Indonesia Bakal Ikut Produksi Vaksin Covid-19 Lewat PT. Bio Farma

26

For when you need some updates on the Covid-19 vaccine…

Yes please.

OK. Jadi kemarin guys, Indonesia udah confirmed bakal ikut memproduksi vaksin Covid-19 yang akan diperuntukkan bagi Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Adapun vaksin ini akan diproduksi oleh perusahaan plat merah Indonesia, PT Bio Farma.
Tell me what’s CEPI again?  
Well, CEPI ini adalah suatu kerjasama antara publik, swasta, filantropi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat/LSM yang dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan vaksin demi menghindari berbagai ancaman wabah di masa depan.
 
Tell me more. 
Nah, CEPI ini juga merupakan jaringan kerja sama kayak COVAX, yang dibentuk untuk memastikan negara-negara mendapatkan akses vaksin covid-19 yang adil dan merata. Kerja sama ini dibentuk supaya nantinya, kalo vaksin Covid-19 udah ada, negara yang bisa ngakses vaksin ini nggak hanya negara kaya aja. Dengan adanya koalisi-koalisi kerja sama ini, maka diharapkan persebaran vaksin Covid-19 nantinya bisa berlangsung secara adil.
 
I see…
Balik lagi ke Bio Farma, perusahaan tersebut jadi bisa ikutan produksi vaksin karena mereka baru aja lulus proses due diligence (uji tuntas) yang dilakukan oleh CEPI. Karenanya, Bio Farma layak untuk ikut memproduksi vaksin covid-19 dan dapet funding-nya.
 
How many doses are we talking about?
Well around 100 juta dosis vaksin covid-19 per tahun. Adapun targetnya, vaksin-vaksin ini bakal siap pada kuartal IV tahun 2021 atau Kuartal I tahun 2022.
 
Got it.
Nah selain untuk CEPI, Bio Farma juga bakal ikut ngembangin vaksin untuk negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). FYI, gengs, emang vaksin-vaksin yang diproduksi Biofarma udah digunakan di 150 negara. Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir bilang kalau kerja sama ini nggak sebatas vaksin covid-19 aja, tapi harapannya juga seluruh vaksin-vaksin yang diperlukan.
Ok, anything else? 
FYI, Indonesia sekarang juga lagi mengembangkan vaksin dari China, yaitu Sinovac dan Cansino. Selain itu, kerja sama juga dijalin sama berbagai perusahaan farmasi lain kayak Sinopharm, masih dari China, dan AstraZeneca dari Inggris. So far, Sinovac, Cansino, Sinopharm, dan AstraZeneca sedang berada di uji klinis tahap ketiga. Terus, vaksin Sinovac juga tengah diuji di Bandung, Jawa Barat.
 
Fingers crossed, guys…