Corona Updates 9 November 2020, Joe Biden-Kamala Harris Menang Pemilu Presiden Amerika Serikat, Peringati Hari Pahlawan PT KAI Bagikan Voucher Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Masjid Pertama Di Ibu Kota Yunani Athena.

25

Hi there,

Congrats on surviving what’s probably the most intense week of the year. Now you can chill a little bit. Have some coffee, read the news (and us!) and let’s wish the world would only get better from now on. What happened during the weekend reminds us, time and again, that brighter and better days will always come. We just have to put a little faith.

First things first, your Covid-19 briefing

While our focus has been shifted to so many directions lately, but Monday is for your Covid-19 briefing. As always, let’s start…
 
Nationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 437.716 kasus, dengan rincian 14.614 meninggal (3,3% dari Terkonfirmasi), dan 368.298 (84,1% dari yang terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (107.846 kasus), Jawa Timur (53.274 kasus), Jawa Barat (37.402 kasus), Jawa Tengah (35.071 kasus), dan Sulawesi Selatan (18.399 kasus).

  • Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di ibu kota hingga selama 14 hari. Perpanjangan PSBB Transisi berlaku mulai 9 November hingga 22 November mendatang.
  • Kenapa PSBB transisinya lanjut? Karena menurut Pemprov DKI, Selama 14 hari terakhir ini ada penurunan kasus Covid-19 dengan jumlah yang signifikan. Pihak pemprov menjelaskan bahwa ada 12.481 kasus positif di Jakarta pada 24 Oktober, lalu turun menjadi 8.026 pada 7 November.
  • Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional mengingatkan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Mengingat hingga saat ini masih banyak daerah yang tidak kunjung keluar dari zona oranye dan zona merah risiko penyebaran pandemi.
  • Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso melakukan kunjungan menemui Gubernur Bali I Wayan Koster untuk mendiskusikan upaya pemulihan ekonomi daerah Bali dari dampak pandemi Covid-19. Menurut Wimboh, perekonomian Bali yang didominasi pariwisata akan membutuhkan waktu cukup lama sampai benar-benar pulih.
  • Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, menyebut WNI aka kita-kita ini memiliki tingkat optimisme paling tinggi soal penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) dibanding negara lain di ASEAN.
  • Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, meminta pemda yang wilayahnya terkena efek erupsi Gunung Merapi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) di tengah warga yang dievakuasi. Kata Pak Doni, jangan sampe tempat evakuasi menjadi tempat penyebaran Covid.
  • Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa dirinya mendapat laporan bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 sejauh ini tidak menimbulkan klaster baru penyebaran virus Covid-19. Kata Prof Mahfud, Alhamdulillah yah, udah empat minggu lagi ke pemungutan suara, proses pilkada sejauh ini nggak menimbulkan klaster baru Covid.
  • Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad, menjelaskan bahwa wilayah Bogor, Depok, Bekasi aka Bodebek merupakan episentrum Covid-19 di Jawa Barat, Menurutnya, hampir 70 persen angka kasus di Jabar berasal dari wilayah Bodebek karena jaraknya yang berdekatan dengan Jakarta.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 49.938.804 kasus dan 1.252.079 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (9.861.898 kasus), India (8.507.754 kasus), Brazil (5.653.561 kasus), Russia (1.760.420 kasus), dan Prancis (1.709.773 kasus).
  • Football…football…a little update on football, pesepakbola Real Madrid Casemiro dan Eden Hazard baru aja dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 usai menjalani tes pada Jumat 6 November lalu. Dengan hal ini, maka Hazard dan Casemiro bakal absen dalam laga melawan Valencia di La Liga nanti. Selain itu, keduanya juga kemungkinan nggak akan turun saat menghadapi Villarreal di laga berikutnya serta pertandingan Liga Champions melawan Inter Milan.
  • Kepala Staf Gedung Putih, Amerika Serikat, Mark Meadows, dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Belum jelas kapan Meadows mengetahui dengan pasti terinfeksi virus corona. Namun, ia merupakan salah satu pejabat yang mendampingi kegiatan serta perjalanan Presiden Donald Trump sejak akhir pekan lalu.
  • Seorang petugas tempat pemungutan suara (TPS) pemilu Amerika Serikat 2020 St.Louis, Missouri dilaporkan meninggal dunia. Dikutip dari Associated Press, Sabtu (7/11/2020) petugas pemilu AS tersebut diketahui tetap bekerja di TPS, meskipun dirinya tengah positif Covid-19.
  • Negara bagian Victoria yang tadinya merupakan episentrum Covid-19 di Australia udah mulai melonggarkan kebijakan pembatasan sosialnya, seiring dengan makin terkontrolnya persebaran Covid-19 di kota tersebut. Kini, restoran, bar, gym, hingga tempat ibadah indoor udah boleh buka, walaupun dengan kapasitas yang terbatas.
  • Meanwhile, terjadi peningkatan kasus lagi di berbagai negara di Eropa, misalnya Prancis yang baru aja mencapai angka korban meninggal sebanyak 40 ribu orang pada weekend ini. Dengan perkembangan ini, berbagai negara seperti Austria, Yunani, Latvia dan Jerman akan melakukan lockdown mulai minggu ini.
  • Perusahaan farmasi yang mengembangkan vaksin asal UK, AstraZeneca menyatakan bahwa mungkin banget, vaksin buatannya udah siap untuk digunakan secara massal pada Januari 2021, atau bahkan pada akhir tahun ini. CEO AstraZeneca Pascal Soriot menyebut bahwa yha belum tahu juga vaksinnya bakal ampuh apa enggak, tapi diharapkan, vaksinasi dalam jumlah besar bisa dilakukan pada akhir tahun ini.

