Corona Updates 23 November 2020, Pemerintah Berikan Izin Untuk KBM Tatap Muka Di Sekolah Pada Januari 2021, NordPass: Temukan 2 Juta Orang Gunakan ‘123456’ Sebagai Kata Sandi.

17

Hi hi hi.

Wakey wakey. Monday’s here. First day of the week that feels like forever due to… tanggal tua. WKWKWK. No worries. Wednesday will come sooner than later and you’ll soon become rich again. In the mean time, just scroll down…

And let’s starts with…your Covid-19 briefing. 

Yep, Monday is for your weekly briefing on the pandemic. We promise that we will make it as light and easy as possible, and now let’s start ….
 
Nationally.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 497.668 kasus, 15.884 meninggal (3,2% dari Terkonfirmasi), dan 418.188 (84% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (125.822  kasus), Jawa Timur (58.384 kasus), Jawa Barat (47.692 kasus), Jawa Tengah (46.903 kasus), dan Sulawesi Selatan (19.799 kasus).

  • Over the weekend kemarin, telah ditemukan munculnya klaster baru dari kerumunan Habib Riziek Shihab di Petamburan, Tebet, hingga Megamendung, Bogor. Sejauh ini, Kemenkes udah menemukan 50 kasus baru di Tebet dan 30 kasus baru di Petamburan. Selain itu, lurah Petamburan juga udah dikonfirmasi positif Covid-19.

  • Menyusul penemuan ini, Sabtu malam kemarin, aparat dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP ngedatengin rumahnya Habib Riziek untuk meminta beliau dan keluarganya melakukan test, namun para aparat ini nggak ketemu sama HRS karena beliau lagi istirahat dan nggak menerima tamu.

  • Selain lurah, Kapolsek Tanah Abang dan Wakapolsek Tanah Abang juga dinyatakan positif Covid 19.

  • Penambahan kasus baru Covid-19 di Jakarta mencapai rekor baru pada Hari Sabtu lalu, yakni hingga menembus 1.579 kasus. Penambahan ini merupakan yang  tertinggi dari penambahan yang pernah ada.

  •  Kemarin, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Dalam pengumumannya, Gubernur DKI Pak Anies Baswedan bilang bahwa PSBB transisi ini akan berlangsung sampe 6 Desember mendatang.

  • Wakil Presiden Ma’ruf Amin memastikan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menerbitkan label halal untuk vaksin Covid-19 dari perusahaan China, Sinovac Biotech Ltd., sebelum vaksinasi massal.

  • Sebagai salah satu bentuk upaya agar Covid-19 segera hilang dari bumi pertiwi, kemarin Budayawan Pasuruan melakukan kirab benda pusaka dan potong tumpeng. Adapun acara ini diikuti sama puluhan budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perangkat desa.

  • Papua menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang nggak melaporkan satupun penambahan kasus Covid-19 per kemarin. Selain Papua, kemarin tercatat ada enam daerah dengan penambahan kasus di bawah sepuluh, yakni NTB, Maluku, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Maluku Utara.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 58.254.552 kasus dan 1.382.464 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (12.090.466 kasus), India (9.095.806 kasus), Brazil (6.052.786 kasus), Prancis (2.178.023 kasus) dan Russia (2.071.858 kasus).

  • Over the weekend kemarin, para pemimpin dari negara ekonomi terkuat dunia aka G20 menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) secara virtual dengan Arab Saudi sebagai panitianya. Adapun topik utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah soal Covid-19 yang udah menyebabkan resesi global, dan berbagai rencana pemulihan setelah virus ini terkendali.

  • Terkait pertemuan ini, WHO ngingetin negara-negara G20 untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 secara merata.

  • Minggu lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keprihatinan atas melonjaknya angka kematian akibat virus Covid-19 di negaranya. Meski begitu, Putin bilang bahwa kini, virusnya udah terkendali.

  • Anak cowok tertuanya presiden Amerika Serikat Donald Trump, yaitu Donald Trump Jr. didiagnosis positif Covid-19 pada Jumat lalu. Menyusul pengumuman itu, sehari setelahnya, Trump ngetwit bahwa anaknya berada dalam kondisi baik.

  • Salah satu negara paling kaya di Eropa, Jerman, saat ini lagi berjuang memenuhi kebutuhan kasur rumah sakit buat pasien UGD-nya, seiring dengan peningkatan tajam atas kasus Covid-19 di sana. Data pemerintah menunjukkan bahwa jumlah pasien Covid-19 di UGD-UGD di rumah sakit di Jerman udah naik dari 267 di September jadi 3.615 per November. Naiknya 13 kali lipat guys.
  • Rencana kebijakan “travel bubble” antara Hong Kong dan Singapura yang rencananya bakal mulai berlaku minggu ini akhirnya diundur selama dua minggu ke depan. Alasannya? Penambahan kasus Covid-19 di Hong Kong. Jadi guys, travel bubble ini adalah pelonggaran kebijakan buat para pelancong antar dua negara di mana aturan pemeriksaan protokol Covid-19 buat para travelers dari kedua negara ini tidak seketat ke negara lain.

