Corona Updates 16 November 2020

11

As usual, we start today with…Covid-19 updates.

Yep, it’s been eight months that we’ve been talking about the pandemic. But hey, remember that there is always a light at the end of the tunnel, and who knows if the vaccine is here sooner than later? Now, while waiting….

Let’s talk, nationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 467.113 kasus, 15.211 meninggal (3,3% dari Terkonfirmasi), dan 391.991 (83,9% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (117.462 kasus), Jawa Timur (56.070 kasus), Jawa Barat (44.182 kasus), Jawa Tengah (42.372 kasus), dan Sulawesi Selatan (19.260 kasus).
  • Terhitung Sabtu kemarin, Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyebut bahwa jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit dan ICU di DKI Jakarta serta RS Wisma Atlet udah kembali naik. Kata Pak Doni, per tanggal 1 November kemarin, tempat tidur isolasi di DKI relatif rendah, yakni 52 persen. Namun, dua minggu terakhir ini angkanya meningkat sampai 63 persen.
  • Pada Hari Jumat minggu lalu, terjadi lonjakan kasus Covid-19 di tanah air yang mencapai 5.444 kasus. Menanggapi lonjakan ini, epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut bahwa hal ini terjadi karena banyaknya pelanggaran terhadap protokol kesehatan dan belum memadainya upaya 3T yakni testing-tracing-treatment.
  • Seiring dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, jumlah penggunaan masker sekali pakai pun meningkat. Minggu lalu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mencatat limbah masker rumah tangga selama pandemi Covid-19 mencapai sekitar 859,71 kilogram (kg).
  • Secara Pilkada jalan terus, pemerintah saat ini lagi berupaya menyiapkan testing covid-19 dengan metode rapid tes antigen bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada Serentak 2020.
  • Hal ini karena sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) emang memutuskan untuk menggunakan metode rapid tests buat para KPPS yang bakal bertugas pada 9 Desember mendatang. Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, pihaknya nggak punya pilihan lain karena tes swab dinilai butuh anggaran besar dan pemerintah pusat hanya membantu untuk rapid test.
  • Kemarin, terjadi kerumunan massa di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Karena menyebabkan kerumuman ini, Habib Rizieq kemudian kena denda sebesar Rp 50 juta karena kegiatannya melanggar protokol kesehatan.

Meanwhile, internationally….

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 54.052.111 kasus dan 1.313.263 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (10.906.725 kasus), India (8.814.579 kasus), Brazil (5.848.959 kasus), Prancis (1.915.713 kasus) dan Russia (1.910.149 kasus).
  • Seiring dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Korea Selatan, mulai Hari Jumat lalu, pemerintah setempat mulai memberlakukan kewajiban untuk pake masker bagi warganya di tempat umum. Bagi mereka yang ketauan nggak pake masker maka akan kena denda sebesar 100.000 won atau hampir Rp 1,3 juta.
  • Untuk pertama kalinya sejak diketahui kalah dalam Pilpres, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Hari Jumat lalu muncul di publik. Dalam keterangannya, Trump bilang bahwa dia nggak bakal menerapkan kebijakan lockdown, di tengah-tengah naiknya kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Amerika Serikat. FYI guys, Trump ga ngomong apa-apa soal pemilu pada kesempatan ini.
  • Hari Sabtu lalu, terjadi kebakaran di unit ICU yang merawat pasien Covid-19 di Kota Piatra Nempt, Romania. Akibatnya, 10 orang pasien dinyatakan meninggal dan 6 orang lainnya mengalami luka bakar berat.
  • Update terbaru dari pengembangan vaksin gengs, ternyata kandidat vaksin Pfizer yang diklaim 90% ampuh memiliki cara penyimpanan dan penanganan yang rumit. Disebutkan bahwa vaksinnya harus ditaruh di lemari pendingin dengan suhu -70 derajat Celsius. Suhu ini jauh banget dibanding suhu rata-rata vaksin lain yang standarnya di angka -2 sampe -8 derajat celsius. Hal ini kemudian menyebabkan pembelian dan permintaan ultra-cold freezers di Amerika Serikat meningkat tajam.
  • Pesepakbola Liverpool berkebangsaan Mesir Mohamad Salah baru aja diumumkan terinfeksi Covid-19 gengs. Saat ini, Salah lagi diisolasi mandiri dan tidak menunjukkan gejala apapun.