021, atau bahkan pada akhir tahun ini. CEO AstraZeneca Pascal Soriot menyebut bahwa yha belum tahu juga vaksinnya bakal ampuh apa enggak, tapi diharapkan, vaksinasi dalam jumlah besar bisa dilakukan pada akhir tahun ini.
Advertisement