Corona Updates 16 November 2020, RUU Minuman Beralkohol: Konsumsi Alkohol Dipenjara 2 Tahun Denda Hingga 50 Juta Rupiah, KTT ASEAN Indonesia Ikut Bahas Vaksin Covid-19 dan Kebangkitan Ekonomi, Chatham Island Di New Zealand Jadi Alternatif Tujuan Wisata.

28

Good morning!

Hi, it’s Monday. Get up, sip your coffee and start working on your goals again. But, if today you want to stay a little longer in bed, it’s ok, too. It’s 2020. Be kind to yourself.

As usual, we start today with…Covid-19 updates.

Yep, it’s been eight months that we’ve been talking about the pandemic. But hey, remember that there is always a light at the end of the tunnel, and who knows if the vaccine is here sooner than later? Now, while waiting….

 
Let’s talk, nationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 467.113 kasus, 15.211 meninggal (3,3% dari Terkonfirmasi), dan 391.991 (83,9% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (117.462 kasus), Jawa Timur (56.070 kasus), Jawa Barat (44.182 kasus), Jawa Tengah (42.372 kasus), dan Sulawesi Selatan (19.260 kasus).
  • Terhitung Sabtu kemarin, Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyebut bahwa jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit dan ICU di DKI Jakarta serta RS Wisma Atlet udah kembali naik. Kata Pak Doni, per tanggal 1 November kemarin, tempat tidur isolasi di DKI relatif rendah, yakni 52 persen. Namun, dua minggu terakhir ini angkanya meningkat sampai 63 persen.
  • Pada Hari Jumat minggu lalu, terjadi lonjakan kasus Covid-19 di tanah air yang mencapai 5.444 kasus. Menanggapi lonjakan ini, epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut bahwa hal ini terjadi karena banyaknya pelanggaran terhadap protokol kesehatan dan belum memadainya upaya 3T yakni testing-tracing-treatment.
  • Seiring dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, jumlah penggunaan masker sekali pakai pun meningkat. Minggu lalu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mencatat limbah masker rumah tangga selama pandemi Covid-19 mencapai sekitar 859,71 kilogram (kg).
  • Secara Pilkada jalan terus, pemerintah saat ini lagi berupaya menyiapkan testing covid-19 dengan metode rapid tes antigen bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada Serentak 2020.
  • Hal ini karena sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) emang memutuskan untuk menggunakan metode rapid tests buat para KPPS yang bakal bertugas pada 9 Desember mendatang. Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, pihaknya nggak punya pilihan lain karena tes swab dinilai butuh anggaran besar dan pemerintah pusat hanya membantu untuk rapid test.
  • Kemarin, terjadi kerumunan massa di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Karena menyebabkan kerumuman ini, Habib Rizieq kemudian kena denda sebesar Rp 50 juta karena kegiatannya melanggar protokol kesehatan.

Meanwhile, internationally….

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 54.052.111 kasus dan 1.313.263 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (10.906.725 kasus), India (8.814.579 kasus), Brazil (5.848.959 kasus), Prancis (1.915.713 kasus) dan Russia (1.910.149 kasus).
  • Seiring dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Korea Selatan, mulai Hari Jumat lalu, pemerintah setempat mulai memberlakukan kewajiban untuk pake masker bagi warganya di tempat umum. Bagi mereka yang ketauan nggak pake masker maka akan kena denda sebesar 100.000 won atau hampir Rp 1,3 juta.
  • Untuk pertama kalinya sejak diketahui kalah dalam Pilpres, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Hari Jumat lalu muncul di publik. Dalam keterangannya, Trump bilang bahwa dia nggak bakal menerapkan kebijakan lockdown, di tengah-tengah naiknya kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Amerika Serikat. FYI guys, Trump ga ngomong apa-apa soal pemilu pada kesempatan ini.
  • Hari Sabtu lalu, terjadi kebakaran di unit ICU yang merawat pasien Covid-19 di Kota Piatra Nempt, Romania. Akibatnya, 10 orang pasien dinyatakan meninggal dan 6 orang lainnya mengalami luka bakar berat.
  • Update terbaru dari pengembangan vaksin gengs, ternyata kandidat vaksin Pfizer yang diklaim 90% ampuh memiliki cara penyimpanan dan penanganan yang rumit. Disebutkan bahwa vaksinnya harus ditaruh di lemari pendingin dengan suhu -70 derajat Celsius. Suhu ini jauh banget dibanding suhu rata-rata vaksin lain yang standarnya di angka -2 sampe -8 derajat celsius. Hal ini kemudian menyebabkan pembelian dan permintaan ultra-cold freezers di Amerika Serikat meningkat tajam.
  • Pesepakbola Liverpool berkebangsaan Mesir Mohamad Salah baru aja diumumkan terinfeksi Covid-19 gengs. Saat ini, Salah lagi diisolasi mandiri dan tidak menunjukkan gejala apapun.