  • A good news from the vaccine development. Minggu lalu, dua perusahaan farmasi Pfizer dan Moderna yang sama-sama mengklaim bahwa vaksin buatannya efektif sampai lebih dari 90 persen udah mendaftarkan kandidatnya ke FDA aka Food and Drug Administration, aka BPOM-nya di kita. Kalo FDA ok, maka vaksin udah bisa mulai didistribusikan per bulan depan.

What will finally be reopened next year?

Schools. Get ready for January 2021. 

Will it be opened then? 
Most likely. Jadi Jumat lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim baru aja ngasih izin ke pemerintah daerah untuk mutusin sendiri, sekolah di daerahnya udah boleh kembali memberlakukan kegiatan belajar secara tatap muka atau belum.
I need some background.
Got it. Jadi sejak pandemi Covid-19 muncul, awalnya sekolah-sekolah ditutup, terus kemudian udah boleh tatap muka, tapi ditentukan berdasarkan sistem zonasi kayak like zona merah yang paling bahaya, kuning hingga hijau (hijau ini yang udah boleh buka).
 
Go on…
Nah, per Januari 2021 nanti (in less than two months!) pemerintah pusat bakal ngasih izin kepada daerah untuk nentuin sendiri apakah sekolah yang ada di daerahnya udah boleh tatap muka atau belum. Jadi pemda nih yang bakal nentuin secara lebih detail terkait rencana pembukaan sekolah di daerahnya. Rencananya, hal ini bakal mulai berlaku per semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Whoaaaa…
Yep. Dalam keterangannya minggu lalu, Mas Menteri juga bilang bahwa keputusan untuk membuka kembali sekolah bakal dikembalikan ke tiga pihak, yakni Pemerintah daerah, Kantor Wilayah (Kanwil), dan orang tua/Komite sekolah. Selain itu, orang tua setiap siswa juga dibolehin nentuin apakah anak mereka boleh ikut masuk sekolah tatap muka atau nggak. One other thing, pembelajaran tatap muka itu ‘diperbolehkan’ bukan diwajibkan, jadi semua tergantung kondisi daerah masing-masing.
Berarti nggak wajib buka?
Nope, it depends on the local government.  
 
Got it. Terus, ada syaratnya ga klo mau school reopening?
Ada dong. Jadi untuk boleh kembali membuka sekolah, Pemda harus memenuhi beberapa syarat, seperti akses terhadap pembelajaran di rumah, kondisi psikososial siswa (baik yang tatap muka atau virtual), ketersediaan transportasi yang aman, dll. Buat sekolahnya sendiri, ada enam syarat klo mau reopening, yakni:
  • Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan
  • Akses fasilitas pelayanan kesehatan
  • Kesiapan menerapkan wajib masker
  • Memiliki alat pengukur suhu
  • Mendapat persetujuan komite sekolah (ortu murid) untuk belajar tatap muka
  • Melakukan pemetaan warga sekolah

Does anyone say anything?

Yep. Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G), masih banyak sekolah yang belum siap untuk menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) juga bilang kalau banyak sekolah yang melanggar pembukaan sekolah, tapi nggak kena sanksi. Meanwhile, banyak orang tua yang menyambut baik keputusan ini karena anak-anak udah pada bosen di rumah.
 
Ok, anything else? 
Yhaaa menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo, pemerintah daerah tetap harus memperhatikan rencana pembukaan sekolah di tahun ajaran genap 2020/2021. Hal ini karena menurutnya, masih ada potensi penularan covid-19.

For when you’re too lazy to update your email password…

A loooot of people around the globe, too.
Jadi dalam penelitian yang dilakukan sama perusahaan password manegement, namanya NordPass, diketahui bahwa di tahun 2020 ini, orang masih banyak yang pake “123456” sebagai kombinasi password-nya. Selain angka, kata lain yang juga masih sering dipake adalah kata “password” dan “iloveyou.”
Jadi dalam penelitiannya, NordPass ngebandingin penggunaan password di tahun ini dan tahun lalu. Hasilnya nggak banyak berubah, di mana password yang paling banyak digunakan adalah angka 123456 dengan 2 juta lebih orang yang menggunakannya. Selain angka tadi, 9 kombinasi lain yang paling banyak dipake orang adalah:
2. 123456789
3. picture1
4. password
5. 12345678
6. 111111
7. 123123
8. 12345
9. 1234567890
10. senha (meaning password in Portuguese)
Nah guys, kalo misalnya password kamu ada satu di antara karakter-karakter di atas, maka plz banget segera ubah password-nya, secara karakter-karakter ini gampang banget ditebak oleh para hacker. Better safe than sorry!

