Friday Pause: Hello from the other side…

25

Hi there!

Hello from here, our cozy Catch Me Up! HQ. Yep, we’ve decided to enjoy the long weekend at home, lounging in our pajamas, while sipping our hot, warm tea. And you, whether you are team #stayathome or #liburan or even, #teamharuskerja Here’s our Friday Pause, where we talk about everything but news. Take care and see you next week!

For the love of Meme: That’s why you need to hit the Friday Pause…


For when you feel so exhausted lately. Everyone, meet: burnout.

Burnout, meet: everyone.
Burnout itu apa?
Ok.  First of all, menurut WHO, ‘burnout’ itu adalah sindrom mental yang muncul gara-gara kamu stres sama kerjaanmu, dan nggak banyak yang bisa kamu lakukan untuk merubah kondisi itu. Nah, karena gabisa ngapa-ngapain juga, stres ini kemudian menumpuk terusss (iya, kayak deadline) dan akhirnya, kamu akan merasakan burnout. Iya sih, kondisi ini biasanya berkaitan sama kerjaan, tapi it will eventually affect your personal life juga, secara kamu bakal sering tertekan dan kecapean.
 
Bedanya burnout sama stres apa?
Biasanya, stres itu terjadi pada momen-momen tertentu aja, so it comes and goes.  Meanwhile, burnout itu biasanya kamu rasakan secara terus menerus. Beberapa tanda-tanda kamu mengalami burnout soal kerjaan adalah kamu bakal merasa nggak produktif, nggak happy, dan selalu merasa tertekan sama kerjaan.
So, how do I know if I got burnout?
If you’ve been feeling stressful lately, just check on yourselves. Kira-kira kamu stress kenapa? Terus-terusan nggak? Nah selain itu, kita juga punya nih, beberapa gejala burnout yang perlu kamu perhatikan:
  • Exhaustion:  Kamu merasa super capek, baik secara fisik maupun emosional.  Kamu sering mikir, “OMG, banyak banget kerjaan gue, susah banget nih mulainya, gimana dong?” and so on.  Hal ini bikin kamu kehilangan selera untuk makan, saking capeknya.
  • Depression and anxiety:  Kamu jadi sering depresi dan cemas berlebihan, kadang-kadang gampang marah juga dan pesimis. Pokoknya serba negative thinking dan cemasan banget, khususnya terkait kerjaan.
  • Sering sakit:  Gara-gara kamu capek, nggak selera makan, kurang tidur, sistem immune tubuh kamu jadi menurun, which makes it easier for you to be sick.
  • Insomnia:  Yep, udah rasanya capek banget, tapi malah nggak bisa tidur.
  • Diseases or health conditions:  seluruh gejala di atas juga bikin penyakit kamu (kalau kamu punya) semakin parah.  Misalnya, kamu sakit gula, gara-gara burnout, gulanya bisa jadi naik or makin parah. Begitu juga dengan penyakit maag-mu yang tiba-tiba jadi sering kambuh, secara kamu jadi lebih sering stress.
  • Negative mood:  Semua gejalanya bikin kamu punya mood yang negatif terus.  Gimana nggak? Kecapean, depresi, cemas, nggak bisa tidur, how would you feel? Bete kan?
  • Physical pain:  Sakit secara fisik kayak pegel-pegel, sakit kepala hingga sakit perut juga makin sering kamu rasakan.

