DPR Resmi Sahkan Omnibus Law Ciptaker, Donald Trump Terinfeksi Virus Corona, Komnas HAM Tahun 2019 politik Kekerasan Dan Pelanggaran HAM Banyak Terjadi, Bagaimana Orang Tua Membentuk Kesehatan Mental Anak-anak Mereka.

39

On RUU Ciptaker that was passed… last night

Oh yea I heard.

Right.
 
But like, kemarin katanya baru bakal dibahas di paripurna tanggal 8 Oktober?
Iya cuma dipercepat gengs. Menurut ketua Baleg DPR RI, alasannya karena jumlah kasus Covid-19 yang terus naik (?). Selain itu juga karena jumlah penambahan kasus di gedung DPR terus naik, hingga paripurnanya dipercepat.
 
I see. Now tell me more about the paripurna.
Well, Politics 101, jadi paripurna ini merupakan rapat besar dan final (untuk soal UU) yang dihadiri sama semua anggota DPR ya gengs. Jadi kalo misalnya ada satu undang-undang yang dibahas di komisi tertentu, misalnya, undang-undang soal KPK, itukan dibahasnya di komisi III, nah kalo udah selesai dibahas di komisi akan dibawa ke Badan Legislasi (Baleg) untuk diharmonisasiin nih sama aturan-aturan lain, udah OK dari baleg baru deh ke paripurna.
 
I see…so last night?
Last night ada beberapa agenda yang di “yay” or “nay” di paripurna. Ada soal kerja sama Indonesia sama Swedia, soal pemberian kewarganegaraan buat empat orang calon WNI, soal anggota badan Amil Zakat Nasional, sampe…pembahasan tingkat II soal RUU Ciptaker.
 
Look forward to hearing all about it.
First of all, ketika Rapat Paripurnanya sedang berlangsung, aparat keamanan pada jaga dan mengantisipasi in case ada demo dari anggota buruh dan masyarakat sipil di luar Gedung DPR RI. Selain itu, pada rapat yang dipimpin sama Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar, Azis Syamsuddin ini diketahui bahwa hampir seluruh fraksi menyatakan persetujuannya terhadap UU ini kecuali Partai Demokrat dan PKS. Dengan keputusan itu, maka RUU Ciptaker ini udah resmi jadi aturan hukum yang berlaku.
 
Terus dari pemerintah siapa aja yang hadir?
Ada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Bu Sri Mulyani, Menaker Ida Fauziah, dan Menkumham Yasonna Laoly.
 
Emang kenapa undang-undang ini kontroversial banget sih?
Well, menurut kelompok buruh, aktivis, pengamat, dan mereka yang “nay”, RUU ini dinilai banyak mudharatnya karena menghilangkan hak-hak pekerja dan terlalu kapitalistik. Sedangkan menurut pemerintah, RUU Ciptaker ini bakal bagus untuk mendatangkan investasi di tanah air.
 
