Corona Updates 02 November 2020

17

As always, let’s start your day with some…Covid-19 updates.

Hi there, 

Yep we’re still talking about Covid-19 today, because apparently, it’s still here. And as always, let’s start from…
Home. 
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 412.784 kasus, 13.943 meninggal (3,4% dari Terkonfirmasi), dan 341.942 (82.8% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Adapun Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (105.597 kasus), Jawa Timur (52.465 kasus), Jawa Barat (36.338 kasus), Jawa Tengah (33.912 kasus), dan Sulawesi Selatan (18.345 kasus).

  • Long weekend kemarin, Jawa Tengah mencapai rekor baru penambahan kasus harian hingga 617 orang.

  • Kementerian Agama (Kemenag) baru aja memastikan bahwa mulai November nanti, ibadah umroh udah mulai dibuka dan akan dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan Covid-19. Saat ini, Kemenag lagi dalam proses finalisasi terkait penyusunan aturan dan persyaratan ibadah umrah bagi warga negara Indonesia.

  • Sabtu lalu, Ketua umum PMI yang juga mantan Wapres RI di Pak Jusuf Kalla memperkirakan bahwa Indonesia baru akan ‘selesai’ pandemi covid-19 pada tahun 2022. Pak JK menyebut, hal ini disebabkan oleh ketersediaan vaksin yang baru siap pada pertengahan 2021.
  • Hingga saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum memberikan izin edar terhadap satupun dari 44 kandidat vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan saat ini. Menurut BPOM, semua kandidat vaksin yang ada masih dalam proses pengembangan uji klinik baik pre klinik maupun uji klinik.
  • Hingga 25 Oktober lalu, hanya satu kota administratif di DKI Jakarta yang masih masuk kategori zona merah Covid-19 yakni Jakarta Utara. Adapun wilayah lainnya kayak Kabupaten Kepulauan Seribu udah masuk kategori zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah. Selain itu, empat kota lainnya yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat masih tergolong zona orange Covid-19. Nah untuk kota satelitnya, tinggal Depok yang masih berada di zona merah.
  • Per minggu lalu, Indonesia udah menjadi negara dengan angka kematian terburuk ketiga di Asia karena Covid 19. Indonesia “naik” menggantikan Bangladesh dan officially jadi negara yang paling terdampak di Asia Tenggara. Adapun di Asia, angka terburuk pertama adalah India dan kedua Iran.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 46.161.078 kasus dan 1.196.783 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (9.127.108 kasus), India (8.184.082 kasus), Brazil (5.535.605 kasus), Russia (1.624.648 kasus), dan Prancis (1.412.709 kasus).
  • Seiring dengan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Eropaweekend kemarin, Perancis dan Jerman baru aja mengumumkan lockdown nasional kedua selama empat minggu yang dimulai Jumat lalu.
  • Selain itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengumumkan bahwa pemerintahannya bakal memberlakukan karantina nasional kedua di Inggris mulai Kamis (05/11) dan berakhir tanggal 2 Desember, di tengah kasus positif virus corona mencapai lebih dari satu juta.
  • Not so good news buat kamu penggemar MotoGP karena ada kemungkinan MotoGP Portugal yang diagendakan berlangsung pada 22 November mendatang terancam batal. Hal ini tentunya karena pemerintah Portugal berencana meninjau ulang segala bentuk kegiatan ini.
  • Arab Saudi per 1 November kemarin udah mengizinkan jemaat dari luar negeri untuk melaksanakan ibadah umroh. Kurang lebih ada 1000 petugas udah dilatih dan dikerahkan untuk memastikan semua langkah pencegahan dan pembatasan sosial ditaati Jemaah Umrah.
  • Kemarin, Australia mencatat bahwa tidak ada kasus Covid-19 baru di negaranya untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan.
  • Hasil penelitian yang dilakukan sama Stanford University menunjukkan bahwa ada lebih dari 30 ribu kasus baru dan 700 kematian karena Covid-19 yang ada hubungannya sama kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Diketahui bahwa emang dalam kampanyenya ini, Trump sering banget dipenuhi warga yang nggak social distancing dan nggak pake masker.