Perdana Menteri Jepang Menetapkan Sasaran Masyarakat Tanpa Emisi dan Netral Karbon Pada Tahun 2050, Libur Panjang Penumpang Kereta Api Meningkat Capai 9.374 Orang, NASA SOFIA Menemukan Air di Permukaan Bulan yang Disinari Matahari, Penjualan Game Monopoli Melonjak Hingga 21%

40

Good morning,

Today feels like weekend already since the long weekend is just thiiiiiiis close. Without further ado, we’d like to remind you that we won’t be sending email tomorrow, so don’t look up for us in your inbox. Holidays mean relaxing your mind and body (and maybe, a socially distanced brunch!), and we want to respect that. Enjoy the holiday, take care of your health, eat good food, and we’ll catch you up! again on Friday. Happy holiday!

Who’s showing the earth some love?

Who?
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga.
Soal…
Soal goal ambinya yang pengen bikin negaranya mencapai posisi carbon neutral pada tahun 2050 mendatang.
Tell me again what carbon neutral is….
Jadi carbon neutral itu bisa diartikan sebagai kondisi yang nggak menambah emisi karbon dioksida di atmosfer. A little geography lesson here, Jadi kayak yang kamu tahu, emisi gas karbon ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya global warming aka pemanasan global.
 
Terus emisi karbon ini dihasilkannya oleh…
Macem-macem. Produksi industri kayak pabrik-pabrik bisa menghasilkan emisi karbon, begitu juga proses pengolahan batu bara, minyak bumi, hingga kegiatan rumah tangga (kayak kamu nyetir mobil berbahan bakar bensin). Nah karbon (kita specifically ngomongin CO2 aka karbon dioksida yah) yang dihasilkan oleh proses ini kemudian akan ngumpul di atmosfer dan bikin panas yang berasal dari bumi nggak bisa keluar lewat atmosfer (harusnya bisa, kalo: 1. Kita nggak membabat pohon yang menghirup CO2; 2. Kita nggak menghasilkan terlalu banyak CO2).
 
Which leads to…
Banyak negara yang berkomitmen untuk mengurangi produksi emisi gas karbon (contohnya, negara-negara yang menandatangani perjanjian Paris). Nah kalo yang lain mau mengurangi, maka Suga was like, “Nope, we’ll take neutral” dengan menyampaikan komitmennya itu Hari Senin kemarin, di depan parlemen Jepang.
 
Gimana gimana katanya.
Well, dalam speech-nya itu, PM Suga bilang bahwa pemerintahannya bakal mengambil langkah maksimal untuk menciptakan masyarakat yang hijau dengan menyelaraskan antara ekonomi dan pemerintahan. Salah satunya dengan kebijakan tadi. Selain itu, PM Suga juga bilang bahwa merespons isu lingkungan udah bukan halangan lagi buat ekonomi.
 
Amen.
Yep, langkah ini kemudian disambut positif oleh lembaga lingkungan Greenpeace yang menyebut bahwa target Suga adalah “precisely the kind of action the world needs”. Padahal sebelumnya, pemerintahan Jepang kerap dikritik oleh Greenpeace karena dibilai lambandalam mengambil tindakan terkait climate change ini.
So, where do we go from here?
Dalam keterangan terpisahnya, Menteri Industri Jepang, Hiroshi Kajiyama menyebut bahwa untuk mewujudkan target ini, pihaknya akan mulai melakukan riset intensif dan mendigitalisasi masyarakat. Selain itu, strategi lainnya adalah dengan penggunaan panel surya dan carbon recycling. 
Ok, anything else? 
Selain Jepang, Uni Eropa juga udah membuat target yang sama tahun lalu, bahwa Uni Eropa akan carbon neutral di tahun 2050.  Selain itu, Presiden China, Xi Jinping, juga membuat janji pada September kemarin, kalau China bakal ‘carbon neutral’ by tahun 2060. FYI, Jepang adalah negara kelima dengna polusi karbon dioksida terbesar di dunia.
*uhuk* tuh lingkungan bisa dijaga bareng sama pertumbuhan ekonomi kok *uhuk*

