China Luncurkan Robot Pesawat Luar Angkasa Ke Bulan

110
Who sings ‘Fly Me to The Moon’? 

Frank Sinatra?
Him, but now also China. 
Gimana gimana.
Jadi kemarin, China baru aja nge-launch robot pesawat luar angkasanya dengan misi: membawa balik batu-batuan dari bulan balik ke bumi.  FYI gengs, ini adalah pertama kalinya China meluncurkan misi kayak gini dan dinilai banyak pihak sebagai langkah signifikan yang diambil sama negeri tirai bambu itu untuk nyusul negara-negara lain kayak AS, Eropa dan Rusia dalam ekspolrasi luar angkasa.
 
Whoaaa
Yep. Dan kalau misi ini berhasil, maka ini akan menjadi usaha pertama yang dilakukan oleh suatu negara sejak misi yang sama dilakukan oleh Uni Soviet pada 1976 lalu. Selain itu, kalo berhasil juga, China akan jadi negara ketiga di dunia yang punya sampel material dari Bulan, menyusul AS dan Uni Soviet.
Tell me more about the mission dong.
Iya jadi peluncuran robot luar angkasanya ini dilakukan pada Selasa (24/11) kemarin pukul  4.30 pagi waktu Beijing. Nah si robot ini berangkat dari Wenchang Space Launch Centre di Pulau Hainan, dan misinya sendiri  dinamakan Chang’e-5 mission. Adapun nama ini diambil dari nama Dewi Bulannya China.
Jadi maksud dan tujuannya apa nih main-main ke Bulan?
Yha tadi, untuk membawa balik batu-batuan dari bulan ke bumi. Batuan ini bakal berguna buat para peneliti yang ingin memahami tentang asal-usul dan pembentukan bulan. Harapannya, sampel yang diambil oleh si robot ini bisa membantu proses penelitian tersebut.
 
Got it. How long does it take to get there?
Well, according to the spokesperson, spacecraft-nya kemungkinan bakal landing di bulan dalam delapan hari ke depan.  Meanwhile, durasi misinya diperkirakan bakal berlangsung sekitar 23 hari. Jadi, ketika si spacecraft-nya udah mendarat di bulan, spacecraft-nya bakal melakukan penggalian di permukaan bulan untuk mendapatkan sampel minyak dan batuan di sana.
Got it. Terus?
Terus ya sampelnya bakal dibawa balik ke China dan mendarat di wilayah Mongolia China. Disebutkan juga bahwa tantangan terbesar dari misi ini adalah…yha semuanya. Dari mulai mendapatkan sampelnya dari bulan, terus cabs, terus balik lagi ke bumi, semua dalam proses yang berjalan cepet banget.