Corona Update Global: 12 Oktober 2020

13

On Mondays we talk about…your Covid 19 weekly updates

Yep, we promise it’s only once a week. Now let’s talk about it…

Nationally.

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 333.449 kasus, 11.844 meninggal, dan 255.027 sembuh.
  • Provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (84.315 kasus), Jawa Timur (46.405 kasus), Jawa Barat (26.763 kasus), Jawa Tengah (25.673 kasus), dan Sulawesi Selatan (16.399 kasus).
  • Di Asia, Indonesia masuk di peringkat ketiga tertinggi sebagai negara dengan kasus kematian Covid-19 terbanyak. Adapun di atas Indonesia ada India dengan angka kematian 108.371 dan Iran sebanyak 28.293.
  • Mulai hari ini, ibu kota DKI Jakarta bakal kembali memberlakukan PSBB transisi. Dengan berlakunya kebijakan ini, maka berbagai restoran dan cafe udah mulai boleh melayani dine in lagi meskipun wajib menuruti protokol kesehatan. Selain itu, bioskop juga udah boleh buka lagi untuk pertama kalinya sejak mereka tutup 7 bulan yang lalu.
  • Terus, kenapa Jakarta udah kembali beralih ke PSBB transisi? Menurut Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan, hal ini karena penyebaran Covid-19 di ibu kota udah melandai. Selain itu, ketersediaan fasilitas kesehatan juga udah kembali memadai.
  • Buat kamu yang udah kangen jalan-jalan, PSBB transisi juga membolehkan dibukanya kembali berbagai tempat wisata kayak Ancol, Ragunan, Taman Mini, dll, dengan memberlakukan pembatasan maksimal yakni 25% dari kapasitas.
  • Kemarin, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) lewat Wakil Ketua Umumnya Slamet Budiarto meminta pemerintah untuk mengantisipasi kemunculan klaster penularan virus corona (Covid-19) dalam dua minggu ke depan. Menurut Slamet, hal ini dipicu dari aksi demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di berbagai daerah yang berpotensi menjadi klaster penularan baru.
  • Minggu lalu, Kemenkes mencatatkan bahwa Kota dan Kabupaten Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) merupakan episentrum penyebaran virus Covid-19 di Jawa Barat. Diketahui bahwa daerah Bodebek ini menyumbang kasus terbesar di Provinsi Jawa Barat yaitu sekitar 75 persen kasus.

Meanwhile, globally.

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di seluruh dunia udah mencapai 37.267.921 kasus dan 1.073.780 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (7.719.600 kasus), India (7.053.806 kasus), Brazil (5.082.637 kasus), Russia (1.291.687 kasus), dan Colombia (902.747 kasus).
  • Bertepatan dengan peringatan World Mental Health Day yang jatuh pada 11 Oktober kemarin, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyerukan kepada otoritas kesehatan di semua negara untuk fokus tidak hanya di pemberantasan pandemi Covid-19, tapi juga dalam menangani dampak mental dari pandemi ini. Menurutnya, wabah Covid-19 udah menyebabkan banyak orang mengalami stres dan tekanan mental.
  • Sabtu lalu, Rusia baru aja mengumumkan penambahan kasus terbesarnya sejak pandemi terjadi, yakni 12,846 kasus. Terkait hal ini, pemerintah Rusia mengumumkan bahwa kalo sikonnya gini terus, maka mereka akan mengambil berbagai kebijakan yang diperlukan.
  • Udah kangen liat aksi sanggah-sanggahan di debat capres AS antara Joe Biden dan Donald Trump? Well, you have to wait a liiiitle longer karena debat kedua yang tadinya bakal digelar pada 15 Oktober nanti resmi ditunda. Hal ini karena Trump yang baru aja kena Covid-19 menolak untuk menggelar depat pilpres secara virtual. Adapun debat pilpres ketiga bakal dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang di Nashville, Tennessee, dan kedua belah pihak so far masih setuju untuk berpartisipasi.
  • Dokter pribadinya Donald Trump menyatakan kemarin bahwa Trump udah diperbolehkan untuk kembali menjalani aktivitasnya sehari-hari, meskipun belum clear nih, Trump udah negatif Covid-19 apa belom.
  • Saat negara-negara lain lagi berjuang menghadapi resesi ekonomi, China justru berhasil menghindari jurang resesi dan instead, World Bank memprediksi bahwa tahun ini, GDP-nya China akan berhasil tumbuh sebesar 1,6% tahun ini. Kunci kesuksesan China dalam menghadapi pandemi? memberlakukan kebijakan lockdown dan contact tracing. 
  • Seiring dengan semakin menurunnya angka penularan Covid-19 di Korea Selatan, mulai hari ini, Korsel akan memperlonggar kebijakan pembatasan sosialnya. Beberapa fasilitas hiburan kayak klub malam dan bar karaoke udah bisa dibuka kembali dan warga juga udah bisa mulai menikmati pertandingan olah raga secara IRL.