‘Apple’ Bayar Denda US$113 juta Ke 34 Negara Bagian Di Amerika

49

Who’s just being guilty as charged?Apple.

 
Apple as in the computer? The phone?
Yep, 100 percent.
What happened?
Jadi sekitar minggu lalu, Apple baru aja menyetujui pembayaran “denda” aka ganti rugi sebesar US$113 juta ke 34 Negara Bagian yang ada di Amerika Serikat sebagai bentuk tanggung jawabnya atas skandal yang disebut banyak orang: Battery gate. 
Again, what happened?
Yha jadi gini guize, kamu pasti sadar banget kan kalo Apple kerap kali merilis hape series barunya dalam jangka waktu beberapa tahun aja? Nah jadi battery gate ini disebut sebagai upaya perusahaan bikin para pelanggannya beli hape baru dengan cara bikin baterai lamanya rusak dan gampang mati.
 
Whoaaa I need some background.
Got it. Jadi dalam gugatan yang dilayangkan oleh negara bagian Arizona dan California, disebutkan Apple nggak transparan soal kondisi baterai di iPhone versi lamanya yang sering rusak. Jadi ketika pelanggan datang dan mengeluhkan baterainya yang bermasalah, instead of menjelaskan masalahnya dan ganti baru, mereka malah meminta para customer untuk update iOS. Nah update iOS inilah yang diduga bikin hape iPhone versi lama jadi makin bermasalah.
 
Good lord…
Nah karena kejadian ini, banyak spekulasi beredar yang menyebutkan bahwa Apple sengaja bikin solusi kayak gitu supaya para konsumen yang pake iPhone jadul ganti hape jadi iPhone baru.
 
Buset…
Iya, terkait hal ini, seorang jaksa agung di Arizona yang juga ikut menyelidiki kasus ini, namanya Mark Brnovich, menyebut bahwa dirinya berkomitmen untuk memastikan perusahaan-perusahaan teknologi bertanggung jawab penuh ketika mereka justru menyembunyikan informasi penting dari penggunanya.

Terus Apple gimana?

Well, Apple kemudian meminta maaf. Dalam keterangan perusahaan di tahun 2017 lalu, Apple, in their words says: “We know that some of you feel Apple has let you down. We apologize,” Selanjutnya, Apple bilang bahwa mereka nggak pernah secara sengaja memperpendek umur baterai penggunanya, apalagi dengan sengaja mengurangi kepuasan pelanggan.
Udah?
Yha belom. Meskipun udah minta maaf, Apple teteup menghadapi konsekuensi hukum dengan kewajiban bayar milyaran dollar untuk aksinya dan kemudian mereka menurunkan harga baterainya dari US$79 ke US$29. Selain itu, Apple juga setuju untuk menambahkan fitur yang bikin penggunanya bisa memonitor battery health, performance dan power management di hapenya.