Populasi Pinguin Galapagos Meningkat

18

What’s just getting more crowded?

Galapagos Island.
Yep guys, karena dari hasil laporan terbaru dari pihak pengelola pulau, Galapagos National Park disebutkan bahwa telah terjadi kenaikan jumlah populasi dari dua jenis hewan yang merupakan penghuni asli dari salah satu pulau paling terpencil di dunia itu, yaitu pinguin galapagos dan burung laut yang nggak bisa terbang aka flightless cormorants. Jadi dalam laporannya yang baru aja dirilis Jumat lalu, disebutkan bahwa populasi penguin galapagos naik dari 1.451 ekor di tahun 2019 jadi 1.940 ekor di tahun 2020. Adapun untuk burung laut yang nggak bisa terbang, jumlahnya naik dari 1.914 jadi 2.220 pada periode waktu yang sama.
Penasaran, kenapa populasi keduanya bisa bertambah? Ada dua alasan. Pertama, karena terjadinya badai La Nina yang membawa lebih banyak makanan ke pulau lewat laut, dan kedua, karena pandemi Covid-19 yang bikin kunjungan turis ke pulau tersebut turun drastis. Dengan berkurangnya kunjungan turis, gangguan atas kegiatan reproduksi hewan-hewan tadi juga ikut berkurang dan hasilnya, more population.
FYI guys, pulau Galapagos ini terletak di wilayah perairan Ekuador, dan luasnya sekitar 1.000 km. Galapagos merupakan rumah bagi berbagai jenis flora maupun fauna yang langka dan cuma ada di pulau tersebut, contohnya penguin Galapagos dan flightless cormorants tadi.
 
Clap, clap…