Corona Updates 02 November 2020, Menlu Amerika Serikat Datangi Indonesia Bahas Laut Cina Selatan, Netflix Bakal Naikin Tarif Servisnya.

477

Good morning,

Welcome to November! If anything the long weekend has taught us, it’s the fact that we should always be thankful for mornings when we don’t have to set our alarm early in the morning. Four days without a 5 am alarm feel like heaven, and we should always cherish mornings like that.  Today, let’s get up again and be ready to chase your dream. 
Sky is the limit.

As always, let’s start your day with some…Covid-19 updates.

Hi there, 

Yep we’re still talking about Covid-19 today, because apparently, it’s still here. And as always, let’s start from…
Home. 
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 412.784 kasus, 13.943 meninggal (3,4% dari Terkonfirmasi), dan 341.942 (82.8% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Adapun Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (105.597 kasus), Jawa Timur (52.465 kasus), Jawa Barat (36.338 kasus), Jawa Tengah (33.912 kasus), dan Sulawesi Selatan (18.345 kasus).

  • Long weekend kemarin, Jawa Tengah mencapai rekor baru penambahan kasus harian hingga 617 orang.

  • Kementerian Agama (Kemenag) baru aja memastikan bahwa mulai November nanti, ibadah umroh udah mulai dibuka dan akan dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan Covid-19. Saat ini, Kemenag lagi dalam proses finalisasi terkait penyusunan aturan dan persyaratan ibadah umrah bagi warga negara Indonesia.

  • Sabtu lalu, Ketua umum PMI yang juga mantan Wapres RI di Pak Jusuf Kalla memperkirakan bahwa Indonesia baru akan ‘selesai’ pandemi covid-19 pada tahun 2022. Pak JK menyebut, hal ini disebabkan oleh ketersediaan vaksin yang baru siap pada pertengahan 2021.
  • Hingga saat ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum memberikan izin edar terhadap satupun dari 44 kandidat vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan saat ini. Menurut BPOM, semua kandidat vaksin yang ada masih dalam proses pengembangan uji klinik baik pre klinik maupun uji klinik.
  • Hingga 25 Oktober lalu, hanya satu kota administratif di DKI Jakarta yang masih masuk kategori zona merah Covid-19 yakni Jakarta Utara. Adapun wilayah lainnya kayak Kabupaten Kepulauan Seribu udah masuk kategori zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah. Selain itu, empat kota lainnya yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat masih tergolong zona orange Covid-19. Nah untuk kota satelitnya, tinggal Depok yang masih berada di zona merah.
  • Per minggu lalu, Indonesia udah menjadi negara dengan angka kematian terburuk ketiga di Asia karena Covid 19. Indonesia “naik” menggantikan Bangladesh dan officially jadi negara yang paling terdampak di Asia Tenggara. Adapun di Asia, angka terburuk pertama adalah India dan kedua Iran.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 46.161.078 kasus dan 1.196.783 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (9.127.108 kasus), India (8.184.082 kasus), Brazil (5.535.605 kasus), Russia (1.624.648 kasus), dan Prancis (1.412.709 kasus).
  • Seiring dengan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Eropaweekend kemarin, Perancis dan Jerman baru aja mengumumkan lockdown nasional kedua selama empat minggu yang dimulai Jumat lalu.
  • Selain itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengumumkan bahwa pemerintahannya bakal memberlakukan karantina nasional kedua di Inggris mulai Kamis (05/11) dan berakhir tanggal 2 Desember, di tengah kasus positif virus corona mencapai lebih dari satu juta.
  • Not so good news buat kamu penggemar MotoGP karena ada kemungkinan MotoGP Portugal yang diagendakan berlangsung pada 22 November mendatang terancam batal. Hal ini tentunya karena pemerintah Portugal berencana meninjau ulang segala bentuk kegiatan ini.
  • Arab Saudi per 1 November kemarin udah mengizinkan jemaat dari luar negeri untuk melaksanakan ibadah umroh. Kurang lebih ada 1000 petugas udah dilatih dan dikerahkan untuk memastikan semua langkah pencegahan dan pembatasan sosial ditaati Jemaah Umrah.
  • Kemarin, Australia mencatat bahwa tidak ada kasus Covid-19 baru di negaranya untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan.
  • Hasil penelitian yang dilakukan sama Stanford University menunjukkan bahwa ada lebih dari 30 ribu kasus baru dan 700 kematian karena Covid-19 yang ada hubungannya sama kampanye Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Diketahui bahwa emang dalam kampanyenya ini, Trump sering banget dipenuhi warga yang nggak social distancing dan nggak pake masker.

