Tumpukan Lemak Di Badan Beresiko Kematian Dini

21

For when you feel that your pants feel too tight lately…

Don’t we all?
Apa lagi yhaa dalam kondisi WFH gini, di mana most trips that you made is from your work station to the refrigerator *lol same*. Nah tapi kamu harus hati-hati gengs, karena hasil penelitian terbaru yang diterbitkan sama British Medical Journal (BMJ) menunjukkan bahwa semakin banyak lemak menumpuk di perut kamu, maka resiko kematian dini kamu semakin besar, regardless total berat badanmu berapa.
Lebih jauh BMJ menjelaskan bahwa pada perempuan, peningkatan jumlah lemak perut sebesar 10 centimeter bisa meningkatkan resiko kematian dini sebesar 8%. Pada laki-laki, angka ini naik jadi 12% per centi-nya.
Kamu kepo nggak kenapa lemak perut itu bahaya banget? Karena, kebanyakan lemak perut bisa meningkatkan penumpukan lemak, namanya visceral fat, di sekitar organ internal kamu kayak hati, pankreas, dan usus. Visceral fat ini bisa mendorong produksi hormon tertentu yang bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, kanker, hingga Alzheimer. Lemak ini beda sama lemak yang ada di lengan atau di paha kamu yang nggak mempengaruhi produksi hormon. FYI guys, masih menurut BMJ, angka aman ukuran lingkar perut untuk cewek adalah 89 centimeter dan cowok 102 centimeter.