For when you think about taking the train for the long weekend…

Put on your masks, stock up on santizers, try hard to social distancing…

Why? 
Karena kereta weekend ini diprediksi bakal rame banget.  Dalam catatannya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut bahwa sejak Selasa lalu, udah ada 9.374 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.
I see….
Yep, that’s like 86% dari total 10.816 tempat duduk yang disiapin. Untuk hari ini, PT KAI bilang kalau udah ada 9.284 tiket KA jarak jauh yang terjual, dan total tempat duduknya 9.714 orang.  Menurut Kepala Humas PT KAI Jakarta, Eva Chairunisa, jumlah penumpang bakal bertambah pas Hari H karena penumpang bisa beli tiket online atau beli di tempat tiga jam sebelum keberangkatan.
Terus terus…
Naah tapi masih kata PT KAI, meskipun jumlah penumpangnya banyak,  total penumpang masih lebih rendah dari hari libur normal sebelum pandemi covid-19. Selain itu, FYI aja bahwa kereta hanya boleh diisi oleh 70 persen dari total kapasitas keseluruhan, demi menjaga protokol kesehatan.
Terus kalo jumlah penumpangnya nambah gini gimana?
Yha akhirnya PT KAI memutuskan untuk nambahin jumlah kereta api yang beroperasi. In fact, per kemarin, ada 27 kereta api tambahan per hari yang beroperasi dari tanggal 27 Oktober – 1 November 2020.
Btw, harus rapid test nggak sih? 
Of course.  Menurut Bu Eva, penambahan penumpang juga berarti antrian rapid tes yang lebih panjang. Pada Senin (26/10) kemarin aja, statsiun Pasar Senen dan Gambir udah melakukan tes terhadap 1.900 calon penumpang.
Whoaaa kebayang ngantrinya…
Nah kalo kamu males ngantri, sebaiknya rapid tesnya sehari sebelum keberangkatan ya. Kalau mau rapid tes di stasiun, datang ke stasiunnya jangan tiga jam sebelumnya, tapi lebih dari 3 jam sebelumnya.  Layanan rapid test calon penumpang ada di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, jam 07.00 – 19:00 WIB.
Got it. Now how about taking the road trip? 
Well, soal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo bilang kalau bakal ada skema buka tutup di rest area jalan tol supaya rest areanya nggak terlalu padat.  Buka tutup bakal ada di rest area KM 19, KM39, dan KM33.  So far, Polda Metro Jaya bakal menurunkan 2.999 personelnya dan 16 pos pengamanan untuk mengamankan libur panjang.
Stay safe all!

For when you’ve been singing “take me to the moon….”

Uh-uh. Bruno Mars.
Yep.
 

Now you want to talk about moon?

Yep, karena baru aja kemarin, NASA’s SOFIA (Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy) mengkonfirmasi bahwa telah ditemukan permukaan air yang luas di Bulan, khususnya di bagian yang kena matahari. Hal ini menunjukkan bahwa permukaan air di Bulan ini ternyata nggak cuma ada di bagian yang gelap aka yang nggak kena matahari aja.
 
I see…
Nah masih kata NASA dalam keterangannya kemarin, temuan ini akhirnya mampu mengkonfirmasi beberapa hal…

And those are?
Yhaa misalnya ternyata jumlah air yang ada di permukaan bulan lebih banyak dari dugaan awal, dan airnya bisa ada di luar freezing craters-nya bulanThis means ada air juga di bagian bulan yang kena sinar matahari. Selain itu, penemuan air ini juga penting banget, secara akan sangat berguna buat penelitian lebih lanjut, kayak mewujudkan kehidupan di bulan, maupun untuk eksperimen bercocok tanam di sana.
And I should know this because…
Yha penting aja, khususnya untuk NASA’s Project Artemis. Project ini bertujuan untuk mengeksplor kemungkinan adanya keberlanjutan kehadiran manusia di bulan pada tahun 2028. Nah penemuan ini disebut bisa membantu tercapainya tujuan dari project tadi.
Wow…anything else? 
FYI, di tahun 1967 ada perjanjian called “The Outer Space Treaty of 1967” yang melarang negara-negara untuk mengibarkan benderanya di bulan. Nah, tapi, berhubung ada penemuan-penemuan baru yang menunjukkan kalau bulan bisa ‘dihuni’, kemungkinan bakal ada aturan-aturan baru yang dirancang untuk memastikan negara-negara yang ikutan dalam proyek luar angkasa, kebagian ‘lahan’ di bulan.

