WHO Sebut 10 Persen Dari Populasi Di Dunia Terinfeksi Covid-19

18

Who’s just sent us some updates?

WHO.

Who? 
Funny. we’re talking about World Health Organization (WHO).
 
Oh. I am sensing it’s about Covid.
True ‘dat. Jadi dalam keterangannya Hari Senin lalu, kepala bagian emergency WHO dr. Michael Ryan menyebutkan bahwa hingga saat ini, diduga udah 10% dari seluruh populasi di dunia yang terinfeksi covid-19.
HAH apa sih.
Iya beneran guys. Jadi dalam keterangannya itu, dr. Ryan menyebutkan bahwa diduga satu dari 10 orang di dunia terinfeksi covid-19. Angka ini berarti lebih dari 20 kali lipat dari total kasus yang tercatat sejauh ini.
 
Kok bisa beda?
Karena menurut para ahli, selama ini banyak juga kasus-kasus Covid-19 yang nggak terlaporkan, hingga jumlah penularan aslinya bisa jadi lebih tinggi dari yang dilaporkan. FYI, 10 persen dari sekitar 7,6 Milyar penduduk bumi itu berarti sekitar 760 juta orang yha.
 
Whoaaa…
Iyaa, tapi itu berdasarkan estimasi aja ya guys. Hal ini karena emang menurut dr. Ryan, penularan Covid-19 yang emang masih berlangsung dan resiko penularan masih tinggi hingga saat ini. Beliau menyebutkan beberapa contoh, kayak Asia Tenggara yang lagi mengalami lonjakan jumlah kasus, kemudian Eropa dan wilayah Mediterania yang lagi terjadi peningkatan angka kematian.
Olrite. Anything else?
Terkait hal ini, general director WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut bahwa sejauh ini, negara-negara yang bisa memperbaiki situasi terkait Covid-19 adalah mereka yang punya kepemimpinan kuat, strategi yang jelas dan menyeluruh, dan melakukan komunikasi yang konsisten terhadap warganya. Jadi emang strong leadership PENTING banget gengs.