Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan

16

For when you should realllly consider using less plastics…

Seriously, it poses dangers to our environment, our ocean, our wildlife…
And you want to talk about what?
This time, let’s zoom in on: microplastics.
What are they?
Material plastik yang udah ancur dan ukurannya jadi keciiil banget aka sekitar 5 milimeter aja. Soal plastik ini, masyarakat diyakini emang udah tau tuh, soal banyaknya plastik di permukaan laut dan gimana plastik-plastik ini bisa ditemukan di area laut yang paling terpencil sekalipun. Tapi, belum banyak yang udah tau soal microplastics dan bahayanya.
 
I see...terus terus…
Jadi dalam studi baru yang dilakukan oleh Australia’s National Science Agency (CSIRO) dan dipublikasikan Hari Senin lalu, diketahui bahwa ada sekitar 14 juta ton microplastics yang ada di permukaan dasar laut.  Hal ini berarti jumlahnya lebih dari 35 kali jumlah plastik yang selama ini dipercaya mengambang di laut.
WHAT?
Yep. Jadi studi ini adalah studi pertama yang mengestimasi jumlah microplastics di laut di tingkat global. Untuk melakukan penelitiannya ini, para peneliti menggunakan robot submarine untuk mengambil sample dari sedimen laut di kedalaman 3000 meter di enam lokasi di the Great Australian Bight, sekitar 380 kilometer dari pesisir pantai Australia Selatan.
And, what did they find out?
Dari 51 sampel yang berhasil diambil, ada rata-rata sekitar 1,26 bagian-bagian microplastics yang ditemukan di setiap 1,26 gram sedimen. Para peneliti menyebut bahwa  jumlah tersebut menunjukkan jumlah microplastics yang 25 kali lebih banyak dibanding studi-studi deep-sea sebelumnya. Menurut Justine Barrett dari CSIRO, bahkan permukaan laut yang paling dalam tetap rentan kena polusi microplastics.
 
Tapi kok bisa plastiknya berakhir di dasar laut?
Iya karena plastik yang dibuang ke laut itu bakal tercabik-cabik hingga jadi seukuran microplastics itu. Terus, microplastics-nya akan terus mengendap di dasar laut dan akhirnya mencemari dasar laut hingga yang paling dalam. Menurut Justine, penemuan ini membuktikan bahwa sampah plastik adalah salah satu masalah kunci dari permasalahan lingkungan. Belum lagi, diprediksi polusi plastik ini bakal terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.
 
Yaudah gue nggak pake plastik lagi…
Good. But we probably need more people to do that. Karena dalam penelitian lainnya diketahui bahwa walaupun kita udah melakukan upaya global dan terkoordinasi untuk mengurangi sampah plastik, diprediksi bahwa masih ada sekitar 710 juta ton plastik yang bakal mencemari lingkungan by 2040.
Yah jadi gimana?
Well, menurut para peneliti, emang penting banget untuk nyari solusi yang efektif untuk menghentikan polusi plastik sebelum dia berakhir di lautan. Pemerintah juga harus kerja sama dengan industri dan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik yang berakhir di laut.