I see, go on…
Nah, kalo kamu kepo soal pasal-pasal yang kontroversial dalam undang-undang ini, kamu bisa cek di sini. Selain itu, a few highlights…
  • Soal kedaulatan pangan. Dalam aturan sebelumnya soal perlindungan petani, diatur bahwa kita dilarang mengimpor komoditas pertanian kalo stok dalam negeri cukup. Sedangkan dalam UU Ciptaker yang baru, disebutkan bahwa stok pangan pemerintah berasal dari produksi dalam negeri melalui impor. Hal ini dikhawatirkan banyak pihak bisa melemahkan posisi petani dalam negeri karena apa-apa impor.
  • Soal kerja kontrak. Dalam aturan sebelumnya, diaatur bahwa kontrak kerja cuma boleh dilakukan sekali dan waktunya maksimal dua tahun. Abis itu yha kamu harusnya diangkat karyawan tetap, lengkap dengan hak-hak dan kewajiban kamu. Nah dalam UU Ciptaker, aturan ini dihapus. Jadi mungkin banget, kamu kerja kontrak seumur hidup.
  • Hal yang sama berlaku juga pada karyawan outsourcing, di mana rekrutmen jenis ini juga bisa berlaku seumur hidup untuk semua jenis pekerjaan. Padahal awalnya, cuma kerjaan penunjang aja yang karyawannya boleh outsourcing. Kenapa jenis kontrak dan outsourcing seumur hidup ini dianggap masalah sama para buruh? Yha karena kalo mereka kehilangan kerjaan, yang bakal membayar Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) para karyawan?
  • Soal upah minimum. Pada aturan di Undang-Undang Ketenagakerjaan sebelumnya disebutkan bahwa pengusaha dilarang membayar karyawannya di bawah upah minimum. Nah dalam UU Ciptaker, aturan ini dihapus.
  • Penghapusan pesangon. RUU Ciptaker juga menghapuskan hak menerima pesangon bagi karyawan. Salah satunya kalo dalam aturan sebelumnya disebutkan bahwa karyawan berhak menerima pesangon walaupun perusahaannya rugi terus dalam dua tahun berturut-turut (dalam kondisi ini, perusahaan boleh PHK), dalam Ciptaker, aturan ini dihapuskan.
  • Dalam hal PHK, perusahaan juga dibolehkan untuk mem-PHK karyawannya dengan alasan efisiensi. Hal ini juga yang dinilai banyak pihak sebagai masalah karena bisa jadi, nanti dikit-dikit PHK dengan alasan efisiensi.
I believe the DPR has a say.
Oh iya. Kata Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani, kalo emang undang-undang ini dinilai masyarakat belum sempurna, maka sebagai negara hukum, terbuka ruang untuk bisa menyempurnakan undang-undang tersebut melalui mekanisme yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan (aka gugat ke MK)
 
….
You’re gonna ask anything else? Well dalam hal ini, rencananya kelompok buruh bakal tetap melakukan aksi di berbagai daerah. Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Mirah Sumirat bilang kalau buruh akan tetap melakukan mogok nasional.  Terus, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebut bahwa mereka tetap akan mogok nasional juga, dan kira-kira bakal ada sekitar dua juta buruh yang ikutan. Buruh-buruh tersebut berasal dari sekitar 10 ribu perusahaan di 25 provinsi, dengan sektor industri yang berbeda di Indonesia.  Katanya, aksi mogok nasional buruh bakal dilakukan mulai tanggal 6 – 8 Oktober 2020, tepatnya dari jam 06:00 – 18:00 WIB di masing-masing pabrik mereka.

For when you need an update on Donald Trump.

Yep, in case you’re curious. He’s infected by Covid-19.

Is he really? 
Yep. Ini dia timeline kegiatan Trump sebelum dia dinyatakan beneran tertular Covid-19.  

  • Selasa 29/9:  Presiden Trump ikut debat Capres, didampingi oleh penasehatnya Hope Hicks.
  • Rabu 30/9:  Hicks ikut di rombongan pesawat kepresidenan untuk kampanye Trump di Minnesota.  Hicks mulai merasakan gejala covid-19.
  • Kamis 1/10:  Trump terbang lagi ke New Jersey untuk melakukan penggalangan dana.  Hope Hicks dinyatakan positif corona di hari itu.  Jadi, Trump dan Melania Trump tes corona.
  • Jumat 2/10:  Trump nge-tweet kalau dia dan istrinya terinfeksi corona.  Trump dibawa ke Rumah Sakit Militer, Walter Reed pake helikopter Marine One.
  • Sabtu 3/10:  Dokter yang merawat Trump ngasih ‘dexamethasone’ dan oksigen untuk membantu fungsi paru-parunya Trump. Kabarnya, pada saat itu Trump mengalami penurunan oksigen sementara.
  • Minggu 4/10:  Trump melambaikan tangan dari dalam mobil pas keluar dari rumah sakit.
  • Semalem banget, Trump ngetwit bahwa dia udah akan meninggalkan rumah sakit dan ngasih tau para followersnya untuk jangan takut sama Covid-19. Jangan biarkan pandemi itu mendominasi hidupmu.