Who just visited Indonesia last week?

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo.

Oh iya? Ngapain?
Yhaaa silaturahmi aja. Kata Pak Jokowi, kunjungan Menlu AS itu menunjukkan betapa pentingnya hubungan antara kedua negara, khususnya lagi masa pandemi covid-19 ini.  FYI, Pompeo datang ke Istana Bogor hari Kamis (29/10) kemarin gengs.
 
I see…
Nah FYI guys, jadi emang selama ini hubungan bilateral antar kedua negara udah cukup intensif.  Hal ini terlihat dari pejabat-pejabatnya yang saling berkunjung.  Contohnya, sebelum Pompeo datang ke Indonesia, Menteri Pertahanan RI, Prabowo juga baru melakukan kunjungan ke AS untuk membahas kerja sama militer.
Terus di Bogor bahas apa? 
Nah, jadi Kamis kemarin, Pak Jokowi dan Bu Menlu, Retno Marsudi, yang menyambut Pompeo di istana.  Terus, mereka ngobrol deh, dan Pak Jokowi bilang kalau doi pengen AS jadi ‘the true friend of Indonesia’.
 
So they’re like making friendship bracelet or something?
Of course not. But more like, meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi dan pertahanan. Kata Menlu RI Bu Retno Marsudi, untuk mencapai kerja sama yang lebih erat ini, tentunya harus ada usaha dan dipelihara terus kerja samanya.
 
Did they talk about other things tho?
Yep, dalam kunjungannya ini, Pompeo juga sempat membahas tentang situasi Laut China Selatan (LCS).  FYI, baru-baru ini China mengklaim kalau 90 persen wilayah di LCS itu adalah wilayahnya, and Indonesia was like, “That’s not true.” Menurut Bu Retno, urusan perbatasan ini harus sesuai sama Konvensi III PBB tentang hukum laut (UNCLOS 1982) dan diketahui bahwa dari yang udah disepakati, LCS merupakan wilayah kedaulatan beberapa negara kayak Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, Taiwan, dan juga Indonesia.
I see, terus gimana? 
Well, terkait isu ini, AS menyatakan dukungannya untuk membantu Indonesia dalam hal pertahanan, khususnya terkait keamanan maritim di kawasan tersebut. AS-RI sepakat untuk memperkuat kemampuan pertahanan dan perlengkapan militer RI agar mencapai Minimum Essential Force (MEF).  Selain itu, mereka sepakat untuk melakukan sinergi dalam pelatihan, bidang intelijen, dan kerja sama keamanan maritim.
Whooaaa…
Yep. Selain itu, Pompeo juga bilang bahwa pihaknya ingin menjalin hubungan dengan organisasi akar rumput (grass-roots organization), dan nggak hanya dengan pemerintah. Karenanya, Pompeo juga turut menyampaikan pidato di acaranya Gerakan Pemuda (GP) Ansor pada Kamis (29/10).
Bahas apa tuh?
Dalam kesempatan tersebut, Pompeo menyebut bahwa Partai Komunis China adalah salah satu ancaman besar terhadap kebebasan beragama di masa depan. Selanjutnya, dia membahas tentang kondisi masyarakat muslim di Uighur yang menurutnya bukan meliputi program pengentasan kemiskinan seperti yang disampaikan oleh Pemerintahan China. Menurutnya, Partai Komunis China yang didasari oleh ‘ateisme’ adalah ancaman bagi agama-agama, baik itu Islam, Kristen, Buddha, dan lainnya.
I see..anything else? 
Dalam pidatonya tersebut, Pompeo juga meminta seluruh pemimpin agama untuk terus membela hak asasi manusia, khususnya tentang kebebasan beragama. Selain ke Indonesia, Pompeo juga akan melakukan kunjungan ke beberapa negara di Asia, termasuk India, Sri Lanka, dan Maladewa dalam seminggu ke depan.
Advertisement

