Pak Jokowi: Kasus Covid-19 RI Dibandingkan Dengan Dunia Kita Lebih Baik, Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Baru Dalam Parade Militer, Turis Mengembalikan Artefak Yang Dicuri Setelah Alami Kutukan.

23
Good morning,
 
We’ve been hearing a lot lately that a huge protest against the Omnibus Law will take place today in a couple of areas in Jakarta. So, if you’re planning to go out, always remember that your safety is your priority. Social distancing, wear masks, be safe. See you again tomorrow.

For when you think our Covid-19 situation is bad…

Pak Jokowi be like, hold that thought…
 
Hah kenapa emang?
Karena menurut Presiden Jokowi, kasus aktif covid-19 di Indonesia masih lebih baik ketimbang rata-rata dunia. Hal ini disampaikan beliau pas meeting terbatas kemarin untuk bahas penanganan Covid-19.
 
Hmmm interesting…
Yep, jadi Pak Jokowi menyebut bahwa berdasarkan data per 11 Oktober 2020, rata-rata kasus aktif di Indonesia adalah sebesar 19,97 persen. Angkanya lebih rendah dibanding rata-rata di dunia yang sampai 22,1 persen.
 
I see…
Nah dalam kesempatan itu, Pak Jokowi juga bilang bahwa rata-rata kasus aktif udah turun, apalagi kalo dibandingin sama angka kasus aktif di akhir September lalu yang sampe 22,46 persen. Berita positif lainnya juga adalah, angka rata-rata kesembuhan di tanah air yang naik jadi 76,48 persen, lebih tinggi dari rata-rata kesembuhan dunia yang ada di angka 75,03 persen.
Terus terus…
Well, unfortunately, angka kematian akibat covid-19 di Indonesia masih di atas rata-rata dunia guys. Kalo rata-rata dunia mencapai 2,88 persen, maka mortality rate di Indonesia mencapai 3,55 persen. Terkait hal ini, Pak Presiden menyebut bahwa upaya menurunkan angka rata-rata kematian jadi tugas besar kita saat ini.
I also heard some “priority”…
Oh iya, dalam kesempatan meeting tersebut, Pak Jokowi juga meminta jajarannya untuk memprioritaskan penanganan kasus covid-19 di 12 daerah dalam waktu dua minggu ke depan. Hal ini karena ke-12 daerah ini tercatat menyumbang 30 persen dari total kasus aktif nasional.
Whoaa daerah mana aja?
Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Pekanbaru, Kota Padang, Kota Ambon, dan Kota Jayapura
I see, anything else? 
Well, so far, per Senin (12/10) kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 336.716 kasus, 11.935 meninggal, dan 258.519 sembuh.  DKI Jakarta masih merupakan wilayah dengan kasus penularan covid-19 tertinggi di Indonesia.

For when you have a friend who looooves to show off…

Bilang aja, ih kamu kayak Korut deh…

 
Emang Korut kenapa?
Karena Korut juga hobinya pamer-pamer, tapi yang dipamerin buat tas baru atau sepatu (atau pacar!) baru, melainkan senjata militer barunya.
 
Maashoook Pak Eko…
WQWQWQ nah balik lagi ke soal pamer senjata ini, jadi dalam perayaan ulang tahun ke-75 Partai Buruh (partai yang berkuasa) yang jatuh pada minggu lalu, Korut baru aja memamerkan senjata-senjata canggihnya lewat siaran di TV nasionalnya.
 
Terus yang dipamerin apa aja?
Banyak, misalnya rudal balistik atau yang disebut new intercontinental ballistic missile (ICBM) yang ukurannya gede banget. Dalam teori, makin gede sebuah rudal, maka makin jauh rudal tersebut bisa meluncur. Diprediksi, rudal ini bisa nyampe ke Amerika Serikat dalam hitungan menit ajha.
 
Whoaaa….
Nah sedangkan negara tetangganya sendiri yaitu Korea Selatan lebih khawatir sama sistem roket punya Korut yang disebut Multiple Launch Rocket Systems (MLRS). Jenis roket ini bisa meluncur dengan sangat cepat dan cucok untuk tembakan jarak pendek. Jadi, ideal buat narget tempat-tempat spesifik di Korsel.
Hah serem dong?
Yep, seiring dengan dipamerkannya senjata-senjata ini, Korsel udah menunjukkan kekhawatirannya dan segera mendesak diadakannya kembali pembicaraan antara kedua negara lewat Intra-Korean Talks. Dalam keterangannya, Kemenlu Korsel ngajak Korut untuk duduk bareng lagi untuk membahas denuklirisasi dan perdamaian di semenanjung Korea.
Anything from the north side?
Yha dalam pidatonya di acara perayaan itu sih, Kim jong-Un bilang bahwa senjata-senjata ini hanya akan digunakan sebagai alat untuk membela diri kalo kedaulatan negaranya diganggu. Beliau juga menyebut bahwa kalo sampe ada yang mengusik kedaulatan Korut, maka dia akan mengerahkan seluruh kekuatan militer terkuatnya untuk “menghukum” mereka.
 
