Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan Di Uni Emirat Arab

19

For when you travel to UEA and find a familiar name…

Don’t be surprised.

Karena that familiar name will moooost likely be “President Joko Widodo Street”, dan beneran gengs, nama jalan itu bakal kamu temukan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
HAH kok bisa sih?
Ya bisa dong, secara pada Senin lalu, nama jalan ini udah diresmikan oleh para pejabat di Abu Dhabi, dan ikut dihadiri juga oleh Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab. Selain itu, acara peresmian juga dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian Luar Negeri UEA.

Terus kenapa jalannya dinamain jalan Jokowi?
Karena hal ini merupakan refleksi dari hubungan erat antara RI – UEA. Selain itu, penamaan jalan ini juga merupakan bentuk penghormatan Pemerintah UEA ke Pak Jokowi untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara.
Emangnya hubungannya apa aja? 
A couple things, misalnya di awal bulan Oktober ini, Menko Maritim dan Investasi Opung Luhut Pandjaitan menyebut bahwa Indonesia dan UAE tengah menjalin kerja sama dalam mengembangkan vaksin Covid-19. Selain itu, UAE juga udah berkomitmen untuk menyediakan 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Whoaaaa go on…
Selain itu pada Januari lalu, UEA juga menyalurkan investasi senilai USD 22,8 miliar untuk Indonesia. Adapun dana ini rencananya akan digunakan untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur dan pembangunan di Aceh, secara penerbangan dari Abu Dhabi ke Aceh hanya menempuh waktu selama sekitar lima jam aja.
Hmm..I see, anything else? 
Well, penamaan Jalan Jokowi di Abu Dhabi ini menambahkan daftar panjang nama-nama tokoh Indonesia yang diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri. Berikut nama-nama lainnya:

  • Jalan Sukarno di Rabat, Maroko
  • Jalan Muhammad Hatta di Harleem, Belanda
  • Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda
  • Jalan Munir di Den Haag, Belanda