Menteri BUMN Menyatukan Tiga Bank Syariah

13

Who’s just decided to be together?

Definitely not me and my gebetan.

Ouch.
Terus siapa?
Tiga Bank Syariah BUMN di Indonesia, yaitu Bank Mandiri Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.
 
Mereka mau bareng-bareng as in…ta’aruf gitu?
Mehehe bukan beb, tapi merger, aka bergabung, aka disatuin. Jadi dalam keterangan Menteri BUMN Pak Erick Thohir kemarin, dijelaskan bahwa sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, udah sewajarnya kalo Indonesia punya bank syariah yang kuat. Indonesia harus menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia, dan untuk mewujudkan mimpi itu, pemerintah berinisiatif menyatukan ketiga bank tadi jadi satu satu keluarga besar.
Go on…
Masih menurut Pak Erick, dengan digabungnya ketiga bank ini, maka Indonesia jadi punya bank syariah terbesar. Hal ini tentunya bakal bisa memulai langkah Indonesia untuk bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.
 
We talking about how “besar”?
Well, menurut Plt Direktur Utama PT Bank Mandiri Pak Hery Gunardi sih, nilai aset atas penggabungan ketiganya bakal menempati nomor 7 atau 8 perbankan di jajaran top 10 bank di Indonesia. FYI guys, disebutkan bahwa total aset dari entitas bank syariah baru ini adalah sebesar Rp 207 triliun. Dari total jumlah aset di tabel, Bank Syariah BUMN ini akan berada di posisi ke delapan di atas PT Bank Danamon Indonesia  yang memiliki total aset sebesar Rp 203 triliun.
I see. Terus, bakal ada PHK gak?
Nggak ada. Kata Pak Erick Thohir, udah merupakan komitmen dari para pemegang saham yaitu ketiga bank syariah tadi, bahwa dalam proses merger ini nggak akan ada PHK.
OK. Anything else I need to know?
Well, terkait penggabungan ini, Pak Hery menjelaskan bahwa emang penetrasi bank syariah di Indonesia masih kecil, yaitu 8,5% sampe 9%. Angka ini masih jauh kalo dibandingin sama Malaysia, di mana penetrasi perbankan syariahnya hampir 40%-50% dan di Timur Tengah yang mencapai 80%-90%. Nah Agustus lalu, Wakil Presiden Kiai Ma`ruf Amin udah nargetin nih, bahwa bank syariah di dalam negeri mampu berada di peringkat 20 besar dunia. Adapun salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan penggabungan aka merger atas bank syariah milik BUMN.