Who’s singing “minuman keras, miras! tak akan kuteguk lagi…”?

Rhoma Irama?
Correct. But also, most probably you (if you are a regular alcohol drinker) secara saat ini, pemerintah lagi menggodok RUU Minol, aka Rancangan Undang-Undang Larangan Minuman Beralkohol.
 
You got my attention.
Great. Jadi gini guys, kamu pasti ngeh bahwa sepanjang minggu kemarin, masyarakat diramaikan dengan munculnya pembahasan RUU Minol yang masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas di tahun 2020 ini. Adapun pengusulnya ada 21 orang dari fraksi PPP, PKS, dan Gerindra. Baru tadi malem, PAN juga bilang bahwa meraka turut mendukung RUU ini.
Emang undang-undangnya kayak gimana sih?
Well, satu hal yang paling jadi bahasan adalah sanksi pidana bagi pengkonsumsi alkohol yang berupa pidana penjara maksimal dua tahun atau denda maksimal Rp50 juta. Selain itu, sanksi ini bisa bertambah kalau si peminum dianggap mengganggu ketertiban umum atau mengancam keamanan orang lain. Adapun sanksi tambahan ini bisa berupa pidana maksimal 5 tahun penjara, atau sanksi denda minimal Rp100 juta.
Go on…
Nggak cuma untuk yang mengkonsumsi, namun RUU ini juga mengatur sanksi bagi warga yang memproduksi minol di mana mereka bisa dihukum penjara maksimal 10 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar. Selain itu bagi orang yang memasukkan, menyimpan, mengedarkan, dan menjual minol juga bisa dijerat dengan hukuman yang sama.
Dude, is there a “but”?
Of course. Jadi sanksi-sanksi tadi nggak berlaku untuk beberapa kepentingan, yaitu kepentingan adat, ritual keagamaan, wisata, farmasi, dan di tempat-tempat yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan.
Terus maksud dan tujuan RUU ini apa?
Menurut para pengusul sih, RUU ini disusun untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya mirasantika. Selain itu, RUU ini juga dinilai perlu untuk menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat. Alasan lainnya, menurut para pengusul, minol ini juga mengakibatkan banyak orang meninggal dan menimbulkan kejahatan serta kekerasan.
Got it. Did anyone say anything, tho? 
Yep. As always, there’s some pro’s and con’s. 
  • #Teampros:
    PP Muhammadiyah, di mana sekretaris umumnya Abdul Mu’ti menyebut bahwa aturan ini penting dan mendesak karena alasan kesehatan, sosial, ekonomi, dan ketertiban umum. Selain itu, RUU Minol juga jangan dipandang sebagai upaya Islamisasi, karena aturan serupa juga banyak berlaku di negara lain, termasuk di negara-negara barat.
    Majelis Ulama Indonesia (MUI), melalui sekjennya Anwar Abbas juga  menegaskan bahwa minuman beralkohol tidak baik menurut pandangan ajaran agama maupun ilmu kesehatan. Oleh karena itu, pihaknya mendukung perancangan RUU Minol karena tugas pemerintah adalah melindungi rakyatnya.
  • #teamcons:
    Pelaku wisata di Bali. Menurut Ketua Indonesia Food & Beverages Executive Association Bali, Ketut Darmayasa, kalo RUU ini disahkan maka yang berat nggak hanya pariwisata, namun akan berdampak juga terhadap banyak pihak. Misalnya, perajin minuman fermentasi atau destilasi khas Bali yang sedang semangatnya melestarikan minol hasil fermentasi dan destilasi warisan budaya Bali.
    Hotman Paris. Of course we have to talk about him, xixixixi. Jadi kata Bang Hotman di akun Instagram pribadinya kemarin, dia baru aja balik dari Bali, dan dia lihat gimana Bali udah sepi banget karena nggak ada wisatawan. Bang Hotman kemudian menyebut bahwa nggak kebayang kalo misalnya RUU Minol ini disahkan karena nggak cuma menghilangkan devisa, namun juga bikin industri minuman beralkohol juga ikut hancur atau bangkrut. Karenanya, Bang Hotman mengajak para pemuda Bali untuk ikut bersuara terkait aturan ini.
Random but OK. Anything else? 
Menurut anggota Baleg DPR RI, Firman Soebagyo, permasalahan tentang RUU Minol ini sebenarnya ada di judulnya. Pemerintah pernah ngasih usulan kalo judul UU-nya diganti aja, jadi RUU Pengaturan Minol. Menurutnya, kalau pengaturan ini bisa melarang, bisa juga memperbolehkan di daerah-daerah lain karena ‘keanekaragaman kita harus dijaga’.  Last but not least, penolakan tentang RUU Minol bakal jadi ‘masukan bagi Baleg DPR RI.

