Tinjauan Kinerja Pak Jokowi Setelah Genap Setahun Menjabat

21

Who’s just got their annual performance review?

Who?

Kepemimpinan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin. Karena hari ini, mereka udah genap setahun menjabat sebagai presiden dan wapres guys.

Oh. How did they do?
Uhm….interesting. A lot of thoughts. Kayak misalnya dari segi ekonomi, survei dari Indikator Politik Indonesia menyebut bahwa sebanyak 55 persen masyarakat menilai bahwa kondisi ekonomi tanah air saat ini lagi buruk, apalagi sejak Covid-19 mewabah. Selain itu, makin banyak juga masyarakat yang memandang bahwa kondisi ekonomi kita lagi nggak baik. Kalo di Bulan Februari, responden yang mikir begini ada 24 persen, maka pada bulan Mei, angka itu melonjak sampai 81 persen.
 
Whoaaa….
Yep, nah terus karena Covid-19 ini juga, berbagai program prioritas pemerintah kayak pembangunan infrastruktur dan SDM jadi belum maksimal. Selain itu, program pemerintah, contohnya kartu prakerja juga dinilai belum maksimal, karena terjadi perubahan dari sebelumnya untuk meningkatkan skill masyarakat, jadi untuk memberikan bantuan karena pandemi Covid-19.
 
Got it. What about on other things?
Red mark for human rights, according to KontraS. Menurut lembaga ini, pemerintahan Jokowi Ma’ruf semakin menunjukkan kegagalannya dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan HAM di masyarakat. Selain itu, kondisi pandemi juga dijadikan dalih untuk memperluas tugas dan fungsi aparat keamanan terhadap sipil.
Dude, anything good though?
Yep, kayak misalnya dalam hal penyederhanaan aturan buat meningkatkan investasi, adanya UU Ciptaker merupakan bentuk konsistensi pemerintah dalam upayanya mendatangkan investor. Selain itu dalam bidang keamanan, polisi juga berhasil mengungkap hingga 29 ribu kasus narkoba, cuma di tahun ini aja.
Got it. So we’re good?
Uhmmm not really, karena hari ini rencananya berbagai elemen masyarakat bakal melaksanakan aksi protes untuk turun ke jalan.
Tell me more.
Yep, jadi diketahui bahwa beberapa kelompok yang bakal melakukan aksi protes hari ini di antaranya adalah Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Kedua aliansi ini mempunyai tuntutan yang sama, yaitu supaya Pak Jokowi nerbitin Perppu (Peraturan Pengganti Undang-Undang) untuk membatalkan UU Ciptaker.
Pada mau aksi di mana? 
Menurut KASBI sih, mereka akan melakukan long march dari Universitas Indonesia (UI) Salemba sampai ke depan Istana Kepresidenan di Jakarta. Selain itu, BEM SI juga menyebut bahwa kemungkinannya, bakal ada 5000 mahasiswa yang ikut demo.
OK…
Nah untuk mengantisipasi aksi protes ini, Kepolisian udah menyiapkan sekitar enam ribu personel keamanan untuk jaga-jaga di depan Istana Negara. Selain itu, Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana bilang bahwa pihaknya nggak akan menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) untuk aksi demo hari ini. Alasannya, saat ini Jakarta masih menghadapi pandemi virus corona.
Anything else, then? 
Well, a little more about the review, pengamat juga menilai bahwa dalam setahun terakhir ini, peran wapres Kiai Ma’ruf Amin masih minim di publik karena kegiatannya nyaris nggak pernah dipublikasikan. Karenanya, pemerintahan saat ini disebut sebagai one man show aja.