EH EH BTW katanya Kim Jong-un ada nangis ya?
Iyaa, jadi pas pidato itu, Kim Jong-un nangis sambil minta maaf karena merasa gagal dalam menyejahterakan warganya. Beliau bilang bahwa meskipun udah dikasih amanah untuk memimpin Korut dari dua pendahulunya aka kakek dan ayahnya, namun beliau masih merasa belum bisa menghilangkan kesusahan dari hidup warga Korut. Beliau juga menyebut bahwa pandemi Covid-19, sanksi internasional, dan bencana alam merupakan tiga kesusahan yang saat ini tengah dihadapi pemerintahannya.
 
Does it means anything tho?
Could be. Menurut pengamat, hal ini bisa jadi menunjukkan bahwa Kim Jong-un emang lagi bener-bener menghadapi masa sulit dalam pemerintahannya karena banyaknya tantangan yang dihadapi. Namun buat Korsel, pidatonya Jong-un ini juga mengirimkanmixed-signal karena ga lama abis mamerin senjatanya yang wah itu, beliau kemudian nyebut-nyebut soal harapannya agar kedua Korea kembali berjabatan tangan setelah pandemi berakhir.

For when you’ve been feeling soooo unlucky lately…

Yup, ada-ada aja deee…
Jadi kalo akhir-akhir ini kamu lagi merasa sial terus, coba cek record jalan-jalan kamu gengs, apakah kamu “mencuri” bongkahan batu dari Candi Borobudur? Atau punya sisa reruntuhan dari Gunung Padang? karena jangan sampe, kamu bernasib sama ama Nicole. Siapakah Nicole ini? Jadi Nicole adalah seorang turis asal Kanada yang baru aja ngebalikin kepingan keramik dari reruntuhan situs bersejarah di Pompeii, Italia yang dia curi 15 tahun lalu.
Jadi dalam paket keramik yang diterima sama biro perjalanan Nicole baru-baru ini, ditemukan juga surat yang berisi pengakuan bahwa dia emang mencuri kepingan tersebut pas dia jalan-jalan di Pompeii. Yha tujuannya sih buat kenang-kenangan aja, namun sejak saat itu, Nicole mulai mengalami berbagai kesialan kayak kena kanker payudara sebanyak dua kali, hingga berbagai masalah keuangan. Nicole kemudian berkesimpulan bahwa kepingan tadi bawa sial, jadi yha dibalikin aja ke Itali. Terakhir dalam suratnya, Nicole cerita bahwa dia sekarang udah udah kapok dan udah meminta maaf kepada Tuhan.

“Ekonomi mulai pulih,”

Begitu kata Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani dalam keterangannya kemarin. Bu Ani menyebut bahwa pemulihan ekonomi ini mulai terjadi di kuartal III kemarin, dan akan semakin kuat di kuartal IV. Bu Ani juga berharap bahwa pemulihan ekonomi itu akan berdampak positif ke penerimaan negara di tahun depan, hingga defisit anggaran bisa ditekan.
 
Finally, a good news in 2020…

Angel’s Stories

1. Jadi hari Selasa-Kamis kemarin kan ada demo di mana-mana. Aku yang kerja di Tangerang tapi tinggal di Jakarta sempet kewalahan karena akses tol ke Jakarta sempet ditutup. Hari ketiga demo, mulai terjadi kericuhan di beberapa tempat. Puji Tuhan, aku masih bisa pulang ke rumah dengan selamat. Di malam harinya, tiba-tiba banyak yang chat aku (mulai dari tetangga, temen sekolah yang udah lama ga contact-an, sampai gebetan yang uda dua hari ga ada topik untuk chat LOL). Semuanya nanya kabar dan pastiin I’m OK. Seneng ternyata masih banyak yang ingat & peduli sama aku. I love you all!
-Anonymous-
2. Thanks for the Friday Pause. It’s really heart warming dan kebetulan lagi butuh banget hal yg bikin hati hangat dari kemarin. Makasih CMU udah ngebantu banget:’)
-Aku si freelance di media-
3. Kamis kemarin tuh hari yang cukup melelahkan buat gue. Lembur, keujanan, jemuran belom diangkat. Sucks banget jadi pengen cepet-cepet tidur. Pas udah siap tidur, tiba-tiba di grup kosan ada yang minta tolong buat isiin token. Kebetulan gue bisa, tapi udah siap banget tidur. Setelah nunggu 5-10 menitan kok gaada yang bales. Karena gue gelisah akhirnya gue bales meski agak males. Tapi, setelah gue bantuin dia beli token, orangnya keliatan bersyukur banget padahal kita gak kenal sebelumnya (maklum kosnya 77 kamar). Rasa syukur dia nular ke gue dan hari gue yg melelahkan jadi sedikit lebih ringan. Ternyata nolong orang bisa bener-bener bisa bikin kita seneng yak?
-Tgrl-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here(can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations
Trying to lose your belly fat during the pandemic? Avoid these bad habits.