Good lord…

Yep. FYI guys selama sakit itu, Trump udah dikasih experimental antibody cocktail, remdesivir (an antiviral drug), dexamethasone (steroid) dan supplemental oxygen. Intinya, Trump dapat semua treatment untuk pasien dengan kasus covid 19 dari yang moderate ke severe.  Nah, terus weekend kemarin, Gedung Putih menginfokan bahwa kondisi Trump makin parah dari yang diberitakan sebelumnya. Tapi, pihak rumah sakit bilang kalau progress penyembuhan Trump lancar dan cepat. Bahkan katanya Trump udah bisa keluar dari rumah sakit per Senin waktu setempat.
Terus terus…
Nah lagi sakit gini, Trump juga sempet menyapa para pendukungnya yang hadir di sekitar rumah sakit. Terkait hal ini, salah satu dokternya Trump Dr. James P. Phillips bilang bahwa hal itu gila banget, karena bisa membahayakan pendukung dan bodyguardnya sendiri. Selain itu, aksi ini juga memunculkan tanda tanya publik soal kondisi Trump itu sebenernya gimana???
Rite. Anything else?
Well, Sejak Trump positif corona, banyak dari lingkaran dekatnya yang positif corona juga. Mereka adalah Melania Trump, tiga orang senator yang abis meeting sama Trump, pendukungnya yang merupakan mantan gubernur New Jersey Gov. Chris Christie (R), tiga orang wartawan gedung putih, hingga yang paling baru, jubir medianya, Kayleigh McEnany. FYI guys, Trump juga bukan satu-satunya kepala negara yang kena Covid. Sebelumnya presiden Brasil yang juga ngegampangin wabah ini, Jair Bolsonaro kena Covid-19.

Who’s just handed in their yearly reports?

Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia).

How is it? 
Well, not so good. Jadi dalam laporannya kemarin, Komnas HAM mencatat bahwa tahun 2019  adalah tahun politik kekerasan yang banyak terjadi pelanggaran HAM.  Kekerasan politiknya nggak cuma yang fisik, tapi juga non-fisik, kayak lewat sosial media.
Hmmm..go on… 
Menurut Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan, ada banyak kekerasan politik di tahun 2019, dimulai dari bulan Mei 2019 di Gedung Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu).
Remind me again what happened on that day?
Pada hari itu, banyak masyarakat yang demo untuk menyuarakan dugaan kecurangan Pilpres (Pemilihan Presiden), dan demo ini berujung ricuh sampe seenggaknya sepuluh orang meninggal.
OMG…terus? 
Selanjutnya di bulan September lalu juga terjadi bentrok antara aparat dan mahasiswa/pelajar pada 24 – 30 September di Jakarta. Mahasiswa pada saat itu menolak revisi UU KPK dan beberapa UU kontroversial lainnya sehingga menyebabkan aksi protes di beberapa kota di Indonesia. Dari peristiwa tersebut, ada lima orang yang meninggal di Jakarta dan Kendari, Sulawesi Tenggara.
Terus gimana? 
Terkait laporannya ini, Komnas HAM mendesak supaya aktor peristiwa-peristiwa tersebut ditemukan dan tanggungjawab atas perbuatannya. Selanjutnya berdasarkan tren kekerasan politik di tahun 2019 lalu, Komnas HAM juga mendorong pemangku kebijakan untuk hati-hati dalam merumuskan kebijakan. Menurutnya juga, aksi-aksi protes yang ujung-ujungnya melakukan kekerasan harus di-stop karena pasti mengorbankan rakyat kecil.

