Corona Updates 23 November 2020

8

And let’s starts with…your Covid-19 briefing. 

Yep, Monday is for your weekly briefing on the pandemic. We promise that we will make it as light and easy as possible, and now let’s start ….
 
Nationally.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 497.668 kasus, 15.884 meninggal (3,2% dari Terkonfirmasi), dan 418.188 (84% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (125.822  kasus), Jawa Timur (58.384 kasus), Jawa Barat (47.692 kasus), Jawa Tengah (46.903 kasus), dan Sulawesi Selatan (19.799 kasus).

  • Over the weekend kemarin, telah ditemukan munculnya klaster baru dari kerumunan Habib Riziek Shihab di Petamburan, Tebet, hingga Megamendung, Bogor. Sejauh ini, Kemenkes udah menemukan 50 kasus baru di Tebet dan 30 kasus baru di Petamburan. Selain itu, lurah Petamburan juga udah dikonfirmasi positif Covid-19.

  • Menyusul penemuan ini, Sabtu malam kemarin, aparat dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP ngedatengin rumahnya Habib Riziek untuk meminta beliau dan keluarganya melakukan test, namun para aparat ini nggak ketemu sama HRS karena beliau lagi istirahat dan nggak menerima tamu.

  • Selain lurah, Kapolsek Tanah Abang dan Wakapolsek Tanah Abang juga dinyatakan positif Covid 19.

  • Penambahan kasus baru Covid-19 di Jakarta mencapai rekor baru pada Hari Sabtu lalu, yakni hingga menembus 1.579 kasus. Penambahan ini merupakan yang  tertinggi dari penambahan yang pernah ada.

  •  Kemarin, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Dalam pengumumannya, Gubernur DKI Pak Anies Baswedan bilang bahwa PSBB transisi ini akan berlangsung sampe 6 Desember mendatang.

  • Wakil Presiden Ma’ruf Amin memastikan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menerbitkan label halal untuk vaksin Covid-19 dari perusahaan China, Sinovac Biotech Ltd., sebelum vaksinasi massal.

  • Sebagai salah satu bentuk upaya agar Covid-19 segera hilang dari bumi pertiwi, kemarin Budayawan Pasuruan melakukan kirab benda pusaka dan potong tumpeng. Adapun acara ini diikuti sama puluhan budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perangkat desa.

  • Papua menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang nggak melaporkan satupun penambahan kasus Covid-19 per kemarin. Selain Papua, kemarin tercatat ada enam daerah dengan penambahan kasus di bawah sepuluh, yakni NTB, Maluku, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Maluku Utara.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 58.254.552 kasus dan 1.382.464 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (12.090.466 kasus), India (9.095.806 kasus), Brazil (6.052.786 kasus), Prancis (2.178.023 kasus) dan Russia (2.071.858 kasus).

  • Over the weekend kemarin, para pemimpin dari negara ekonomi terkuat dunia aka G20 menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) secara virtual dengan Arab Saudi sebagai panitianya. Adapun topik utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah soal Covid-19 yang udah menyebabkan resesi global, dan berbagai rencana pemulihan setelah virus ini terkendali.

  • Terkait pertemuan ini, WHO ngingetin negara-negara G20 untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 secara merata.

  • Minggu lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinan atas melonjaknya angka kematian akibat virus Covid-19 di negaranya. Meski begitu, Putin bilang bahwa kini, virusnya udah terkendali.

  • Anak cowok tertuanya presiden Amerika Serikat Donald Trump, yaitu Donald Trump Jr. didiagnosis positif Covid-19 pada Jumat lalu. Menyusul pengumuman itu, sehari setelahnya, Trump ngetwit bahwa anaknya berada dalam kondisi baik.

  • Salah satu negara paling kaya di Eropa, Jerman, saat ini lagi berjuang memenuhi kebutuhan kasur rumah sakit buat pasien UGD-nya, seiring dengan peningkatan tajam atas kasus Covid-19 di sana. Data pemerintah menunjukkan bahwa jumlah pasien Covid-19 di UGD-UGD di rumah sakit di Jerman udah naik dari 267 di September jadi 3.615 per November. Naiknya 13 kali lipat guys.
  • Rencana kebijakan “travel bubble” antara Hong Kong dan Singapura yang rencananya bakal mulai berlaku minggu ini akhirnya diundur selama dua minggu ke depan. Alasannya? Penambahan kasus Covid-19 di Hong Kong. Jadi guys, travel bubble ini adalah pelonggaran kebijakan buat para pelancong antar dua negara di mana aturan pemeriksaan protokol Covid-19 buat para travelers dari kedua negara ini tidak seketat ke negara lain.

  • A good news from the vaccine development. Minggu lalu, dua perusahaan farmasi Pfizer dan Moderna yang sama-sama mengklaim bahwa vaksin buatannya efektif sampai lebih dari 90 persen udah mendaftarkan kandidatnya ke FDA aka Food and Drug Administration, aka BPOM-nya di kita. Kalo FDA ok, maka vaksin udah bisa mulai didistribusikan per bulan depan.