Kementrian Haji dan Umrah Arab Saudi Terima Jamaah Luar Negeri 1 November 2020

14

Guess who’s opening its gates again?

Saudi Arabia. 
Yep, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal mulai menerima Jemaah luar negeri lagi untuk menjalankan ibadah umrah, mulai dari 1 November 2020 mendatang. Adapun saat ini, mereka lagi finalisasi pedoman tata cara penerimaan jemaah luar negeri.  Selain itu, Maskapai Arab Saudi juga udah mengumumkan pembukaan kembali 33 tujuan perjalanan udara ke negara-negara yang ada di zona hijau, meskipun nggak dijelasin negaranya mana aja.
Terkait pelaksanaan umroh ini, rencananya otoritas setempat akan memberlakukan ketentuan sejumlah 20 ribu hingga 60 ribu jemaah per hari. Selain itu, hanya jemaah berusia 18-50 tahun yang boleh datang dari luar negeri, dan semuanya yang baru dateng akan langsung diwajibkan untuk karantina mandiri selama tiga hari.
Saudi Arabia sendiri udah mengalami penurunan drastis angka penularan Covid-19, di mana penularan hariannya turun hingga sekitar 400 kasus aja selama bulan Oktober ini. Kini, jumlah kasus aktif di Saudi Arabia berada di bawah 8.250 kasus, turun jauh dari angka tertingginya sebesar 63.026 pada pertengahan Bulan Juli lalu.