Some fiiiinal updates from the US elections.

Yep, after a tiring and a nerve-wrecking counting tally (that feels like forever!) during the US Elections, America finally named its 46th President: Joe Biden and its vice president Kamala Harris. Here’s some important info you need to know.

  • Joe Biden- Kamala Harris dipastikan memenangkan Pemilu Amerika Serikat 2020 setelah memenangkan 20 electoral votes dari salah satu negara bagian yang ditunggu-tunggu banget hasil penghitungannya, Pennsylvania. Totalnya, Biden sejauh ini memiliki 290 EC, melebihi syarat untuk memenangkan pilpres AS yaitu 270 electoral votes.
  • Kalo dari itung-itungan one man one vote-nya, Biden dicoblos oleh lebih dari 74 juta penduduk, sedangkan Trump dicoblos oleh 70 juta pemilih. FYI gengs, dengan jasil ini ini, Biden jadi capres AS yang mendapatkan dukungan pemilih terbanyak sepanjang sejarah pemilu AS.
  • Biden jadi presiden AS kedua (dari 46) yang merupakan presiden berkepercayaan Katholik. Adapun presiden Katholik pertama AS adalah John F Kennedy yang menjabat di era 60-an. Meanwhile, Kamala Harris yang merupakan keturunan India dan African-American ini grown up di lingkungan yang interfaith, di mana ayahnya merupakan jemaat di Black Baptist Church, dan ibunya merupakan seorang Hindu.
  • Ga lama setelah dipastikan memenangkan Pilpres, Biden dan wakil presidennya Kamala Harris kemudian menyampaikan pidato kemenangannya di Chase Center, Delaware. Adapun para pendukung yang hadir langsung pada kesempatan tersebut dipastikan ber-social distancing dengan cara membunyikan klakson dari dalam mobilnya masing-masing. Setelah keduanya selesai speech, muncul pertunjukan drone yang berisi tulisan dukungan terhadap Biden-Harris, dan ditutup dengan lagu Sky Full of Stars-nya Coldplay. Hashek ugha.
  • Dalam pidato kemenangannya, Biden berjanji bahwa dia bakal memimpin sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan bekerja keras untuk seluruh warganya, termasuk mereka yang nggak mendukungnya dalam pemilu kali ini. Biden juga secara spesifik bilang kepada para pendukung Trump bahwa yhaa pasti berat banget sih jagoannya kalah, tapi gue juga kalah beberapa kali kok pas ikutan pemilu.
  • Biden juga menyatakan bahwa hal pertama yang jadi prioritasnya setelah jadi presiden nanti adalah memastikan penyebaran Covid-19 di Amerika Serikat bisa dikontrol. Biden berjanji bahwa pada Senin waktu setempat, dia akan mengumumkan tim peneliti dan ahli kesehatan yang akan membantu tim Biden-Harris menciptakan action plan untuk mengontrol Covid-19. Tim ini kemudian akan mulai bekerja setelah dirinya dilantik pada Januari tahun depan.
  • Para pemimpin dunia juga nggak lupa mengucapkan selamat atas kemenangan Biden-Harris. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa kemenangan ini merupakan momen bersejarah, dan beliau siap kerja sama dengan AS khususnya di bidang-bidang yang jadi prioritas utama kedua negara, kayak climate change, perdagangan, dan keamanan.
  • Terus, Pak Jokowi udah ngucapin selamat belum? Udah gengs. Dalam postingan IG-nya tadi malam, Pak Jokowi mengucapkan selamat pada Joe Biden dan Kamala Harris atas pemilu yang bersejarah ini. Also, in his words:  “Semoga kita segera bisa bekerja sama dalam rangka memperkuat hubungan Indonesia dan Amerika Serikat di sektor ekonomi, demokrasi dan multilateralisme, untuk kemaslahatan rakyat Indonesia dan Amerika Serikat.”