For when Netflix has been your best friend during the pandemic…

Brace yourself.
Karena rencananya, Netflix bakal menaikkan harga servisnya. Yep, jadi dalam keterangannya weekend kemarin, Netflix bilang bahwa saat ini, pelanggannya memiliki banyak pilihan hiburan yang pengen mereka tonton. Selain itu, perusahaan streaming ini juga ingin memberikan pengalaman nonton yang lebih baik buat para pelanggannya. Karena itulah, Netflix berencana buat melakukan penyesuaian harga. Diketahui bahwa untuk konsumennya yang ada di Amerika Serikat, standard plannya naik US$1, jadi US$14 dibandingkan tahun lalu. Terus untuk premium plannya bakal naik sebesar US$2 jadi US$18 per bulan, sedangkan untuk basic plannya bakal tetap di US$9. Seiring dengan munculnya informasi ini, harga saham Netflix langsung naik 5%.
FYI guys, emang udah banyak analysts yang memprediksi bahwa harga langganan Netflix bakal naik, secara mereka spend lumayan banyak dalam bikin konten sendiri. Nah soal kenaikan harganya ini, disebutkan bahwa untuk pelanggan baru, harga barunya juga bakal langsung berlaku, sedangkan untuk pelanggan lama, maka kita bakal di-email dulu dan tarif barunya bakal berlaku dalam beberapa bulan ke depan.

“Saya orangnya tidak like and dislike.”

Gitu kata Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bu Megawati Soekarnoputri saat membahas soal calon kepala daerah yang diusung oleh partainya. Kata Bu Mega dalam kesempatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) PDIP Sabtu lalu, memang dalam nyalonin kepala daerah ada unsur subjektifitas dalam mencalonkan seseorang, namun pencalonan harus tetap sesuai aturan dan tidak ujug-ujug.
 
For when your coworker asks your opinion about the new boss and you try to be diplomatic…

Angel’s Stories

1. Minggu ini hectic banget karena aku baru sadar setelah dikasi tau temen batas akhir daftar sidang skripsi jadi aku langsung ngebut selesaiin draft dan ngejar dosen buat tanda tangan. Masalahnya dosen pembimbingnya suka banget unreachable sampe di satu titik udah cape banget aku jauh-jauh ke kampus (rumahku ke kampus lumayan jauh dan aku ga ngekos) tapi ga dapet apa-apa, jadi belom bisa daftar sidang. Aku nangis di depan temenku terus dia cuma bilang, “Yaudah gapapa besok mau aku temenin lagi ke kampus ga?” karena udah cape banget aku bilang mau. Besoknya dia temenin aku dan nyetirin aku ke mana-mana buat ngejar tanda tangan dosen even bantuin ngelengkapin berkas yang kurang. Jadi seharian itu bener-bener dia cuma jadi my motherfairy. She’s always that kind to everyone and I’m grateful that God let her be my friend. Dear friend, thank you so much for always standing by me and bearing with this annoying person you’ve befriended with. Love you.
-b-
2. This morning I took a walk to visit one of the museums in Bandung, Museum Mandala Wangsit Siliwangi. I was trying to cross a one-way road at a zebra crossing, but the vehicles did not seem to slow down at all (gosh I’m not used to crossing the roads without traffic lights). After five minutes of waiting (which felt like eternity), frustrated not being able to cross the road, came an elderly man from the right side of the road. He was wearing a black mask (yes we now live in a world where masks are one of the first things we notice😏), a red cap, checkered orange shirt, and a black backpack. He asked me whether I would like to cross the road, and said he wanted to cross too. Without a doubt, he stepped forward gallantly and suddenly all the cars and motor bikes stopped and together we crossed the road with ease. On the opposite side of the street, I thanked the old man and continued to walk through the museum entrance. I didn’t know why, but I felt the urge to turn my head back, when then I saw the old man was crossing the street again continuing to walk down the path as before. A slow smile worked its way across my face and into my eyes. Kindness really is simple and could change the course of your day. Let’s be kind and help one another.. for that’s what truly matters.
-Emi-
3. Today I feel like I am not being me because I do nothing at all. I am a fresh graduate. I had a job before, but things happened. So I am jobless now. When I was busy with my skripsi-thing, I listed things-to-do after graduation, but now it seems like I’ve lost the big WHY to do so. Today I open Catch Me Up in my email and they recommend me several things that are RELATABLE with what I need. I think I want to start my podcast and write a book during my jobless time.. Keep it up, Catch Me Up team!!
-@elfieshab on instagram-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Just come back from long weekend but somehow, you still find it hard to relax? Here are some tips you can check on. 
Advertisement