Indonesia-Jepang Sepakat Menjalin Kerja Sama Terikait Isu LCS Pertahanan dan Teknologi

21

Who’s decided to travel despite the pandemic?

All of my friends in Instagram?
Nope, it’s the Japanese Prime Minister, Yoshihide Suga.
 
Bukan mau ngomongin Suga BTS nih?
HEHEHE bukan. Jadi a little background here, PM Suga ini adalah perdana menteri barunya Jepang yang menggantikan PM sebelumnya, Shinzo Abe yang resign bulan lalu.
OK. Terus…
Nah, jadi PM Suga ini kemarin baru aja landing di Indonesia dan rencananya, beliau serta istrinya, Mariko Suga bakal stay di tanah air selama dua hari. FYI guys, PM Suga ini merupakan kepala negara pertama yang melakukan kunjungan ke Indonesia sejak pandemi Covid-19 menyebar.
 
Emang maksud dan tujuan kunjungannya apa?
Well, untuk bahas a laaaaundry list of things. Misalnya soal isu-isu regional kayak Laut China Selatan (LCS) dan Korea Utara, di mana menurut PM Suga, kedua negara udah setuju untuk bekerja sama secara erat untuk menciptakan perdamaian di kawasan.
 
Go on…
Ada juga pembahasan soal rencana memperkuat hubungan di bidang pertahanan antara Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang alutsista dan transfer teknologi. And since it’s 2020, you can’t just not talk about the pandemic. Termasuk juga PM Suga dan Pak Jokowi. Nah khusus soal Covid-19 ini, PM Suga menyampaikan bahwa Jepang bakal ngasih bantuan fiskal sebesar 50 miliar yen untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana pandemi Indonesia.
 
Whoaaaa…
We’re not done yet. Selain bantuan fiskal, Jepang juga bakal mendorong kerja sama terhadap lembaga pengkajian kesehatan di Indonesia melalui pembelian barang dan peralatan medis.
 
Terus ada soal apa lagi?
Business, business. Kedua negara juga setuju untuk segera membuka kembali perjalanan bisnis antara kedua negara yang sempat tutup gara-gara pandemi. Selain itu, aturan isolasi mandiri buat pengunjung ke masing-masing negara juga rencananya bakal dilonggarin. Tapi gatau ya kalo buat wisata.
Got it. Anything else? 
FYI guys, agendanya PM Suga di Indonesia nggak cuma untuk ketemu Pak Jokowi aja, namun pada hari ini, beliau rencananya bakal bertemu dengan perwakilan dari perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. Selanjutnya beliau akan lanjut ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk meletakkan karangan bunga, terus balik deh ke Tokyo.