  • Terkait kemenangan mantan wapresnya ini, Presiden Barack Obama bilang bahwa dia bangga banget sama Biden. Dalam keterangan resminya, Obama bilang bahwa Biden “got what it takes” untuk menjadi presiden yang bakal menghadapi berbagai tantangan berat ketika nantinya menjabat, kayak pandemi Covid-19, ketimpangan ekonomi, demokrasi yang terancam, hingga climate change.
  • Terus, how’s Trump doing? Well, ga lama setelah Biden dipastikan menang, Trump keliatan lagi main golf di Virginia. Dalam kesempatan itu, Trump keliatan pake topi yang bertuliskan Make America Great Again.
  • Orang-orang dekatnya Trump sih bilang bahwa kayaknya Trump ga akan mengakui hasil pemilu di waktu dekat ini. Dalam keterangannya beberapa saat sebelum Biden dinyatakan sebagai pemenang, tim pemenangan Trump merilis pernyataan yang menyebut bahwa, “Faktanya, pemilu ini belum selesai. Joe Biden belum dipastikan memenangkan negara bagian manapun, apalagi negara bagian yang harus diitung ulang.”
  • So, where are we going from here? Yang pasti masing-masing negara bagian bakal mulai ngumpulin dan meresmikan hasil pemilunya sejak minggu ini sampe Desember mendatang. Abis itu, akan ada pelantikan Kongres pada 3 Januari tahun depan, dan Biden-Harris akan dilantik pada 20 Januarinya.

Who’s saying “thank you for your service…”?

Who?

PT. Kereta Api Indonesia aka PT KAI.

 
To whom?
To teachers and medical personnel.

Care to tell me more?
Yep, jadi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, PT KAI akan membagikan voucher tiket kereta api jarak jauh secara cuma-cuma kepada pada guru dan tenaga kesehatan. Secara lagi pandemi gini, guru dan tenaga kesehatan are our heroes.
Whoaaaa ada berapa banyak tiketnya?
Menurut Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, pihaknya menyediakan 10 ribu tiket gratis, termasuk tiket kelas eksekutif dan ekonomi. Tiket ini berlaku untuk keberangkatan dari tanggal 8 – 30 November 2020.
Wait, why teachers and Nakes tho?
Yha karena menurut PT KAI, guru adalah sosok utama di garda terdepan pendidikan nasional, secara pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting untuk mencetak generasi bangsa. Sedangkan para tenaga kesehatan merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi covid-19 saat ini. Jadi tiket gratis ini merupakan bentuk apresiasi terhadap keduanya.
I see…
Nah terus, yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru TK hingga SMA atau sederajat dan tenaga kesehatan. FYI gengs, program ini nggak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha.
Terus, bisa untuk tujuan ke mana aja?
Banyak tempat sih. Jadi rinciannya, ada 35 KA kelas Eksekutif dan Ekonomi yang bisa digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 hingga 30 November 2020 nanti. Caranya adalah dengan menukarkan voucher dari dan ke Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya.
Ada syarat untuk bisa dapet vouchernya gak?
Ada, jadi untuk bisa dapet voucher tiket KA gratis ini, seorang guru cukup menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa kartu/surat keterangan. Sedangkan untuk tenaga kesehatan, syaratnya adalah menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

Cool, anything else I should know?
Nah, voucher ini kemudian bisa kamu ambil di customer service pada sembilan stasiun yaitu Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember.