For when you need more reasons to take care of your mental health…

Yep, we can’t stress you enough how important it is to take care of your mental health.
Karena dalam penelitian terbaru di bidang psikologi klinis yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health, diketahui bahwa anak yang lahir dari orang tua yang mengalami gangguan kecemasan aka anxiety disorder memiliki kemungkinan empat sampai enam kali lebih besar untuk mengidap kondisi yang sama. Begitu juga dengan ortu yang mengalami depresi, di mana anak-anaknya akan memiliki kemungkinan tiga sampai empat kali lebih besar untuk mengidap depresi juga. Biasanya, kondisi-kondisi ini muncul pada anak sejak usia dini maupun remaja.
Adapun penyebab dari kondisi ini masih belum jelas, tapi most likely sih, karena faktor genetik,  biologis dan lingkungan sekitar. Jadi, anxiety disorder maupun depresi nggak selalu diturunkan dari orang tua.
Nah, kalo kamu adalah orang tua, maka menurut para peneliti, cara terbaik untuk berurusan dengan situasi ini adalah by acknowledging it. Tunjukkan pada anak-anakmu bahwa kamu juga bisa ada dalam kondisi struggling, dan beri contoh cara menghadapinya dengan baik, misalnya dengan telepon orang-orang terdekat, olahraga, dan relaxing. Oh iya, another useful tip, kalo kamu mau memberi penjelasan pada anak soal kondisimu, anak-anak bakal merespons lebih baik pada kata-kata “sedih” atau “takut” daripada “depresi” maupun “anxious“.
Remember, you don’t have to always be strong all the time, even if you’re parents <3

“Kita tahu masalahnya, tapi enggak pernah dicarikan jalan keluarnya,”

Gitu kata Presiden Joko Widodo kemarin, pas rapat terbatas sama para menterinya soal percepatan penyerapan garam rakyat di Istana Merdeka, Jakarta. Menurut Pak Jokowi, penyebab sulitnya garam kita diserap oleh industri adalah karena kualitasnya rendah. Karena itu, beliau meminta para menterinya untuk membantu petani dalam mencarikan solusinya.
 
For when you’ve been wondering why adulting is so hard…

Angel’s Stories

1. Hari ini gatau aku lagi mellow atau gimana, tapi sesimpel baca Angel’s Stories di Catch Me Up made me teary. Aku diingetin lagi kalau di dunia ini banyak banget orang baik dan kebaikan bisa muncul dalam bentuk apa pun. Dengan alasan itu, aku mau mulai memandang hidup dan situasi apa pun sebagai sarana untuk berbuat baik agar orang juga merasakan kehangatan yang aku rasain pas baca Angel’s Stories. Thank you Catch Me Up for this section! Have a nice week everyone <3
-1320-
2. Awal September aku nyoba jualan di online shop, karena sudah terlalu lama karantina (ya meskipun masih WFO), aku penat dan berusaha cari kegiatan juga. Sebagai olshop baru yang beli tentu belum banyak dong, walaupun aku udah usaha endorse sana sini 🙁 Minggu lalu, ada gamer cewek terkenal yang mau beli bajuku, aku kasih gratis aja sekalian minta tolong promosiin. Walaupun mungkin menurut dia ga seberapa, aku seneng banget, karena udah dua hari ga ada yang beli dan sempet putus asa, tapi setelah dia promosiin ada banyak yang tanya. Jadi semangat jualan lagi! Makasih Kakak Gamers dan semua orang yang beli jualanku!
3. Hii, berhubung sudah masuk musim hujan dan masih di rumah aja, pasti sering banget kan pesan makanan lewat OJOL. Nah kemarin waktu hujan lebat banget, aku lihat banyak OJOL tetep ambil pesanan makanan itu. It’s such a beautiful thing to see how people are willing to work for their loved ones, meskipun risking their own health Di masa pandemi ini. So, maybe if you are order food, give small tip, traktir makanan atau anykind of kindness gesture would be nice for them. Stay healthy and keep being kind yaa.
-Anonymous-
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Come, share us your versions of angels!)

Catch Me Up! Recommendations

In case you need some inspiration for this early in the morning…check this Q n A