“Masih terlalu pagi,”
Gitu kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria kemarin pas ditanyain soal rencana pembukaan kembali sekolah mulai tahun depan. Kata Bang Riza, Pemprov DKI masih nimbang-nimbang nih, mau kembali buka sekolah atau enggak. Tergantung gimana perkembangan jumlah kasusnya.
 
When your first work call during WFH is at 10 AM in the morning…

Angel’s Stories

1. Bogor lagi hujan deras terus nowadays . Mau keluar, hujan banget kan. But I was starving, so I decided to order G*food. Bapaknya nge-chat and confirmed the order, then I said, “Makasih banyak pak. Oh iya di luar hujan, jadi bapak ga harus ke sana sekarang. Bisa neduh dulu aja. Hati-hati ya pak.” Gua selalu chat gitu kalo pesen makan di app dan lagi ujan. Ga disangka sangka bapaknya jawab, “Makasih banyak kak. Semoga kakak dan keluarga kakak selalu dalam lindungan Tuhan. Aamiin.” Uhhhhh di doain dongg. Seketika mata gua anget pengen nangis. Terakhir gua reply nya dengan doain hal yang sama dan bilang, “Bapak luar biasa!” ini simple sih, tapi heartwarming banget bacanya. Kaya sesederhana itu buat bikin orang bahagia. Saling mendoakan hal-hal baik ya gengs!
-M-
2. Pertama mau makasih banget sama CMU! udah bikin section Angel’s Stories dan semua yang berbagi ceritanya di Angel’s Stories. Emang bener kata pepatah, bahwa wangi bunga menyebar hanya mengikuti arah angin, tapi kebaikan seseorang menyebar ke semua arah. Beberapa kali selalu baca cerita tentang berbagi gue jadi tergerak untuk melakukan hal itu karena gue merasa gue jarang sekali berbagi. Akhirnya gue memikirkanlah gue harus ngasih apa ya, gue kasih ini ke orang yang salah ga ya dsb cukup banyak yang dipikirin sampe akhirnya ga jadi terus. Nah, dua hari ini gue ditinggal bokap pergi jadi gue sendirian. Terus, gue memutuskan untuk makan keluar karena udah mulai jenuh Gojekin makanan. Singkat cerita akhirnya gue makan di salah satu kafe gitu deket kostan. Pas udah beres gue bayar parkir tadinya mau bayar normal tapi tiba-tiba pengen aja gue memberi nominal yang sedikit lebih besar. Si bapak awalnya nolak katanya suruh bawa aja uangnya karena kebesaran sampe akhirnya dia mau. Muka bapanya pas dikasih priceless banget, dia bilang, “Terima kasih banyak. Hati-hati di jalan!” Gue juga didoain banyak banget padahal uangnya ga seberapa. Tapi, liat dan denger langsung reaksi bapak parkir ngerasa adem banget ini hati! Bener-bener bikin ketagihan. Pokoknya jangan banyak mikir untuk berbagi. Mungkin kita pikir itu biasa aja tapi kita ga pernah tau hal yang menurut kita biasa aja bisa jadi sesuatu yang luar biasa buat orang lain dan Terimakasih banyak buat seluruh angels atas cerita manisnya. Semoga hal-hal baik selalu menyertai kalian. Semangat!
-A, Samarinda 2020-
3. Super exhausted. Sejak kantor full wfh, setelah qurban mutusin buat pulang ke rumah, di mana sikon bokap butuh extra care pasca stroke. Dengan segala drama yang ada di rumah ditambah catch up juga sama kerjaan yang never ending. Jujur pingin balik ke Jakarta biar bisa punya waktu utk diri sendiri. Di rumah disambi segala domestik yg ada. Nganter ini itu hampir tiap hari. Beruntung punya kantor yang pengertian banget sama sikon ini. Meski lelahnya gak ketulungan tapi bersyukur masih bisa terus ada buat ayah ibu eyang di rumah. Gak kebayang jadi ibu yang tiap hari ngurus ayah yang super needy. So, thank you, buk sudah berjuang sekuat tenaga untuk rumah. Buat teman-teman sesama sandwich generation plis hang on there. Semua worth it kok. Semangat selalu 🤍
-sandwich generation 🥪🥪-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

It’s Monday, so everybody needs a liiiiiiiittle something to increase their endorphin. Because endorphin makes you happy.