For when there’s also some historic moment happened in Greece….

Yep, now let’s talk about Athens, Greece. Aka Yunani.
Jadi setelah ratusan tahun jadi rencana, mau dibangun, gajadi lagi, dapet penolakan sana-sini dan berbagai tantangan lainnya, akhirnya Jumat lalu, masjid pertama di ibu kota Yunani, Athena, resmi dibuka. Jadi emang sejak kekuasaan Turki Usmani meninggalkan kota tersebut sekitar 200 tahun lalu, Athena jadi nggak punya masjid yang secara formal diakui dan didanai sama pemerintah.
Nah seiring dengan berjalannya waktu, imigran muslim dari berbagai negara kayak Pakistan, Suriah, Afghanistan, dan Bangladesh mulai berdatangan ke kota tersebut dan membuat kebutuhan akan adanya masjid makin mendesak. Namun kemudian rencana ini nggak selalu berjalan mulus seiring dengan munculnya penolakan dari kelompok nasionalis, birokrasi yang ribet, hingga krisis finansial Yunani yang berlangsung selama satu dekade.
Makanya ketika masjidnya akhirnya jadi dibuka pada Jumat lalu, warga muslim di sana menyatakan rasa senangnya walaupun salat perdananya harus social distancing. “It is a historic moment for the Muslim community living in Athens, we have been waiting for this mosque for so long,” gitu kata salah seorang jemaah, Heider Ashir. Namun, karena Athena lagi mau menerapkan lockdown kedua hingga tanggal 30 November, masjidnya juga akan kembali tutup sampai tanggal tersebut.
 
Now singing: kalimera…kalimera…kalimera ya Athena…

“While I may be the first woman in this office, I will not be the last.”

Gitu kata Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat Kamala Harris dalam pidato kemenangannya di Delaware, Amerika Serikat, kamarin. Harris baru aja memastikan dirinya jadi cewek pertama yang menjabat sebagai wakil presiden di AS, namun bukan cuma sebagai cewek, Harris juga jadi woman of color pertama, keturunan imigran pertama, hingga African-American women pertama yang menduduki posisi strategis tersebut.
 
Who run the worrrrld??

Angel’s Stories

1. Jadi long weekend dua minggu lalu udah aku nanti banget karena butuh me-time from endless deadlines. Tapi ternyata kerjaanku deadlinenya makin super tight jadi mau gak mau harus tetap kerja even hari Kamis yang notabene adalah tanggal merah. Kerasa lelah karena even tho it was supposed to be holiday tapi lembur sampe pagi. But then, atasanku bilang setelah selesai buat kerjaannya, “Makasih banyak ya bantuannya, your work really helps.” Dan dengan appreciation sekecil itu merasa lega karna bisa membantu dan buat aku personally, it really warms my heart. Bener-bener hal baik sekecil apapun bisa buat orang lain bahagia. Kindly reminder to spread kindness wherever you are:)
-pokkachh-
2. Di entrance apartemen aku, pacar aku suka melihat para security yang bertugas bagian pemeriksaan mobil ini kepanasan, karena memang areanya nggak ada kanopi/covernya. Tapi mereka tetap menjalankan tugasnya dengan baik dan ramah. Suatu hari, pacarku inisiatif mampir ke minimarket dan beliin mereka minuman dingin. Setelah memeriksa mobil, pacarku kasi deh sekresek minuman dingin tersebut ke para security. Mereka happy banget. Simple act matters 🙂
-Porto & Moscow-
3. Aku sadar akhir-akhir ini berita yang aku dengar/baca di media sosial membuat aku negatif, jadinya aku uninstall Twitter. Awalnya takut missing out karena aku tidak seterpapar dulu lagi dengan berita di luar sana. Tapi karena newsletter Catch Me Up, aku lebih tenang dan merasa updated (kecuali weekend). Terima kasih banyak tim CMU! You’ve helped me improve my mental health!
-alya, JKT-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Indulge your inner movie freak, here is the list of movies with the best twists. Grab your popcorn.