Libur Panjang Penumpang Kereta Api Meningkat Capai 9.374 Orang

18

For when you think about taking the train for the long weekend…

Put on your masks, stock up on santizers, try hard to social distancing…

Why? 
Karena kereta weekend ini diprediksi bakal rame banget.  Dalam catatannya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut bahwa sejak Selasa lalu, udah ada 9.374 penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota.
I see….
Yep, that’s like 86% dari total 10.816 tempat duduk yang disiapin. Untuk hari ini, PT KAI bilang kalau udah ada 9.284 tiket KA jarak jauh yang terjual, dan total tempat duduknya 9.714 orang.  Menurut Kepala Humas PT KAI Jakarta, Eva Chairunisa, jumlah penumpang bakal bertambah pas Hari H karena penumpang bisa beli tiket online atau beli di tempat tiga jam sebelum keberangkatan.
Terus terus…
Naah tapi masih kata PT KAI, meskipun jumlah penumpangnya banyak,  total penumpang masih lebih rendah dari hari libur normal sebelum pandemi covid-19. Selain itu, FYI aja bahwa kereta hanya boleh diisi oleh 70 persen dari total kapasitas keseluruhan, demi menjaga protokol kesehatan.
Terus kalo jumlah penumpangnya nambah gini gimana?
Yha akhirnya PT KAI memutuskan untuk nambahin jumlah kereta api yang beroperasi. In fact, per kemarin, ada 27 kereta api tambahan per hari yang beroperasi dari tanggal 27 Oktober – 1 November 2020.
Btw, harus rapid test nggak sih? 
Of course.  Menurut Bu Eva, penambahan penumpang juga berarti antrian rapid tes yang lebih panjang. Pada Senin (26/10) kemarin aja, statsiun Pasar Senen dan Gambir udah melakukan tes terhadap 1.900 calon penumpang.
Whoaaa kebayang ngantrinya…
Nah kalo kamu males ngantri, sebaiknya rapid tesnya sehari sebelum keberangkatan ya.  Kalau mau rapid tes di stasiun, datang ke stasiunnya jangan tiga jam sebelumnya, tapi lebih dari 3 jam sebelumnya.  Layanan rapid test calon penumpang ada di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, jam 07.00 – 19:00 WIB.
Got it. Now how about taking the road trip? 
Well, soal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo bilang kalau bakal ada skema buka tutup di rest area jalan tol supaya rest areanya nggak terlalu padat.  Buka tutup bakal ada di rest area KM 19, KM39, dan KM33.  So far, Polda Metro Jaya bakal menurunkan 2.999 personelnya dan 16 pos pengamanan untuk mengamankan libur panjang.
Stay safe all!