For when families are bored of staying at home…

Then, they play board games.
Yep, seiring dengan berlakunya kebijakan pembatasan sosial di banyak negara akibat pandemi Covid-19, jadi banyak juga keluarga yang stay aja dan di rumah dan nggak ke mana-mana. Nah biar ga bosen selama WFH ini, ternyata banyak keluarga yang memilih untuk main board games guys. Hal ini ketauan dari laporan penjualan perusahaan Hasbro, yang memproduksi game Monopoly Gathering. Adapun dalam laporannya itu, disebutkan bahwa dalam quarter ketiga (Juli-September) 2020, penjualan game monopoli melonjak hingga 21%. Selain itu, terjadi juga peningkatan penjualan pada game lain kayak “Star Wars” dan “The Mandalorian”.
Tren yang sama juga dilaporkan sama perusahaan mainan lainnya, Mattel. Dalam laporan keuangannya, Mattel menyatakan bahwa selama kuarter kemarin, penjualan boneka Barbie naik sampe 28% dan penjualan Hot Wheels juga naik sampai 6%. Dengan performa ini, sahamnya Mattel sampe naik hingga 13% pada minggu lalu.

“Jangan dipake untuk beli mobil.”

 
Gitu kata Presiden Joko Widodo kemarin, pas dirinya menyerahkan sertifikat tanah kepada 20.087 kepala keluarga di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kata Pak Jokowi, sertifikat tanah itu mendingan digadein ke bank buat modal usaha atau modal investasi, bukan buat beli mobil atau motor.

Because, priority. 

Angel’s Stories

1. Hi, semoga pembaca CMU selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalani aktivitas kesehariannya. Aamiin.. Mau bilang makasih sama yang kasih rekomendasi buku The Things You Can See Only When You Slow Down. Saya langsung download dan sekarang udah mulai banyak baca lagi. Bukunya bagus banget buat belajar tentang hal-hal yang selama ini kepikiran “Kenapa?” pelan-pelan berubah jadi “Apa yang bisa aku lakukan hari ini?”
-R, Depok-
2. Siang-siang dikabarin kalau para ponakan lagi rewel mulu di rumah. Tau-tau keinget postingan IG @ketimbang.ngemis.purwokerto_ tentang bapak-bapak penjual kincir angin. Terus jadi mikir, “Oiya, apa nanti beliin kincir angin ya? Siapa tau bisa jadi moodbooster buat mereka!” Akhirnya pulang kerja mampir ke situ, sepi.. tapi alhamdulillah bapaknya ada! Aku pun disambut ramah sama beliau.. Setelah milih dua kincir, eh bapaknya bilang, “Mba, ini ambil satu kincir lagi ya buat bonuuus!” Waaaah terharu aku :’) “Makasih banyak ya, Pak!” Sesampainya di rumah, langsung deh disambut para ponakan yang mupeng liat kinciran yang aku bawa. Terus pada ribut cari sendal buat keluar rumah mainin kincirnya. Tak lupa tantenya juga diajak ikut lari-lari mainin kincir bonus tadi :’) Meskipun pegel-pegel… melihat tawa para krucil, dan teringat senyum serta kebaikan bapak penjual kincir… really made my day :’)
– Bucing, Kota Mendoan-
3. Jadi anak muda di generasi kita gapernah bisa dinilai gampang. Di masa pandemi ini berkali-kali felt disconnected and losing touch with reality. Takut kalah, takut salah, takut tertinggal juga rasanya. Berkali-kali denger cerita teman yang been through so much di tahun ini, dan berakhir dengan kesehatan mental yang gak stabil.Tapi sadar enggak sih, cerita saya, cerita kamu, atau cerita strangers itu selalu punya titik temunya sendiri. Kita engga sendiri, seburuk apapun itu harinya, segelap apapun pandangan soal harapan, gak mandang bulu siapa kamu dan besar masalah kamu, pengharapan akan selalu ada. Mau bangun di setiap paginya juga udah jadi jawaban kalau kita semua pahlawan di cerita masing-masing. Ada seribu satu hari lagi untuk coba lagi, cerita kamu itu akhirnya selalu kamu yang tentuin. Tuhan, keluarga, teman, pasangan, atau manusia lainnya itu tempat kamu berpegang, bukan jadi penghambat kamu berkembang. Losing your touch, feeling stuck and lost, but when your future self is the northern star, I believe that we’re still fine. The right direction will eventually guide you back home. Semoga ini membantu kamu, yang takut buat coba lagi.
-love, dee-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!

Catch Me Up! Recommendations

Whatever your long weekend plan is, remember the priority for you is to be safe. Here’s how.