Hewan Ternak Dapat Bereaksi Positif Ketika Diajak Bicara Oleh Manusia

612

For when you are tired of talking with your friends over Zoom calls…

Cows can relate.
Yep, cows aka sapi. Beneran ini guys, karena hasil studi terbaru dari University of Veterinary Medicine di Austria menunjukkan bahwa sama kayak kamu, hewan ternak, terutama sapi juga lebih suka diajak ngomong secara langsung dibanding lewat medium lain kayak rekaman atau pengeras suara. Jadi dalam penelitiannya, ditemukan bahwa sapi menunjukkan sikap yang lebih relaxed dan bereaksi lebih positif ketika diajak bicara langsung oleh manusia. Sapi juga diketahui bisa lebih responsif ketika mendengar suara manusia dan bisa diajarin untuk mengenali namanya sendiri. Selain itu, berdasarkan studi-studi sebelumnya, sapi juga merupakan a great ‘co-moo-nicators’ 
Advertisement
baik ke sesama sapi maupun ke manusia, karena mereka bisa mengeluarkan suara-suara tertentu untuk memberi tahu perasaan mereka kayak kalo mereka lagi kesepian, excited, atau pengen makan.
Terus, kamu kepo nggak, apa tujuan dari penelitian ini? Well, menurut para scientists, diharapkan penelitian ini bisa mendorong peternak buat lebih baik dan lembut dalam memperlakukan hewan ternaknya karena ujung-ujungnya, sapi yang nggak stres juga bisa memproduksi susu yang lebih banyak dibanding yang stres.
Advertisement