Check one or all of those above…

Well, if you have one of those symptoms, here’s how to deal with it

  • Cari tahu penyebab stress:  Coba bikin daftar hal-hal yang bikin kamu stres. Kalo udah ada daftarnya, coba ubah setidaknya satu hal yang bisa bikin kondisimu lebih baik (can be as simple as creating your own powerful playlists!).  Kalau kamu burnout, biasanya kamu ngerasa nggak bisa kontrol diri sendiri, nah dengan melakukan perubahan kecil ini, kamu bisa membantu dirimu ngerasa ‘in charge’ lagi.
  • Create boundaries:  Bikin batasan antara kerja dan rumahmu, contohnya, tentukan tempat kerja kamu di mana (misal: meja kerja/belajar cuma untuk mengerjakan dua hal itu), terus tentukan jamnya juga (don’t reply to emails past work time!).
  • Recharge yourself:  Take a break, misalnya tiga menit untuk nge-teh atau ngopi, stretching.  Kamu juga bisa melakukan hobimu kayak menggambar, main musik, dll.
  • Makan yang sehat:  Makanan yang penuh gizi juga bisa membantu kamu nge-handle stres. Eat a lot of greens, fruits, dan kalau perlu, kamu bisa juga minum minuman herbal dan vitamin, dll.
  • Get professional help:  Kalau hal-hal di atas nggak terasa ngaruh dengan kondisi burnout mu, you can always get some professional help. Go to psychiatrist and talk to them. Kamu nggak perlu mikirin apa yang harus kamu lakukan untuk merasa lebih baik, namun mereka yang bakal menuntun dan memberi kamu dukungan tentang apa-apa aja yang bisa kamu lakukan dan nggak kamu lakukan, which is easier, right?


And here we go, your weekly quarantips…

Hi! It’s time for your quarantips! We loooove how the recs are getting more diverse and diverse. Now we know what you guys enjoy to read/do/listen to! Now leggo check it out!
 
But before…
We loooove to point out that just like our country, these quarantips are exercising democracy: Oleh kamu, dari kamu, untuk kamu. Karenanya kalo kamu punya apapun (literally anything! books, movies, recipes, podcasts, pokoknya apa aja!) yang kamu pengen rekomendasikan, just shoot it out hereDitunggu yha….
  • Buat yang butuh free images & pics kualitas HD untuk keperluan desain slide presentasi dsb, coba deh visit Unsplash.com, di situ bisa download secara legal dan kita bisa kasih thanks dan shoutout buat creator-nya via medsos 😄(our team!)

  • Konichiwa, aku mau rekomendasiin salah satu anime favoritku yaitu, Fullmetal Alchemist Brotherhood (FMAB) 2009. Ini kisah tentang kakak beradik Edward Elric dan Alphonse Elric yang melakukan mutasi manusia untuk menghidupkan kembali ibu mereka. Bukannya berhasil malah si kakak Edward harus kehilangan tangan kanan dan kaki kirinya sedangkan sang adik, Alphonse harus kehilangan tubuhnya sendiri. Si kakak beradik ini merasa menyesal karena perbuatan mereka yang salah dan mereka mulai mencari cara untuk kembaliin tubuh mereka lagi. Btw, di sini ada banyak pelajaran yang bisa diambil, selain itu ceritanya dikemas dengan konflik yang ga berat, diselingin cerita lucu, sedih dan seru untuk ditonton… Endingnya ? silahkan cek sendiri ya, FYI ini anime dengan rating tertinggi di MyAnimeList loh 😀 (choc)

  • Hai aku mau rekomendasiin buku puisi & cerita pendek yang ditulis sama temanku judulnya “This World Needs More Fools & Romantics” bisa ditemui di Gramedia kok. Tahun lalu, aku baca naskah mentahnya dalam bus selama perjalanan pergi-pulang kantor. Tulisan di dalamnya sangat mendalam dan menunjukkan bagaimana seseorang berkontemplasi atas kejadian di hidupnya dan perasaan yang menyertainya. Saking sayangnya sama naskah ini, aku perjuangan supaya bisa terbit jadi buku dan akhirnya sekarang siapa pun bisa baca bukunya. Kalau aku kangen ke luar rumah, aku selalu baca lagi buku ini dan teringat perjalananku di dalam bus. Eh ya aku juga suka berbagi pengalaman membaca buku di Twitter (@anintakanila).

  • Bonusfamiljen (Bonus Family), serial Swedia tentang dua orang yang uda punya anak dan menjalin hubungan romantis. Real banget gimana relationship itu ga selalu gula gula, pasti ada berantemnya. Juga gimana komunikasi dengan anak penting, while maintaining relationship with their ex spouses. Selain itu, bisa lihat pemandangan perumahan Stockholm beyond lokasi lokasi turis. And Jacob Lundqvist is definitely cute! 🤩 (Anonymous)
  • Here’s my recommendation novel:The 100 Year Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared 🙂 Novel ini akan bercerita tentang petualangan seorang pria berusia 100 tahun berkebangsaan Swedia yang memutuskan lompat dari jendela kemudian kabur. Lalu apa yang terjadi setelah Pria berusia 100 Tahun ini melompat jendela kemudian kabur? Baca dong. Mengetahui pengalaman hidup seorang pria berusia 100 tahun? Siapa sih yang tidak tertarik? Tentu saja akan banyak cerita lucu yang tidak terduga loh 😀
    (Instagram; @cadhaswidhy)

