Idham Azis: Polri Tetap Terus Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19

16

For when you’re still gathering with your friends during Covid-19…

Chances are, acara ngumpul-ngumpulmu mungkin pernah dibubarin sama polisi.

Hah emang kenapa?
Karena kata Kapolri Idham Azis dalam rapatnya sama Komisi III DPR RI kemarin, disebutkan bahwa selama pandemi Covid, jajarannya udah membubarkan sampe 4 juta acara kumpul-kumpul.
 
Whoaaa
Iya guyz, jadi kata Pak Idham, sejak Maret lalu kepolisian menggelar yang namanya Operasi Aman Nusa II untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19. Selain membubarkan yang lagi ngumpul, operasi ini juga melakukan hal-hal lain, kayak….
 
Among others…
Yhaa edukasi ke masyarakat sebanyak 52 juta lebih kegiatan, publikasi hubungan masyarakat sebanyak 60 juta lebih, serta penyemprotan disinfektan sebanyak 16 juta lebih kegiatan. Selain itu, Pak Idham juga menyampaikan bahwa pihaknya udah melakukan upaya preemtif dan preventif terhadap penyebaran berita bohong dan berbagai tindakan penimbunan bahan pangan serta alat kesehatan.
 
Banyak ugha.
Yep. Disebutkan Pak Idham, sejauh ini penegakan hukum telah dilakukan terhadap berita hoaks yang memanfaatkan isu Covid-19 dengan jumlah 104 perkara, terus ada juga kasus penimbunan bahan-bahan sebanyak 36 perkara, dan penegakan hukum penimbunan alat kesehatan sebanyak 18 perkara.
OK. Anything else?
Soal hoaks ini, Pak Idham juga menjelaskan bahwa pihaknya melakukan berbagai koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan patroli siber. Selain itu, patroli juga terus dilakukan di wilayah rawan penyebaran Covid dengan tetap memperhatikan prinsip HAM.