Pak Jokowi: Kasus Covid-19 RI Dibandingkan Dengan Dunia Kita Lebih Baik

11

For when you think our Covid-19 situation is bad…

Pak Jokowi be like, hold that thought…
 
Hah kenapa emang?
Karena menurut Presiden Jokowi, kasus aktif covid-19 di Indonesia masih lebih baik ketimbang rata-rata dunia. Hal ini disampaikan beliau pas meeting terbatas kemarin untuk bahas penanganan Covid-19.
 
Hmmm interesting…
Yep, jadi Pak Jokowi menyebut bahwa berdasarkan data per 11 Oktober 2020, rata-rata kasus aktif di Indonesia adalah sebesar 19,97 persen. Angkanya lebih rendah dibanding rata-rata di dunia yang sampai 22,1 persen.
 
I see…
Nah dalam kesempatan itu, Pak Jokowi juga bilang bahwa rata-rata kasus aktif udah turun, apalagi kalo dibandingin sama angka kasus aktif di akhir September lalu yang sampe 22,46 persen. Berita positif lainnya juga adalah, angka rata-rata kesembuhan di tanah air yang naik jadi 76,48 persen, lebih tinggi dari rata-rata kesembuhan dunia yang ada di angka 75,03 persen.
Terus terus…
Well, unfortunately, angka kematian akibat covid-19 di Indonesia masih di atas rata-rata dunia guys. Kalo rata-rata dunia mencapai 2,88 persen, maka mortality rate di Indonesia mencapai 3,55 persen. Terkait hal ini, Pak Presiden menyebut bahwa upaya menurunkan angka rata-rata kematian jadi tugas besar kita saat ini.
I also heard some “priority”…
Oh iya, dalam kesempatan meeting tersebut, Pak Jokowi juga meminta jajarannya untuk memprioritaskan penanganan kasus covid-19 di 12 daerah dalam waktu dua minggu ke depan. Hal ini karena ke-12 daerah ini tercatat menyumbang 30 persen dari total kasus aktif nasional.
Whoaa daerah mana aja?
Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Pekanbaru, Kota Padang, Kota Ambon, dan Kota Jayapura
I see, anything else? 
Well, so far, per Senin (12/10) kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 336.716 kasus, 11.935 meninggal, dan 258.519 sembuh.  DKI Jakarta masih merupakan wilayah dengan kasus penularan covid-19 tertinggi di Indonesia.