  • Mau rekomendasiin K-drama “Reply 1988“. Psst, aku juga bukan penonton K-drama, tapi ini recommended banget. Terutama nonton pas pandemi gini, warm banget liat pertemanan mereka. Jadi lebih feeling grateful tentang hari kemarin, bersyukur punya momen-momen seru sama temen-temen yang entah kapan lagi kejadian 🙂 Please give it a try! (@athiyyanabila).

  • Hai! Mau rekomendasiin buat check Instagram-nya @thepieceofpast, di sana rutin ngebahas materi kesehatan mental, quote, dan juga tips tentang self love dan mental health. Informasi-informasinya detail dan informatif. Semoga juga suka. (Ri)
  • Hai! Aku mau rekomendasiin novel yang bagus banget untuk kalian baca, judulnya Firefly Lane karya Kristin Hannah. Novel ini bercerita tentang persahabatan dua cewek dari mereka remaja sampai dewasa selama 30 tahun. Banyak banget pelajaran yang bisa didapat dari novel ini mulai dari persahabatan, keluarga, cinta, sampai untuk tetap terus menyakini apa yang kita mimpikan. Btw, novel ini udah diadaptasi menjadi serial di Netflix lohh.. Teaser-nya udah rilis tanggal 14 oktober kemarin. Nih aku kasi link bagi yang mau liat teaser-nya (@atikaasury)

Quote of the day:
 
“Tough times don’t last, tough people do.”
 
-Anonymous-

Angel’s Stories

1. Oh hi! I’m here as a new kid in the block to join the party with CMU, and turns out it’s so cool. Okay anyway, lately I’m feeling like so empty. Blurry painting of life, no colors. Trying to figure it how to master the art of being alone instead of being lonely. And one thing that I learned is that we don’t need others to fullfil our colors. Make our own. White and black or even blue for feeling blue is a color tho. So yea, just stay alive and celebrate the feelings. Celebrate every color that you feel. I don’t know where this note is going. Feels like I’m just talking to my self lol. Banyak cara buat mati, satu cara untuk hidup. Ya hidup. Urup (Bahasa Jawa, nyala). Semoga hidup kita semua urup.

-skrg-

2. Hallo, Catch Me Up! Sebelumnya makasih ya udah ngadain section khusus untuk Angel’s Stories. Jadi aku sendiri mau cerita nih. Pas hari Kamis lalu, aku mau sholat di salah satu masjid di Bandung. Pas parkir, ternyata ada bapak-bapak ojol yang parkir juga dan sama-sama mau ke pelataran masjid. Hujannya saat itu dereeeees banget. Setelah aku wudhu, pas aku mau masuk ke masjidnya, aku liat bapak ojol itu lagi makan kotak bekelnya. Aku gatau kenapa aku merasa terenyuh banget di situ. My mind goes like, “Bapaknya belum makan seharian kali ya? Terus dibekelin sama istrinya dan baru sempat makan sekarang?” Tapi satu hal yang ku notice adalah bapak itu mukanya sepertinya tidak sedang happy... Aku cuma ingin berdoa, apapun yang dijalani Bapak itu semoga selalu diberkahi, semoga sehat selalu dan pantang menyerah! Semangat bapak-bapak Ojol🥰❤
-@nabillafazahra, Bandung-
3. Sebenernya aku ga punya apa-apa buat dibagikan. Tapi, untuk Alena yang ada di semesta Yogyakarta, aku mau berterimakasih. Alena, kalo kamu baca ini, aku mau berterimakasih sama kamu. Aku sempet mumet belakangan ini. Nangis terus. Sedih. Dan entah kenapa, pas ngeliat Angel’s Story punya kamu, aku senyum. Nggak lama setelah senyum, habis itu aku nangis. Aku nggak nyangka aku bakal nemuin salah satu orang yang nolongin aku di kolom bawah dari surel yang aku baca setiap pagi. Alena, aku berterimakasih banget. GBU, ya! Makasih banget! 🙋
-const, T-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)