Bagaimana Orang Tua Membentuk Kesehatan Mental Anak-anak Mereka

18

For when you need more reasons to take care of your mental health…

Yep, we can’t stress you enough how important it is to take care of your mental health.
Karena dalam penelitian terbaru di bidang psikologi klinis yang dilakukan oleh National Institute of Mental Health, diketahui bahwa anak yang lahir dari orang tua yang mengalami gangguan kecemasan aka anxiety disorder memiliki kemungkinan empat sampai enam kali lebih besar untuk mengidap kondisi yang sama. Begitu juga dengan ortu yang mengalami depresi, di mana anak-anaknya akan memiliki kemungkinan tiga sampai empat kali lebih besar untuk mengidap depresi juga. Biasanya, kondisi-kondisi ini muncul pada anak sejak usia dini maupun remaja.
Adapun penyebab dari kondisi ini masih belum jelas, tapi most likely sih, karena faktor genetik,  biologis dan lingkungan sekitar. Jadi, anxiety disorder maupun depresi nggak selalu diturunkan dari orang tua.
Nah, kalo kamu adalah orang tua, maka menurut para peneliti, cara terbaik untuk berurusan dengan situasi ini adalah by acknowledging it. Tunjukkan pada anak-anakmu bahwa kamu juga bisa ada dalam kondisi struggling, dan beri contoh cara menghadapinya dengan baik, misalnya dengan telepon orang-orang terdekat, olahraga, dan relaxing. Oh iya, another useful tip, kalo kamu mau memberi penjelasan pada anak soal kondisimu, anak-anak bakal merespons lebih baik pada kata-kata “sedih” atau “takut” daripada “depresi” maupun “anxious“.
Remember, you don’t have to always be strong all the time, even if you’re parents <3