Who was busy working over the weekend?

ASEAN Leaders…
Busy for? 
KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN yang ke-37 yang berlangsung sejak Kamis sampe Sabtu minggu lalu. FYI guys, KTT ini diikuti oleh 10 kepala negara dan pemerintahan negara ASEAN, dan delapan kepala negara dan pemerintahan mitra ASEAN. Acting as the Zoom host is Vietnam, since the meeting was all held virtually. 
I need some background.
You got it. So as you know, ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations) adalah perkumpulan negara-negara di Asia Tenggara yang beranggotakan 10 negara (kita termasuk!). Nah setiap tahun, ASEAN mengadakan KTT yang mempertemukan para kepala negara untuk membahas isu-isu terkini di kawasan and be like…”what we can do about it?”
 
OK. Go on… 
Nah pada KTT tahun ini, yang got the calendar invites nggak cuma 10 negara ASEAN tadi aja, tapi juga some of our friends across the ocean, kayak China, Korea Selatan, Jepang, India, Amerika Serikat, sampe New Zealand. Adapun isu yang dibahas of course Covid-19, khususnya tentang produksi vaksin di kawasan ASEAN. Selanjutnya, para kepala negara juga bahas soal upaya membangkitkan ekonomi pasca covid.
Any highlights?
Yep. Dalam KTT ASEAN dengan Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri RI, Bu Retno Marsudi menyebut bahwa dalam empat tahun belakangan ini, hubungan ASEAN dan AS meningkat, khususnya dalam urusan perdagangan dan investasi. Adapun dalam perdagangan, kenaikan terjadi sebesar 39 persen, dan untuk investasi, naiknya sampai 110 persen dibanding empat tahun sebelumnya. Saat ini, ASEAN dan AS juga udah menyusun kerja sama di sektor energi dan ekonomi digital di periode 2021 – 2025.
Banyak ugha ya… 
Yep. Salah satu momentum lain yang bersejarah pada KTT ini adalah ditandatanganinya RCEPstands for Regional Comprehensive Economic Partnership. RCEP merupakan perjanjian perdagangan terbesar di dunia saat ini, dengan total GDP sebanyak lebih dari US$26 trilyun dan melibatkan hampir 1/3 dari populasi bumi.
 
WHOAAA kok bisa segede gitu?
Yha karena RCEP ini merupakan perjanjian dagang antara 10 negara ASEAN tadi, ditambah lima negara lainnya yakni Australia, New Zealand, China, Jepang dan Korea Selatan (tadinya India mau ikutan juga guizee tapi drama-dramanya banyak akhirnya gajadi). Perjanjian yang baru aja di-ttd semalem ini tentunya diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi ASEAN.
Got it. Anything else? 
Yap. Selain itu, negara-negara ASEAN juga berencana untuk membuat kebijakan travel corridor arrangement (Travel Bubble) untuk sesama warganya. Dengan adanya travel bubble ini, maka warga bisa bepergian secara lebih cepat untuk perjalanan yang esensial ke sesama negara ASEAN lain dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. FYI gengs, kebijakan ini di-push sama Pak Jokowi. Menurut beliau, warga udah nggak bisa nunggu lebih lama lagi, dan kawasan ASEAN perlu segera bangkit.

For when all tourist destinations around the world are almost empty…

Meet: The only place experiencing over-tourism this year: Chatham Island.
Baru denger? Sama. Jadi guys, Chatham Island ini adalah pulau terpencil di sebelah selatan New Zealand yang lagi jadi tujuan wisata bagi banyak warga di negara tersebut. Secara traveling abroad masih dibatasi ke banyak negara, warga Kiwis yang udah pengen jalan-jalan menjadikan pulau ini sebagai alternatif tujuan wisata. Akibatnya, jumlah kunjungan ke Chatham Island membludak di tahun ini. Jadi kalo pada tahun-tahun sebelumnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Chatham Island hanya sekitar 2000-an orang aja, maka pada tahun ini, angkanya diprediksi akan jauh lebih besar. Selain itu, berbagai akomodasi yang ada di pulau tersebut juga udah abis ter-booking sampe Bulan Juni tahun depan.
Penasaran apa aja aktivitas yang bisa dilakukan di sana? Well, of courseenjoying the nature secara pulaunya terpencil dan masih natural banget. Terus kamu juga bisa melihat berbagai jenis hewan langka kayak burung maupun amfibi yang cuma bisa ditemukan di pulau tersebut, dan…menikmati sunrise. Disebutkan bahwa karena letaknya yang unik dekat garis penanggalan internasional, Chatham Island ini menjadi pulau berpenghuni pertama yang tersentuh sama matahari terbit setiap harinya.

“Tahun 2024, kita capai Indonesia 100 persen ODF (open defecation free), tidak ada lagi orang praktik buang air besar sembarangan.”
Gitu kata Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto dalam acara Rakornas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat minggu lalu. Kata Pak Terawan, target ini udah sesuai sama goal SDGS yang mengamanatkan tiap negara untuk memastikan akses air minum bersih dan sanitasi aman pada tahun 2030.
 
When you don’t even know what you wanna be in 2021…

Angel’s Stories

1. Jadi 10 November lalu kucingku yang baru berumur 8/9 bulanan melahirkan.. anaknya 6:”).  Kucing aku badannya ga gede-gede banget btw. Aku terharu bangett liatnya. Kucingku bener-bener lindungin anak2nya.. Cheers to all mothers in the world❤
-w-
2. Jadi tahun ini aku gagal yang ke-3 kali nya untuk masuk kampus dan jurusan yang dari dulu aku inginkan. Pas awal² aku dapet pengumuman itu aku ngerasa baik² aja karena ngerasa toh udah gagal 2 kali jadi biasa aja. Karena saat daftar kuliah posisi aku emang udah kerja, aku tetep lanjut kerja lagi. Tapi tanpa aku sadari setelah kegagalan itu aku jadi menjalani hidup tanpa tujuan yang jelas dan ga tau apa yang mau aku capai. Kerjaan pun cuma kaya gugurin kewajiban aja. Aku lebih banyak ngabisin waktu untuk refreshing liat sosmed atau YouTube dibanding untuk self-improvement karena aku ga tau harus meng-improve apa dan buat apa. Sampai belum lama ini aku baru beranikan diri cerita sama sahabat aku soal kondisiku sekarang sejak gagal yang ke-3 kali itu. Dan ternyata aku baru sadar kalau aku tuh ngga baik-baik aja selama ini. Aku tuh sedih, kecewa, dan ngerasa bersalah sampai aku ngga berani lagi untuk punya mimpi atau bahkan punya ekspektasi tinggi buat diriku sendiri. Aku selalu mikir bahwa aku harus tegar padahal sedih itu hal yang wajar. Karena tiga tahun gagal dalam tes yang sama itu bukan hal yang gampang untuk diterima. Akhirnya aku luapin semua yang aku rasain ke dia, yang selama enam bulan sejak pengumuman itu ga pernah aku ceritain ke siapapun. Aku ngerasa lega banget.. selama ini memang sahabatku ini yang sering nanya tentang rencana kuliahku makanya aku cuma berani cerita ke dia. Walau cuma 1 sampai 2 jam kita ngobrol tapi rasanya batu besar di diri aku perlahan bisa aku singkirin. Aku mulai berani untuk bangkit dan punya mimpi lagi :’). Makasih banyaaak sobat jujur aku sayang banget sama kamuuuu.. Maaf yaa kalau aku sering ga muncul di momen² penting kamu :”” Kamu juga semangat ya!! Aku yakin dengan pribadi dan skill kamu, kamu pasti bisa mencapai apa yang kamu ingin kan. Yuk kita sama sama berjuang 🙂 Love yuuuuuu
-MGP-kota hujan-
3. Aku naik angkot ke kantor, dan pas angkotnya lewat tol tetiba mogok, penumpang cuma tiga: aku, ibu-ibu, sama mas-mas. Pak supirnya mau minggirin mobilnya karena kita lagi di tengah jalan, dan si mas ini langsung turun bantuin bapaknya dorong mobil. Abis itu karena mobilnya ngga bisa nyala juga, akhirnya aku coba telfonin derek tol supaya di bantuin. Makasih ya mas udah sigap bantuin bapaknya dorong mobil ke pinggir 🙂
-Adorable Representative MC for Youth (ARMY)-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Exercising is important, but watching what you eat, before and after the exercise, is alsoooo importanté. Check here for some pre and post exercise-meal-ideas.